OPTIMALISASI KINERJA PENGELOLA DENGAN KOMPETENSI DAN PELAYANAN TERBAIK : STUDI PADA WISATA HIU BOTUBARANI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pengelola Dengan Kompetensi Dan Pelayanan Terbaik pada Wisata Hiu Botubarani. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo yang kemudian di jadikan responden menggunakan rumus slovin setelah melakukan perhitungan sehingga peneliti menyesuaikan sebanyak 100 responden. Hasil data yang di kumpulkan melalui pembagian kuesioner tersebut telah diuji dengan uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier sederhana. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS Versi 20. Berdasarkan hasil penelitian uji analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa variabel kompetensi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kinerja pengelola wisata hiu paus botubarani di Desa Botubarani. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukan R2 sebesar 49,6%. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kinerja pengelola wisata hiu paus botubarani di Desa Botubarani, sedangkan sebesar 50,4% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Konsep, dan Indikator (viii). Zanafa Publishing.
Arifin, M. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja (Studi terhadap Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Jurnal EduTech, 3(2), 87–98.
Astuti, A. K. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Kawasan Wisata Dlingo. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 12(2), 107. https://doi.org/10.21460/jrmb.2017.122.290
Bahar, A. M., Maizaldi, M., Putera, N., Widiestuty, R., Chaniago, S., & Eliza, Y. (2020). The Effect of Tourism Facilities, Service Quality and Promotion of Tourist Satisfaction in South Pesisir District. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(1), 5. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i1.141
Endang Silalahi, M. Abbas, S. (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Istana Maimun.” Jurnal Pendidikan, No.1(1), 1.
Fahri. (2020). Dampak Covid -19 Terhadap Aktifitas Wisata Hiu Paus Botubarani-Gorontalo. Kementrian Kelautan Dan Perikanan.
Jufrizen. (2018). Peran Motivasi Kerja Dalam Memoderasi Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. The National Conferences Management and Business (NCMAB), ISSN 2621-1527, 405–424.
Krisnawati, K. D., & Bagia, I. W. (2021). Pengaruh Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(1), 29. https://doi.org/10.23887/bjm.v7i1.28736
Modal, D. P. (2018). Kajian Kelayakan Investasi Potensi Unggulan Daerah. Laporan Akhir.
Monoarfa, M. A. S., M, M. S., Safitri, T. A., & Salijah, dan E. (2023). Manajemen Risiko.
Mu’tashim, M. R. et al. (2021). Pengembangan Ekowisata di Indonesia. Jurnal Usahid Solo, 1(1), 295.
Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., & Harnoto. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 216–237. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.567
Musabah, S., Al Zefeiti, B., & Mohamad, N. A. (2017). International Review of Management and Marketing The Influence of Organizational Commitment on Omani Public Employees’ Work Performance. International Review of Management and Marketing, 7(2), 151–160.
Nandang, Wanta, & Jamaludin, A. (2023). Pengaruh Kompetensi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pelaku Ekowisata Kampung Kopi Mekarbuana – Karawang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 83–93.
Naufal, R. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Islam. Human Relations, 3(1), 1–8.
Noor, M. S., Abidin, Z., Lusyiani, & Nisa, K. (2016). Strategi Pengembangan Ekowisata Lahan Basah Pesisir Pantai Batakan di Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah, 3, 994–997.
Primadany, S. R., Mardiyono, & Riyanto. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Daerah. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(4), 135–143.
Santhi, N. hari, & Hartati, W. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja dan Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIA Muhammadiyah Selong). Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.29408/jhm.v5i1.3263
Sari, A. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Tabungan Di Bank Bni Syariah Kota Malang.
Sidiq, A. J. S., & Resnawaty, R. (2017). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Linggarjati Kuningan, Jawa Barat. Prosiding Riset & PKM, 4(1), 1–7.
Sugiono. (2018a). Metode Penelitian Manajemen (6th ed.). Alfabeta.
Sugiono. (2018b). No Title. 2018.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.
Tammubua, M. H., & Surapto, D. (2021). Analysis of Competence and Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty in Eastern Indonesia Border Tourism. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3016–3031. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.2022
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction (4th ed.). Andi.
Yantu, I., Agus H. B., & Zulkifili S. M. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. PG Tolangohula Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1.
Zakiyah, & Ariyanto, E. (2015). Analisis Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja karyawan Badan Pengelola dan Pengembangan Taman Mini Indonesia Indah. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4, 712–725.
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27476
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.