PENGARUH ELEKTRONIK WORD OF MOUTH PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI DANAU PERINTIS KABUPATEN BONE BOLANGO
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah elektronik word of mouth media sosial tiktok berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkunjung di Danau Perintis Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu electronic word of mouth dan keputusan berkunjung. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Bone Bolango yang pernah dan belum pernah berkunjung ke Danau Perintis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner yang disebarkan kepada 68 responden, yang kemudian diolah dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi (R²), dan Uji Asumsi Klasik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara elektronik word of mouth pada media sosial tiktok terhadap keputusan berkunjung di Danau Perintis Kabupaten Bone Bolango; 2) Semakin dimaksimalkan elektronik word of mouth pada media sosial tiktok, maka akan meningkatkan keputusan berkunjung pengunjung Danau Perintis Kabupaten Bone Bolango; 3) Hipotesis penelitian yang berbunyi “terdapat pengaruh posisitf elektronik word of mouth pada media sosial tiktok terhadap keputusan berkunjung di Danau Perintis Kabupaten Bone Bolango”, dinyatakan diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
-
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27464
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.