APAKAH KEPUASAN PELANGGAN DAPAT MEMEDIASI LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK SKIN CARE WARDAH
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dimaksudkan guna meneliti loyalitas pada pelanggan produk kosmetik Wardah dengan citra merek dan kualitas produk sebagai variabel independen dan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Populasi yang akan diterapkan pada penelitian ini merupakan konsumen yang sudah pernah membeli dan memakai produk Wardah khususnya di Kota Semarang. Sampel yang bakal diterapkan pada penelitian ini sebesar 96 responden. Adapun teknik guna menganalisis data menggunakan metode analisis persamaan Structural Equation Modeling (SEM) memanfaatkan memanfaatkan software SmartPLS versi 3.2.9. Hasil analisis menyatakan bahwa variabel citra merek memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai P value 0,03, kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai P value 0,000, citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan karena memiliki nilai P value 0,669, kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai P value 0,003. Kemudian untuk hipotesis pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai pemediasi dinyatakan diterima dengan nilai P value 0,015, serta hipotesis pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai pemediasi diterima dengan nilai P values 0,029.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Award, Top Brand. 2023. Top Brand 2019 - 2023. Majalah Marketing. TopBrand (https://topbrand-award.com/top-brand-index/
Andhika, A. (2021). Pengaruh Kepuasan Nasabah, Ekuitas Merek, Citra Perusahaan, danKepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah
Apriani, A. (n.d.). Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK SABUN MANDI LIFEBUOY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASANKONSUMEN. http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/
Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Chaerudin, R. M., & Permana, T. E. (n.d.). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas ProdukTerhadap Loyalitas Pengguna Smartphone Android dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Di Lingkungan Mahasiswa Universitas Bandung Raya. http://ejournal.uicmunbar.ac.id/index.php/ekonam
EHJ FoEh, J., & Priyo Anggoro, D. (n.d.). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS
Erchikka, Y. N. T., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pelanggan Gojek di Kota Surabaya. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 1070. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.584
Fatmalawati, D. S., & Andriana, A. N. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Kosmetik Pt. Paragon Technology And Innovation. Jmb: Jurnal Mangjemen Dan Bisnis, 101), 177- 186. Https://Doi.Org/10.31000/Jmb.V10i1.4228
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Harmadi, A., Nuryanto, G., Binastuti, S., & Zega, A. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAAN KONSUMEN (Vol. 31, Issue 1).
Kotler, Strategi, M., Penetapan, D. P., Program, H., & Harga, P. (n.d.).ManajemenPemasaranKotler Jilid 2. Retrieved January 24, 2024, fromhttps://id.scribd.com/document/342416325/Manajemen-Pemasaran KotlerJilid-2
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles Of Marketing. Erlangga
Kotler Philips, & Amstrong Gary. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi Delapan). Erlangga
Kotler dan Keller. 2014. Buku Prinsip Prinsip Pemasaran By Philip Kotler Gary Armstrong Edisi 12 Jilid I&2. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kristianto, A. D., & Wahyudi, T. A. (n.d.). Pengaruh citra merek, persepsi kualitas produk dan persepsi harga pada kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. https://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB
Lepojevic, V., & Dukic, S. (2018). Factors Affecting Customer Loyalty In The Business Market - An Empirical Study In The Republic Of Serbia1. Economics And Organization Vol. 15, No 3, 245 – 256.
Mahsyar, J. H., Manajemen, P., & Ekonomi, F. (2020). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI VARIABEL KEPUASAN PELANGGAN.In Indonesian Journal Of Strategic Management (Vol. 3, Issue 2).https://journal.uniku.ac.id/index.php/ijsm
Mulyana, L. I., & Sulistyawati, L. (2022). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK INDOMIE (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya). Journal Publicuho, 5(1). https://doi.org/10.35817/jpu.v5i1.23470
Nandra, R. A., Program, N., Bisnis, S. A., & Timur, J. (n.d.). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Skin Care Ms Glow. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i6.1249
Nyarmiati, S. R. T. A. (2021). 1Itj. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brandimage Dan Percetved Value Terhadap Minat Belt Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Rumah MakanPondok Bandeng Babe Kabupaten Pati). 10, 1-14
Restuningtika, A., Muryati, M., & Survival, S. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merk Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Toko Roti Papa Cookies Seluruh Area Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(3), 3188. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.3277
Sari Dewi, F., Melinda Alfiani, J., Salman Salsabillah, ay, Mahardika Al Ghifari, M., Indri Yani, R., Aulia, Z., & Jurusan Ekonomi Syariah, M. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN PRODUK INDOMIE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING.
Septiani Hirawan, E., Nurjanah, S., Manajemen, M., Bisnis dan Komunikasi, F., & Teknologi dan Bisnis Kalbis Jalan Pulomas Selatan Kav, I. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan di Nagadigit (Vol. 9, Issue 3).
Stanley Lemeshow,et.al. 1997. Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Terjemahan oleh Dibyo Pramono. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta
Sudaryono, Dr. 2016. "Penelitian." In Metode Penelitian Pendidikan, by PT. kharisma Putra Utama, 228. Jakarta: Kencana.
Sugiyanto, & Maryanto, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Esa Unggul Pengguna Iphone. Papatung: Jurnal Imu AdministrasiPublik, Pemerintahan Dan Politik, 4(2), 10-23 Https://Doi.Org/10.54783/Japp.V4i2.453
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Tjiptono, 2008, Prinsip Total Quality Service, Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2016). Strategi Bisnis Pemasaran. Andi.
Wulandari, P., Sutiono, H. T., & Kussujaniatun, S. (2021a). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Jasa JNE Di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan,9(2), 81–90. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.470
Wulandari, P., Sutiono, H. T., & Kussujaniatun, S. (2021b). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Jasa JNE Di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2),81–90. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.470
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27434
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.