KOMPETENSI PEGAWAI DAN KUALITAS PELAYANAN PADA KECAMATAN KOTA SELATAN , KOTA GORONTALO

Rahmawati Utina, Muchtar Ahmad, Valentina Monoarfa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, untuk mengetahui kompetensi pegawai berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data proer dan sekunder. Populasi sebanyak 21,679 berdasarkan keseluruhan penduduk masyarakat saat ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode accidental sampling. Dari data tersebut diperoleh 75 responden. Analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier sederhana dengan SPSS ver. 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Kompetensi Pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan selanjutnya, nilai R Square yaitu sebesar 64.5%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 35,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan demikian, hipotesis peneliti teruji kebenarannya dan dapat diterima.


Keywords


Kata Kunci: Kompetensi; Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Hayat. (2018). Buku Kebijakan Publik. In Intrans Publishing (Issue September 2018).

Maulidiah, Sri, S.Sos, M. S. (2014). Pelayanan Publik. Pelayanan Administrasi Terpadu Kcamatan (PATEN) (Vol. 21). Bandung, CV. Indra Prahasta.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Cetakan kedua, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sari, E. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia: Pedoman Meningkatkan Kompetensi Pegawai Secara Tepat. In Jayabaya University Press.

Sellang, K., Ahmad, J., & Mustanir, A. (2019). Strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik (Issue August).

Sudarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Pustaka Pelajar : Yogyakarta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Taufiqurokhman , Satispi. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen

Pelayananan Publik. Tanggerang Selatan: Umj Press.

Wibowo, (2014), Manajemen Kinerja, Edisi keempat.

Adam, W. N., Suryani, W., & Tarigan, E. S. D. (2021). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kompetensi Karyawan terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Niagara Parapat Toba Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31289/jimbi.v2i1.463

Andi Riyanto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Reddoorz Near Mikie Holiday. Kepuasan Pelanggan, 10–27.

Apriyanti, R. (2023). The Influence of Employee Professionalism and Competence in Improving the Quality of Employee Service One Stop Integrated Services, Kembangan District, West Jakarta Administrative City. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 49(1). https://doi.org/10.33701/jipwp.v49i1.3246

Ardiansyah, I. (2021). Pengaruh kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan, dikantor kecamatan kiaracondong kota bandung. 12(2).

Artitantia, W., Putera, R. E., & Yoserizal, Y. (2022). Kualitas Pelayanan Publik di Nagari Panti Timur Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 6(2), 68–74. https://doi.org/10.26740/jpsi.v6n2.p68-74

Astuti, R. S. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Umbar Gagas Kreatif Jakarta. Http://Repository.Unsada.Ac.Id/, 1.

Aziizir, N. M. (2013). Pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pontianak. Publika: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(1).

Bahar, A., & Sjaharuddin, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. Jurnal Daya Saing, 8(1), 56–61. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v8i1.818

Devie, N. S., & Institut. (2020). Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo. Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Jl., 17(1), 18.

Devy Shimarti, RMoersintowarti, Suminar, S. A. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Disiplin, Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Tektonindo Henida Jaya Grup. Zifatama Jawara, Sidoarjo, 2018, 9–57.

Farmila, R. A. (2014). Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Penerimaan Pajak Restoran Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fitrio, T., Remofa, Y., Hardi, H., & Ismail, Y. (2023). The Role of Service Quality Agility, Competence, and Organizational Commitment in Improving Employee Performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 21(1), 228–241. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2023.021.1.17

Gasperz, Vincent. (1997). Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Handayani, F., Erfina, E., & Ramlan, P. (2020). Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Maddenra Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 8(3), 198–206. https://doi.org/10.51817/prj.v8i3.297

Hapsari, H. D. H., Ningrum, N. R., Setiawan, D. A., & Utomo, C. W. (2023). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Art Samurai Koi Yogyakarta. UPY Business and Management Journal (UMBJ), 2(1), 36–45. https://doi.org/10.31316/ubmj.v2i1.4241

Hasibah, I., Hayat, & Anadza, H. (2022). Efektivitas Program Pelayanan Online Kependudukan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik). Journal Publicuho, 5(4), 1027–1040. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.47

Koniyo, R., Ahmad, M., Ekonomi, P., & Negeri, U. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesionalisme Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Rumpun Ilmu Ekonomi Di SMA/SMK Se Kota Gorontalo. Normalita (Jurnal Pendidikan), 9(3).

Kotler dan Keller. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Promosi, terhadap Kepuasan Pelanggan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 21 pages.

Kurniasari, R. R. A., & Oktarina, N. (2020). Pengaruh Fasilitas Kantor, Disiplin Kerja, Dan Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 280–289. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.46524

Mahmuda, D., Saputra, R., & Nurrahman, A. (2020). Kompetensi Aparatur Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 2(2), 106–125.

Muhsana, M. S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Garuda Gorontalo Electronik & Furniture Kota Gorontalo. 1–8.

Onat, G., Yılmaz, D. S., & Karakuş, Y. (2021). Evaluation of Employee Competence By Quality Function Deployment Method: the Case of Hotels in Cappadocia: Avaliação Da …. Revista Turismo Estudos e Práticas …, 2021. http://geplat.com/rtep/index.php/tourism/article/view/945

Pandji Sukmana, & Azis Hakim. (2023). The Influence of Work Quality and Employee Competence on Human Resources Professionalism at the Ministry of Defense Planning and Finance Bureau. International Journal of Social Science and Business, 7(1), 233–242. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i1.58202

Putra, H. R., Pebrianto, Y., Tiris, S., & Piksi Ganesha, P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Surat Keterangan Ahli Waris Di Kantor Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(3), 1984–1903. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Rahmadhani, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di Kecamatan Kuranji Kota Padang. JESS (Journal of Education on Social Science), 1(2), 98. https://doi.org/10.24036/jess/vol1-iss2/39

Rudi, F. (2017). Pengaruh kompetensi pegawai terhadap pelayanan pada kantor dinas administrasi kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten takalar. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(2). https://www.oecd.org/dac/accountable-effective-institutions/Governance Notebook 2.6 Smoke.pdf

Setiawan, F. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Kependudakan Dan Catatan Sipil Kabupaten Barito Selatan. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 6(1), 109. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v6i1.2397

Silfiah, R. I., & Nabila, A. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Proses Pembuatan KTP Di Kantor Kelurahan Ledug Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks, 4(1), 43–52.

Suharno, P., & Despinur, D. (2017). The Impact of Work Motivation And Competence on Employee Performance Through Service Quality In Administrative Staff of Universitas Negeri Jakarta, Indonesia.1(January).

Suparyanto dan Rosad. (2020). Pengertian Kompetensi ,Kepuasan Kerja, Dan Semangat Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. 5(3), 248–253.

Susanti, E. (2020). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Dengan Kinerja Sebagai Intervening Pada Kantor Regional VII BKN. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.

Syam, A. (2018). Kinerja Aparatur Sipil Negara (Asn) Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Puskesmas Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Taufiqurokhman (2008). (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Kahuku Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor