ANALISIS HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK IPHONE (STUDI PADA PENGGUNA IPHONE DI KOTA GORONTALO)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra merek dan harga produk terhadap keputusan pembelian smarthphone merek iPhone (studi pada pengguna iPhone di Kota Gorontalo). Teknik pengumpula data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna iPhone di Kota Gorontalo dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 96. Untuk analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis penelitian diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial citra merek dan harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen iPhone di Kota Gorontalo. Besar pengaruh citra merek dan harga produk bersama-sama terhadap keputusan pembelian sebesar 0,628 atau 62,8% dan sisanya sebesar 37,2% ditentukan oleh faktor lain di luar model yang tidak diteliti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal manajemen dan keuangan, 6(1), 660-669.
Djafar, L., Wolok, T., & Niode, I. Y. (2022). the Influence of Price and Product Quality on the Purchase Decision of Ms Glow Products (Case Study on Users of Ms Glow Products). European Scholar Journal (ESJ), 3(7), 31–37. https://www.scholarzest.com
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911
Naksir, I., Wolok, T., & Niode, I. Y. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian DKI Martabak Mini Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 102–108. https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14248
Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25. https://doi.org/10.19184/ejeba.v7i1.14849
Taan, H. (2017). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Karawo dikota Gorontalo. Jurnal Bisnis & kewirausahaan, 6(2),148-158. http://www.ejournal.aibpm.org/index.php/APJM. Diakses 26 desember 2022
Taan, H. (2021). Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran Dan Proses Penyusunannya.Jurnal Manajemen, Vol 5 (2) Oktober 2021 p-ISSN : 2303 - 3495 e-ISSN : 2746 - 685X 347ejournal.unmuhkupang.ac.id 640-Article%20Text-1452-1-10-20220210.pdf. Diakses november 2022
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Jakarta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.