PENGARUH KREDIBILITAS DAN RELEVANSI BEAUTY INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC DI TIKTOK @TASYAFARASYA

Elis Rustiawati, Ivana Esther, Layra Narda Anargya, Nadhif Muhammad Kasyfan, Syti Sarah Maesaroh

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bermaksud untuk meneliti bagaimana keputusan konsumen untuk membeli produk Skintific di TikTok @tasyafarasya dipengaruhi oleh relevansi dan kredibilitas terhadap beauty influencer. Data utama yang dikumpulkan dengan memberikan kuesioner kepada 100 responden yang pernah menggunakan produk Skintific, mengikuti Tasya Farasya, dan menggunakan TikTok. Analisis regresi linier berganda dan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dan temuannya menunjukkan bahwa relevansi beauty influencer berdampak positif pada keputusan konsumen untuk membeli. Kesimpulan dari penelitian ini termasuk pentingnya menggunakan beauty influencer dalam kampanye pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk dan menawarkan saran yang berguna tentang bagaimana industri kecantikan dapat berkolaborasi dengan beauty influencer untuk mencapai tujuan pemasaran.


Keywords


Kata Kunci: Beauty Influencer; Kredibilitas; Relevansi; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). PERANAN INFLUENCER DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PESAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM [THE ROLE OF SOCIAL MEDIA INFLUENCERS IN COMMUNICATING MESSAGES USING INSTAGRAM]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.1929

Djafarova, E., & Rushworth, C. (2017). Exploring the credibility of online celebrities’ Instagram profiles in influencing the purchase decisions of young female users. Computers in Human Behavior, 68, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.009

Elysa, O., Cahyani, N., Pancawat, D., & Fitriyani, E. (2021). ANALISIS INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING DI INDUSTRI PERHOTELAN. Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1). http://stp-mataram.e-journal.id/JIH

Imam Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 1. Semarang: Univ. Diponegoro Press.

Indah Nurcahyani, D., & Budi Prabowo. (2024). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Brand Trust tehadap Brand Loyalty Pengguna Skincare Skintific: Studi Pada Pelanggan Moisturizer Skintific Melalui E-Commerce Shopee di Wilayah Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(5), 3753–3766. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i5.1223

Jailani, Ms., Jeka, F., (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Edisi 1. Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U.

Pakpahan, E. S. B. (2017). PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN YOU-C 1000 VITAMIN CDI KOTA PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau. https://www.neliti.com/publications/124680/

Prananda Putri, J. N., Listyorini, S., & Budiatmo, A. (2023). PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK POND’S DI KOTA SEMARANG). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(3). https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4392

Prasetio, A. N., & Indriani, F. (t.t.). ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER DAN DISCLOSURE OF SPONSORSHIP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI BRAND ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Generasi Z di Instagram). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 11(5). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif.. Edisi 26. Bandung: CV ALFABETA.

Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN INFLUENCER ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA BRAND SKINCARE SOMETHINC. Agora, 10(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/12056

Putri Sari, S. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. 8(1), 147–155. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/download/4870/pdf

Riama, C. O. (2021). 156-175 Korespondensi: Chiquita Olivia Riama. S.I.Kom. Universitas Indonesia. Jl. Salemba Raya, 5(2). 10.24198/jmk.v5i2.27628

Salsabila, S., Lina, L. F., & Novita, D. (2022). PENGARUH KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PERAWATAN PADA KLINIK KECANTIKAN DI BANDAR LAMPUNG. Dalam Jurnal TECHNOBIZ, 5(1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz/article/view/2070

Schouten, A. P., Janssen, L., & Verspaget, M. (2020). Celebrity vs. Influencer endorsements in advertising: the role of identification, credibility, and Product-Endorser fit.

Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). ANALISIS PENGARUH CONTENT MARKETING, INFLUENCER, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 11(1). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Sono, M. G., Ilhamiwati, M., Januarty, W., Utami, E. Y., & Arfiansyah, F. (2024). Analisis Pengaruh Kredibilitas Influencer, Relevansi Konten, dan Tingkat Keterlibatan Sosial terhadap Perilaku Konsumen Generasi Z dalam Kampanye Influencer Marketing: Studi Kasus pada Industri Fashion di Indonesia Info Artikel ABSTRAK. Dalam Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science 2(1).

Sugiharto, S. A., Ramadhana, M. R., Psi, S., & Psi, M. (2018). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP SIKAP PADA MEREK (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). Dalam Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi: 8(2). www.youtube.com/TasyaFarasya,

Wiedmann, K. P. , & von M. W. (2021). Attractiveness, trustworthiness, and expertise – social influencers’ winning formula? Journal of Product and Brand Management. Journal of Product & Brand Management, 30(5), 707–725.

Zukhrufani, A., Agama Islam, F., & Muhammadiyah Yogyakarta, U. (2019). THE EFFECT OF BEAUTY INFLUENCER, LIFESTYLE, BRAND IMAGE AND HALAL LABELIZATION TOWARDS HALAL COSMETICAL PURCHASING DECISIONS Muhammad zakiy. JEBIS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo