ANALISIS BRAND POSITIONING RESORT BINTANG LIMA KABUPATEN MALANG DI PLATFORM TRAVELOKA
Abstract
Abstrak: Indonesia, dengan potensi wisata yang luar biasa, menunjukkan pertumbuhan pesat dalam industri pariwisata. Tahun 2023 diproyeksikan sebagai masa di mana Jawa Timur akan menjadi provinsi paling diminati di Indonesia, dengan Kabupaten Malang sebagai salah satu tujuan utama. Sementara itu, persaingan dalam bisnis perhotelan tumbuh pesat seiring dengan munculnya banyak pelaku bisnis baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja serta posisi merek dari tiga resort bintang lima di Kabupaten Malang: Golden Tulip Holland Resort, Jambuluwuk Convention Hall & Resort, dan The Singhasari Resort, dalam persepsi pengunjung. Melalui evaluasi ini, diharapkan resort-resort tersebut dapat bersaing secara efektif dalam kondisi pasar yang kompetitif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan crawling pada platform Traveloka menggunakan Google Colab. Data yang dikumpulkan adalah ulasan pengunjung mengenai tiga resort bintang lima di Kabupaten Malang selama periode 30 hari. Selanjutnya, data tersebut dianalisis menggunakan metode sentiment analysis dan hasilnya diekspresikan melalui visualisasi teks menggunakan word cloud. Hasil analisis ini mengungkapkan posisi merek dan menentukan keunggulan dan kelemahan dari setiap resor berbintang lima di Kabupaten Malang, memberikan pandangan yang komprehensif bagi manajemen resort dalam meningkatkan kualitas layanan dan strategi pemasaran mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2010). Consumer behavior : building marketing strategy. McGraw-Hill Irwin.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis : Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Refika Aditama.
Kominfo Prov Jatim. (2023, August 4). Destinasi Wisata Jatim Jadi Favorit Wisatawan Nusantara. Kominfo Jatim Prov. https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/destinasi-wisata-jatim-jadi-favorit-wisatawan-nusantara
Purwowidhu. (2023, May 16). Kian Melesat di 2023, Pariwisata Indonesia Bersiap Menuju Level Prapandemi. Media Keuangan Kemenkeu. https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/kian-melesat-di-2023-pariwisata-indonesia-bersiap-menuju-level-prapandemi
Schiffman, G. L., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior. Pearson Education.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2020). Research Methods For Business : A Skill-Building Approach (8th ed.).
Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Tarihoran, Y., & Manurip, K. J. (2018). Analisis Sentimen Pemilihan Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 Dengan Aplikasi Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayesian Classification. TeIKa, 8(1), 99–105. https://doi.org/10.36342/teika.v8i1.2243
Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2009). Foundations of Mixed Methods Research: Integrating Quantitative and Qualitative Approaches In The Social and Behavioral Sciences. Sage Publications.
Thakur, R. (2018). Customer engagement and online reviews. Journal of Retailing and Consumer Services, 41, 48–59. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.11.002
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27472
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.