PENGARUH PENGETAHUAN KOGNITIF, TEKNIKAL, DAN SOSIAL EMOSIONAL TERHADAP PENERAPAN LITERASI DIGITAL PADA UMKM
Abstract
Abstrak: Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pengetahuan teknis, sosial, dan emosional oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor ini sangat penting untuk merancang pendekatan yang efektif untuk meningkatkan tingkat literasi digital di kalangan UMKM. Hal ini akan membekali mereka dengan lebih baik untuk mengatasi kesulitan dan memanfaatkan peluang yang diberikan oleh era digital. Informasi statistik yang dikumpulkan dari usaha kecil dan menengah (UKM) di Jawa Barat digunakan dalam penelitian ini. Seratus pelaku UMKM menjadi sampel penelitian, dan responden dipilih secara acak dari kumpulan 39 pertanyaan (X1 sepuluh, X2 sepuluh, X3 sembilan, dan Y1 sepuluh). Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner dan pengukuran yang dinilai dengan skala Likert dari 1 sampai 5. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan SPSS versi 25.0, yang menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pengetahuan kognitif memiliki dampak terbesar terhadap adopsi literasi digital, diikuti oleh pengetahuan teknis dan aspek sosial dan emosional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi, R., Suharti, L., Usmanij, P., & Ratten, V. (2022). The MSMEs Digital Readiness in Indonesia: A Test of Moderating Effect of Intrinsic Motivation and ICT Knowledge. Strategic Entrepreneurial Ecosystems and Business Model Innovation, 155–180.
Agarwal, A., & Ojha, R. (2022). Prioritising the determinants of Industry-4.0 for implementation in MSME in the post-pandemic period – a quality function deployment analysis. TQM Journal.
Cueto, L. J., Frisnedi, A. F. D., Collera, R. B., Batac, K. I. T., & Agaton, C. B. (2022). Digital Innovations in MSMEs during Economic Disruptions: Experiences and Challenges of Young Entrepreneurs. Administrative Sciences, 12(1).
Eze, S. C., Chinedu-Eze, V. C., Awa, H. O., & Alharthi, R. H. E. (2021). Factors stimulating value microbusinesses attribute to digital marketing technology (DMT) adoption. PLoS ONE, 16(12 December).
Handayani, A. D. (2023). Digitalisasi UMKM: Peningkatan Kapasitas melalui Program Literasi Digital. Jurnal Signal, 11(1), 104-119.
Husniyah, N., Ramadansyah, E., Pertiwi, H., Tamara, A. F., Purwaamijaya, B. M., & Nuryadin, A. (2023). Analisis Tingkat Literasi Digital UMKM di Jawa Barat. Economics and Digital Business Review, 4(1), 845-868.
Magd, H., & Jonathan, H. (2022). Digitalization - An Emerging Business Trend for Sustainable Transformation of SMEs Sectors: A Proposed Model for Survival and Sustainability in Uncertainties. Global Business and Management Research: An International Journal, 14(2), 51–65.
Mulyani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(1), 133–147. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i1.1013
Rupeika-Apoga, R., & Petrovska, K. (2022). Barriers to Sustainable Digital Transformation in Micro, Small-, and Medium-Sized Enterprises. Sustainability (Switzerland), 14(20).
Shetty, S. K., Spulbar, C., Birau, R., & Ninulescu, V. (2022). Assessing the impact of digitalization on Micro, Small and Medium Enterprizes in India. Revista de Științe Politice. Revue Des Sciences Politiques, 75, 101–115.
Joseph O. Rentz, C. D. (2002). A measure of selling skill: Scale development and validation. Journal of Personal Selling and Sales Management, 13-21.
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27493
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.