PENGARUH KREDIBILITAS DAN RELEVANSI BEAUTY INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC DI TIKTOK @TASYAFARASYA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bermaksud untuk meneliti bagaimana keputusan konsumen untuk membeli produk Skintific di TikTok @tasyafarasya dipengaruhi oleh relevansi dan kredibilitas terhadap beauty influencer. Data utama yang dikumpulkan dengan memberikan kuesioner kepada 100 responden yang pernah menggunakan produk Skintific, mengikuti Tasya Farasya, dan menggunakan TikTok. Analisis regresi linier berganda dan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dan temuannya menunjukkan bahwa relevansi beauty influencer berdampak positif pada keputusan konsumen untuk membeli. Kesimpulan dari penelitian ini termasuk pentingnya menggunakan beauty influencer dalam kampanye pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk dan menawarkan saran yang berguna tentang bagaimana industri kecantikan dapat berkolaborasi dengan beauty influencer untuk mencapai tujuan pemasaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). PERANAN INFLUENCER DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PESAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM [THE ROLE OF SOCIAL MEDIA INFLUENCERS IN COMMUNICATING MESSAGES USING INSTAGRAM]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.1929
Djafarova, E., & Rushworth, C. (2017). Exploring the credibility of online celebrities’ Instagram profiles in influencing the purchase decisions of young female users. Computers in Human Behavior, 68, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.009
Elysa, O., Cahyani, N., Pancawat, D., & Fitriyani, E. (2021). ANALISIS INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING DI INDUSTRI PERHOTELAN. Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1). http://stp-mataram.e-journal.id/JIH
Imam Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 1. Semarang: Univ. Diponegoro Press.
Indah Nurcahyani, D., & Budi Prabowo. (2024). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Brand Trust tehadap Brand Loyalty Pengguna Skincare Skintific: Studi Pada Pelanggan Moisturizer Skintific Melalui E-Commerce Shopee di Wilayah Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(5), 3753–3766. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i5.1223
Jailani, Ms., Jeka, F., (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Edisi 1. Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U.
Pakpahan, E. S. B. (2017). PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN YOU-C 1000 VITAMIN CDI KOTA PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau. https://www.neliti.com/publications/124680/
Prananda Putri, J. N., Listyorini, S., & Budiatmo, A. (2023). PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK POND’S DI KOTA SEMARANG). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(3). https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4392
Prasetio, A. N., & Indriani, F. (t.t.). ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER DAN DISCLOSURE OF SPONSORSHIP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI BRAND ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Generasi Z di Instagram). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 11(5). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif.. Edisi 26. Bandung: CV ALFABETA.
Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN INFLUENCER ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA BRAND SKINCARE SOMETHINC. Agora, 10(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/12056
Putri Sari, S. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. 8(1), 147–155. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/download/4870/pdf
Riama, C. O. (2021). 156-175 Korespondensi: Chiquita Olivia Riama. S.I.Kom. Universitas Indonesia. Jl. Salemba Raya, 5(2). 10.24198/jmk.v5i2.27628
Salsabila, S., Lina, L. F., & Novita, D. (2022). PENGARUH KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PERAWATAN PADA KLINIK KECANTIKAN DI BANDAR LAMPUNG. Dalam Jurnal TECHNOBIZ, 5(1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz/article/view/2070
Schouten, A. P., Janssen, L., & Verspaget, M. (2020). Celebrity vs. Influencer endorsements in advertising: the role of identification, credibility, and Product-Endorser fit.
Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). ANALISIS PENGARUH CONTENT MARKETING, INFLUENCER, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 11(1). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Sono, M. G., Ilhamiwati, M., Januarty, W., Utami, E. Y., & Arfiansyah, F. (2024). Analisis Pengaruh Kredibilitas Influencer, Relevansi Konten, dan Tingkat Keterlibatan Sosial terhadap Perilaku Konsumen Generasi Z dalam Kampanye Influencer Marketing: Studi Kasus pada Industri Fashion di Indonesia Info Artikel ABSTRAK. Dalam Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science 2(1).
Sugiharto, S. A., Ramadhana, M. R., Psi, S., & Psi, M. (2018). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP SIKAP PADA MEREK (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). Dalam Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi: 8(2). www.youtube.com/TasyaFarasya,
Wiedmann, K. P. , & von M. W. (2021). Attractiveness, trustworthiness, and expertise – social influencers’ winning formula? Journal of Product and Brand Management. Journal of Product & Brand Management, 30(5), 707–725.
Zukhrufani, A., Agama Islam, F., & Muhammadiyah Yogyakarta, U. (2019). THE EFFECT OF BEAUTY INFLUENCER, LIFESTYLE, BRAND IMAGE AND HALAL LABELIZATION TOWARDS HALAL COSMETICAL PURCHASING DECISIONS Muhammad zakiy. JEBIS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(2).
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.