PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan dari kemampuan dan motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di kantor SAMSAT Kabupaten Gorontalo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang dilakukan menggunakan penyebaran kuesioner pada responden yang telah memenuhi standar sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kemampuan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Gorontalo. (2) Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Gorontalo. (3) Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Gorontalo. Besarnya koefisien determinasi atau angka Adjusted R Square adalah sebesar 0,814. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 81,4% variabilitas Kualitas Pelayanan Publik Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Gorontalo dapat dipengaruhi oleh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja, sedangkan sisanya sebesar 18,6% dipengaruhi oleh variabel lain seperti variabel budaya organisasi, disiplin kerja, kompensasi, penempatan kerja, lingkungan kerja, komitmen kerja, gaya kepemimpinan, serta kompetensi pegawai
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Gramedia. Jakarta
Boediono, B. (2003). Pelayanan Prima Perpajakan, Rineka Cipta, Jakarta
Dwiyanto, Agus (ed). 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Effendi, sofian. 2012. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES
Ernest J. McCormick. 1985. Industrial Psychology. Prentice-Hall, inc. New York
Gibson, Donnelly. 1996. Organisasi, Prilaku, Struktur, Proses. Bina Rupa Aksara, Jakarta
Hasibuan, Malayu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi.Jakarta: PT Bumi Aksara
Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta
Hendrik, Isu 1996. Unsur Kreativitas dalam Supervisi Pengajaran dan Pengembangan Situasi Belajar Mengajar, Tesis, FSP IKIP Bandung Hersey, Paul dan Ken Blanchard, 1995, Manajemen Perilaku Organisasi, Pendayagunaan Sumber Daya Manusia, Penerjemah : Agus Dharma Jakarta: Penerbit Erlangga.
J. Winardi. 2011. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Ed. 1,--6--. Jakarta: Rajawali Pers.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2007. Evaluasi kinerja SDM. PT Refika Aditama, Bandung
Mangunhardjana. A.M. 1986 . Mengembangkan Kreativitas, Terjemahan dari David Cambell Kanisius. Yogyakarta
Maslow, A.H. 1970. Motivation and Personality. Harper and Row, New York
Mc. Clelland, David C. (1961). The Achieving Society. New York: D. Van Nostrand Company, Inc.
Moenir, H.A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. PT Bumi Aksara, Jakarta.
Effendi, sofian. 2012. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES
Ndraha, Taliziduhu. 2003. Teori Budaya Organisasi. Cetakan Kedua. Jakarta : PT.Rineka Cipta.
Pamudji, 1994. Profesionalisme Aparatur Negara dalam Meningkatkan Pelayanan dan Perilaku Politik Publik. Jakarta: Widya Praja.
Parasuraman, Et, al., (1988), Zeithmal and Bitner (1996), Konsep dan Teknik Pengukuran Kualitas Produk Jasa, Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol 4,No I, Hal 55-56
Pasolong, Harbani. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Alfabeta, Bandung.
Prianto, Agus. 2006. Menakar Kualitas Pelayanan Publik. In-Trans, Malang
Riduwan, 2010. Metode dan Teknik menyuusun Tesis. Alfabeta, Bandung.
Robbins,Stephen P. 1994. Teori Organisasi,struktur Desain dan aplikasi. Alih Bahasa: Udaya Yusuf Edisi 3: Arcan.jakarta
Robbert A. Baron et.al, 1980. Psychology : Understanding Of behavior. Holt, Rinehart and Winstone. New York.
Sahlan,Sulaiman.1988. Multi Dimensi Sumber Kreativitas Manusia. Sinar Baru. Bandung
Sampara Lukman. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta : STIA LAN Press.
Samodra Wibawa. 2005. Reformasi Administrasi : Bunga Rampai Pemikiran Administrasi Negara/Publik. Yogyakarta : Gava Media
Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan produktivitas Kerja. Ilham Jaya. Bandung.
Siagian,Sondang. 2006 Manajemen Sumber daya Manusia. PT Bumi Aksara, Jakarta.
Sondang P. Siagian. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sinambela, Lijan Poltak. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. PT Bumi Aksara, Jakarta.
Siswanto.2008. Pengantar Manajemen. PT Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung, CV Alfabeta.
Sujana, Endang 2000. Hubungan Kepuasan Kerja dengan Kreativitas Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Surjadi. 2009. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. PT Refika Aditama. Bandung.
Sutermeister,R.A. 1976. People And Productivity (Third ed). Mc. Grow-Hill BookCompany. New York
Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia
Tjiptono, Fandy. 1996, Manajemen jasa. Andi Offset. Yogyakarta
. 2001. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Andi Offset. Yogyakarta
Triguno. 2003. Budaya Kerja (falsafah, tantangan, lingkungan, yang kondusif, kualitas, pemecahan masalah). Jakarta: PT Golden Terayon Press.
Wasistiono, Sadu. 2001. Kapita Selekta Manajemen Pemerintah Daerah. Sumedang: Alqoprint.
Wibowo, 2008. Manajemen kinerja. Penerbit Rajagrafindo. Persada, Jakarta.
Winardi, 2011. Pengantar tentang Teori Sistem dan Analisis Sistem. Mandar Maju. Bandung
Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Keputusan MENPAN Nomor 63/KEP/M/PAN/7/20 tahun 2003
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.