PENGARUH GAYA HIDUP, PROMOSI DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE PADA MAHASISWA DI KOTA DENPASAR
Abstract
Abstrak: IPhone merupakan merek ternama yang dikenal dengan kualitas produk yang paling diminati baik dari segi kualitas produk, desain produk maupun harga. Saat ini iPhone merupakan smartphone yang laris di dunia, salah satunya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis gaya hidup, promosi, dan desain produk terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pengguna iPhone di kota Denpasar. Sampel yang digunakan adalah sebesar 112 responden. Metode pengumpulan data adalah metode survey dengan kuesioner. Teknik analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya hidup, Promosi, dan Desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone. Untuk meningkatkan penjualan, harus melihat kebutuhan gaya hidup konsumen dan jangan hanya fokus memperhatikan kualitas produk. Untuk meningkatkan penjualan perlu merambah promosi melalui iklan di televisi, radio, dan memasukkan iPhone melalui film sehingga dapat meningkatkan penjualan iPhone. Untuk meningkatkan loyalitas pembeli perlu memberikan garansi yang lebih lama kepada konsumen dan membuka outlet disetiap kota/daerah dengan memberikan pelayanan service kepada konsumen agar konsumen lebih tertarik menggunakan produk iPhone serta perusahaan Apple Inc. agar rutin mengeluarkan produk iPhone dengan seri/type terbaru sehingga konsumen tertarik kembali untuk melakukan pembelian iPhone.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alnando, T., & Hutapea, J. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Desa Pabuaran). Jurnal Ekonomis, 14(1), 76–88.
Aprilia, G., Herdinata, C., & Padmawidjaja, L. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Graby Bites. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(6), 449–457.
Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.
Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5222–5239. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p20
Ashari, A. P., Hardiyono, & Aswar, N. F. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Makassar. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 3(1), 18–32.
Azhari, R. D., & Fachry, M. F. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Batik Karawang Di Ramayana Mall, Karawang. Jurnal IlmiahManajemenUbhara, 2(1), 37–44.
Darma, N. N. G. G., & Hartati, P. S. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo pada Gerai Handphone Shop di Gianyar. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata , 1(1), 349–361.
Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174–183.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17–32.
Fauzi, F., & Asri, R. (2020). Pengaruh Etnosentrisme, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Batik (Studi Pada Konsumen Di Wilayah Jakarta Barat). Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 86–95. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.86─95
Harsanto, H. (2013). Dasar Ilmu Manajemen Operasi. Unpad Press.
Khoirul, M., Maduwinarti, A., & Pujianto, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Persebaya Store Di Surabaya. Dinamika Administrasi Bisnis Untag, 6(1), 1–7.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Marketing Management. Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller. K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Laksono, D. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Helm Kbc. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 155–164.
Laoli, Y., & Hasan, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Di Kota Bangkinang. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(1), 50–59.
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(1), 128–136.
Latte, J., & Manan, A. (2022). Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Anyaman Purun Di Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Inovatif, 4(1), 35–44.
Machfoedz, M. (2005). Pengantar Pemasaran Modern. UPP AMP YKPN.
Mahanani, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.Com. Ikraith-Humaniora, 2(2), 53–61.
Priandewi, N. M. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di E-Commerce Lazada. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 419–433.
Saputra, S. T., Hidayat, K., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 50(6), 85–95.
Sari, S. K., Isrofani, A. N., Pratiwi, C., & Batu, R. L. (2021). Pentingnya Inovasi Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Berulang Pada Brand Iphone di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 181–187. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/index
Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen . Kencana.
Singal, S. C., Koleangan, R. A. M., & Sepang, J. L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Lokasi Terhadap Minat Menonton Di Bioskop Cgv Blitz Cinemas Manado. Jurnal EMBA, 7(3), 3009–3018.
Solihin, W. A., Tewal, B., & Wenas, R. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Pada Mahasiswa Unsrat Di Manado). Jurnal EMBA, 8(1), 511–520.
Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26–33.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Supriyatna, Y. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Yamaha Mio Di Kota Cilegon). Jurnal Sains Manajemen, 6(1), 36–50.
Swatama, I. G. A. A., & Warmika, I. G. K. (2022). Peran Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Yang Dimediasi Oleh Sikap (Studi Pada Konsumen Pengguna Iphone Di Kabupaten Gianyar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(6), 1231. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v11.i06.p09
Tabelessy, W. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Ambon. Jurnal Soso-Q, 8(1), 96–112.
Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Andi.
Triadi, S., Rahayu, Y., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian handphone. Jurnal Manajemen, 13(2), 257–263.
Utami, A. K., & Setyawati, H. A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Desain Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Tulis Kebumen. 1–10.
Wowor, C. A. S., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. J. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 9(3), 1058–1068.
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.