PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI & WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AYAM GEPUK CABANG KRAMAT

Chairunnisa Putri Lestari, Rully Arifiansyah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kualitas produk, lokasi, dan word ofmouth terhadap keputusan pembelian di Ayam Gepuk cabang Kramat. Populasi yang menjadi subjek penelitian adalah konseuman Ayam Gepuk cabang Kramat. Teknik sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan analisis adalah regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 27. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diuji untuk validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, lokasi dan wom mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan.


Keywords


Kata Kunci: Kualitas Produk; Lokasi; WOM

Full Text:

PDF

References


Alcacer, J. (2006). Location Choices across the Value Chain: How Activity and Capability Influence Collocation. Management Science, 52(10), 1457–1471. http://www.jstor.org/stable/20110622

Alma. (2003). Pengantar Bisnis. 50–55. https://doi.org/10.54783/jin.v4i2.584

Ananda, A. P., Sari, A. K., & Fatchurrohman, M. (2023). The Influence of Price , Location and Word Of Mouth on Purchasing Decisions at Green Resto. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 2(1), 24–30.

Apriliya, L. (2016). Pengaruh Word Of Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mie Akhirat di Surabaya). BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 8(2), 237. https://doi.org/10.26740/bisma.v8n2.p237-252

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101.

Azizah, S., & Prasetio, A. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan di Instagram, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Kanz Coffee & Eatery). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 348–359. http://journalfeb.unla.ac.id/index.php/almana/article/view/506

Bradach. (1998). Franchise Organization. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 30–34. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2460

Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2664

Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). Word-of-mouth measurement scale for eservice context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5–23.

Heizer, J. H., & Render, B. (2015). Operations Management. Pearson/Prentice Hall.

Hermawan, A., Yusran, H. L., & Magetsari, O. (2023). Buku Manajemen dan Pemasaran Jasa Dalam Era Transformasi.pdf (p. 57).

Hotimah, H., Firdaus, M., & Amin, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas Pelayanan Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada UKM Makaroni Bantet Banyuwangi ). JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 2(1), 16–29. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v2i1.542

Ibrahim, H. M., & Sudaryanto, B. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Kedai Kopi “Kopi Kita Kami” di Kabupaten Temanggung). Diponegoro Journal of Management, 8(4), 55–67. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom

Jordantha, & Nainggolan. (2022). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Pelayanan , Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Masa Kopi Tanjung Priuk. 17(1), 1–14.

Kasali, R. (2015). Membidik pasar Indonesia: segmentasi, targeting, dan positioning. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=3UJ4c_dskHEC

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. 2, 288. https://doi.org/10.5281/zenodo.5574445

Kholidah, N., & Arifiyanto, M. (2020). FAKTOR-FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=lzwWEAAAQBAJ

Kotler, & Amstrong. (2008). Prinsip Prinsip Pemasaran. 1, 160–161.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=OYjntgAACAAJ

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=rxMjjwEACAAJ

Kurniawan, A. R. (2021). Buku Marketing 101.pdf (p. 36).

Larasati, N. R., & Chasanah, A. N. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas , Word of Mouth , Dan Iklan Terhadap Keputusan. Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis, 1(1), 51–60.

Lovelock, C. H., & Wright, L. (2007). Principles of Service Marketing and Management. Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=C_jzAAAAMAAJ

Ma’ruf, H. (2005). Pemasaran Ritel. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=TaYnlt2tufwC

Mardo, S. A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa (p. 25).

Napitupulu, R. S., Syahza, A., & Mujiono, M. (2023). Service Quality on Purchasing Decisions at Minimarket 212 Mart, Tampan District. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(2), 1710–1714. https://doi.org/10.57235/jetish.v2i2.787

Nawari, N., & Setyawati, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Suasana Tempat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Asih Jaya Babat. J-MACC : Journal of Management and Accounting, 2(2), 175–188. https://doi.org/10.52166/j-macc.v2i2.1662

Olson, P. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i6.1794

Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran. 80–82.

Paludi, S., & Juwita, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(01), 41–53. https://doi.org/10.25134/equi.v18i1.3498

Pangemanan, S. A., Ropa, G., & Walukow, I. M. (2020). Impact of Products, Prices and Locations on Consumer Purchasing Decisions in Manado’s Boulevart Resto and Café Service Entities. 298(iCAST 2018), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200813.019

Parasuraman, A., Ziethaml, & V., & Berry, L. (1988). SERVQUAL: A multiple item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 62(1), 12–40.

Priansa, D. J. (2017). Buku Komunikasi Pemasaran Terpadu.pdf (p. 338).

Puspitaningtyas, Y. A., & Saino. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Electronic Word of Mouth (E-WOM), dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Ayam Panggang Bu Setu di Gandu Magetan. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(4), 545–558. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i4.111

Putri, C. A., Handoko, D., & Listyorini, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rm Garang Asem Sari Rasa (Studi Pada Konsumen Rm Garang Asem Sari Rasa , Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), 125-133.

Putri, N. B., & Effendy, J. A. (2022). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN AYAM GORENG ECHO. 7, 13.

Rismunawati, P., Rahma, N., & Fitria, A. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sego Sambel Cak Uut Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(09), 1–20.

Rizky, A. M., Yunita, D., & Iisnawati. (2023). Pengaruh Promosi dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 12(2), 4–5. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v12i2.19154

Rossanty, Y., Nasution, M. D. T. P., & Ario, F. (2018). Consumer Behaviour in Era Millennial. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI. https://books.google.co.id/books?id=LgmZDwAAQBAJ

Rumondor, P., Tumbel, A. L., J Ogi, I. W., & Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen, F. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Dan Mie Toronata Di Kawangkoan. Harga.……. 1102 Jurnal EMBA, 5(2), 1102–1112.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07

Saputro, R. M., Kamal, M., Manajemen, J., Ekonomika, F., Bisnis, D., Diponegoro, U., & Soedharto, J. (2015). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Grand Panorama Resto Semarang). Diponegoro Journal of Management, 4(2), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Schiffman, L. G., Hansen, H., & Kanuk, L. L. (2008). Consumer Behaviour: A European Outlook. Prentice Hall/Financial Times. https://books.google.co.id/books?id=hOt8Cud4FMwC

Sernovitz, A. (2012). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking. Greenleaf Book Group Press. https://books.google.co.id/books?id=qNVMpwAACAAJ

Suarditini, D., Anugrah, D., Zahra, F., & Sitorus, F. I. (2023). Strategi Harga,Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Bakso dan Mie Ayam Pakde Kembar ( Studi Dikantin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ). Jurnal Kewirausahaan Dan Manajemen Bisnis: Cuan, 1(1), 30–46. https://doi.org/10.59603/cuan.v1i1.13

Sutarti. (2014). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening pada Joker cafe & Resto. 112–133.

Thombre, A., & Eng, b. (2011). The Influence of Interactivity and Online Store Atmospherics of a 3-D Retail Store in Second Life on Consumer Purchase Intentions. Thesis, 95. http://digital.library.unt.edu/ark:/67531/metadc84289/m2/1/high_res_d/thesis.pdf

Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. March, 110–111.

Utomo, D. P., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Pelanggan, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Super Sambel Semarang Cabang Lamper). Diponegoro Journal Of Management, Volume 7,(4), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Wibowo, H. A. (2017). Pelayanan Konsumen (p. 13).

Wulan, & Paludi. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Minimarket. Ecopreneur.12, 4(1), 30. https://doi.org/10.51804/econ12.v4i1.919




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo