PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN GORONTALO

Raihan A. Hanasi, Asna Aneta, Juriko Abdussamad

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan dari kemampuan dan motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di kantor SAMSAT Kabupaten Gorontalo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang dilakukan menggunakan penyebaran kuesioner pada responden yang telah memenuhi standar sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kemampuan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Gorontalo. (2) Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Gorontalo. (3) Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Gorontalo. Besarnya koefisien determinasi atau angka Adjusted R Square adalah sebesar 0,814. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 81,4% variabilitas Kualitas Pelayanan Publik Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Gorontalo dapat dipengaruhi oleh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja, sedangkan sisanya sebesar 18,6% dipengaruhi oleh variabel lain seperti variabel budaya organisasi, disiplin kerja, kompensasi, penempatan kerja, lingkungan kerja, komitmen kerja, gaya kepemimpinan, serta kompetensi pegawai


Keywords


Kata kunci: Kemampuan Kerja; Motivasi Kerja; Kualitas Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Gramedia. Jakarta

Boediono, B. (2003). Pelayanan Prima Perpajakan, Rineka Cipta, Jakarta

Dwiyanto, Agus (ed). 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Effendi, sofian. 2012. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES

Ernest J. McCormick. 1985. Industrial Psychology. Prentice-Hall, inc. New York

Gibson, Donnelly. 1996. Organisasi, Prilaku, Struktur, Proses. Bina Rupa Aksara, Jakarta

Hasibuan, Malayu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi.Jakarta: PT Bumi Aksara

Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta

Hendrik, Isu 1996. Unsur Kreativitas dalam Supervisi Pengajaran dan Pengembangan Situasi Belajar Mengajar, Tesis, FSP IKIP Bandung Hersey, Paul dan Ken Blanchard, 1995, Manajemen Perilaku Organisasi, Pendayagunaan Sumber Daya Manusia, Penerjemah : Agus Dharma Jakarta: Penerbit Erlangga.

J. Winardi. 2011. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Ed. 1,--6--. Jakarta: Rajawali Pers.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2007. Evaluasi kinerja SDM. PT Refika Aditama, Bandung

Mangunhardjana. A.M. 1986 . Mengembangkan Kreativitas, Terjemahan dari David Cambell Kanisius. Yogyakarta

Maslow, A.H. 1970. Motivation and Personality. Harper and Row, New York

Mc. Clelland, David C. (1961). The Achieving Society. New York: D. Van Nostrand Company, Inc.

Moenir, H.A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Effendi, sofian. 2012. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES

Ndraha, Taliziduhu. 2003. Teori Budaya Organisasi. Cetakan Kedua. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Pamudji, 1994. Profesionalisme Aparatur Negara dalam Meningkatkan Pelayanan dan Perilaku Politik Publik. Jakarta: Widya Praja.

Parasuraman, Et, al., (1988), Zeithmal and Bitner (1996), Konsep dan Teknik Pengukuran Kualitas Produk Jasa, Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol 4,No I, Hal 55-56

Pasolong, Harbani. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Alfabeta, Bandung.

Prianto, Agus. 2006. Menakar Kualitas Pelayanan Publik. In-Trans, Malang

Riduwan, 2010. Metode dan Teknik menyuusun Tesis. Alfabeta, Bandung.

Robbins,Stephen P. 1994. Teori Organisasi,struktur Desain dan aplikasi. Alih Bahasa: Udaya Yusuf Edisi 3: Arcan.jakarta

Robbert A. Baron et.al, 1980. Psychology : Understanding Of behavior. Holt, Rinehart and Winstone. New York.

Sahlan,Sulaiman.1988. Multi Dimensi Sumber Kreativitas Manusia. Sinar Baru. Bandung

Sampara Lukman. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta : STIA LAN Press.

Samodra Wibawa. 2005. Reformasi Administrasi : Bunga Rampai Pemikiran Administrasi Negara/Publik. Yogyakarta : Gava Media

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan produktivitas Kerja. Ilham Jaya. Bandung.

Siagian,Sondang. 2006 Manajemen Sumber daya Manusia. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Sondang P. Siagian. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sinambela, Lijan Poltak. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Siswanto.2008. Pengantar Manajemen. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung, CV Alfabeta.

Sujana, Endang 2000. Hubungan Kepuasan Kerja dengan Kreativitas Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Surjadi. 2009. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. PT Refika Aditama. Bandung.

Sutermeister,R.A. 1976. People And Productivity (Third ed). Mc. Grow-Hill BookCompany. New York

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia

Tjiptono, Fandy. 1996, Manajemen jasa. Andi Offset. Yogyakarta

. 2001. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Andi Offset. Yogyakarta

Triguno. 2003. Budaya Kerja (falsafah, tantangan, lingkungan, yang kondusif, kualitas, pemecahan masalah). Jakarta: PT Golden Terayon Press.

Wasistiono, Sadu. 2001. Kapita Selekta Manajemen Pemerintah Daerah. Sumedang: Alqoprint.

Wibowo, 2008. Manajemen kinerja. Penerbit Rajagrafindo. Persada, Jakarta.

Winardi, 2011. Pengantar tentang Teori Sistem dan Analisis Sistem. Mandar Maju. Bandung

Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Keputusan MENPAN Nomor 63/KEP/M/PAN/7/20 tahun 2003




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo