PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA PRODUK TERHADAP MINAT BELI DI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNG)

Juwanda Rahmawaty Asiku, Muchtar Ahmad, Ramlan Amir Isa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Produk terhadap Minat Beli di E-Commerce Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dengan menyebarkan instrumen penelitian berupa kuesioner kepada 67 pengguna E-Commerce Shopee di Fakultas Ekonomi UNG. Kemudian digunakan teknik statistik regresi linier berganda dengan menggunakan program versi SPSS untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengaruh kualitas produk terhadap minat beli adalah positif, 2) Pengaruh harga terhadap minat beli adalah positif, dan 3) Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli adalah adalah positif dan signifikan. Selain itu diperoleh koefisien determinasi juga menunjukan bahwa ada pengaruh kualitas produk dan harga bersama-sama terhadap minat beli sebesar 60,1% dan sisanya sebesar 39,9% ditentukan oleh faktor lain di luar model yang tidak diteliti.


Keywords


Kata Kunci: Kualitas Produk; Harga Produk; dan Minat Beli.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Ma. P. K. P. dan H. P. T. M. B. S. K. P. P. P. (Studi K. A. F. M. A. (2012). Analisi Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Produk Termasuk Minat Beli Serta Keputusan Pembelian Produk Parfum (Studi Kasus Arfana Farfum) Muhammad. Teknik Industri, STT Wastukancana, 6.

Al Azhar Medan Hal, U., Harga, P., Dan Kepercayaan Konsumen, P., Wahyuni Pasaribu, E., Daulay, A., & Bahri Surbakti, S. (2023). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AL AZHAR. Jurnal BONANZA, 3(1), 32–39.

Anastasia, T. I., & Suwarno, A. E. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Manfaat, Presepsi Harga, Risiko, Terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 4, 377–384.

Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 228–241.

Ashari, A. (2023). PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). 1–60.

Bagus, A., Ratna, N., & Imam, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Desain dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Sepatu. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 32–38. https://journal.actual-insight.com/index.php/equilibrium/article/view/55/44

Febrian, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Lembur Batik. Ekono Insentif, 13(1), 41–55. https://doi.org/10.36787/jei.v13i1.86

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605

Handayani, S., & Martini, I. (2017). Online Marketing Memoderasi Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Produk Sulam Pita Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Empiris Pada Konsumen Produk Unggulan UMKM Di Semarang). Jurnal Ilmiah STIE Dharmaputra Semarang, 01(01), 71–91.

Hapsoro, B. B., & Hafidh, W. A. (2018). The Influence of Product Quality and Brand Image on repurchase Intention of Halal Cosmetic Products in e-Commerce. Journal of Business and Entrepreneurship, 7(1), 40–50.

Hartati, B. (2021). Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Cosmetics Jafra Pada Pt . Jafra Cosmetics Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(01), 123–137.

Hermanto, K., & Cahyadi, I. (2015). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang fast food ayam goreng tepung di kalangan mahasiswa universitas kristen petra surabaya. Jurnal Hospitaly Dan Manajemen Jasa, 3, 361–387. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/3559/3228

Hidayat, A., & Hartanto, G. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Bergaransi Distributor Pada PT. Tiga Agung. 2(1), 16–29.

Hilmawan, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Vario Di Kota Serang). Jurnal Elektronik Rekaman (Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akuntansi) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo, 3 (3), 154–166.

Humaira, J., & Murlisa, L. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Produk, Harga Dan Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Di Stain Teungku Dirundeng Meulaboh). Proceeding of Dirundeng International Conference on Islamic Studies (DICIS 2022), 173–184.

Kumala, O. B. (2012). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tune Hotels Kuta-Bali. Jakarta: Universitas Indonesia., 3642–3658.

Kusuma, V. C. (2020). Pengaruh online shop terhadap minat beli barang secara online pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar, 2(1), 1–42. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/10192-Full_Text.pdf

Lutfiyya, B., & Akhirson, A. (2022). The Influence of Brand Ambassador and Price Discount on Consumer Purchase Intention in E-Commerce Shopee (Case Study on Shopee Users in Bandung City) Adam. Scholar.Archive.Org, 3(1), 327–342. https://scholar.archive.org/work/sy63srah7bdsfaghtihipmxpqy/access/wayback/https://www.ilomata.org/index.php/ijjm/article/download/302/222

Nur Arlina Febrianti, Dadang Krisidanto, K. U. A. (2023). Pengaruh Harga, Potongan Harga Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/ Bisnis, 2(14), 2302–7150., 14(2), 5–24.

Powa, G. A., Lapian, S. L. H. . J., & Wenas, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA, 6(3), 1188–1197.

Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. Mbia, 20(1), 40–50. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271

Rahayu Tri Astuti, S. (2013). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 2(3), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom

Retnowulan, J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi. Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika, 17(2), 139–145.

Rismaya, T., Muslim, U. B., & Shiddieqy, H. A. (2022). ANALISIS MENGENAI PENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE DITINJAU DARI SUDUT PANDANG SYARIAH (Studi Pada Pengguna Shopee). Sahid Business Journal, 1(01), 49–60. https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.12

sanusi anwar. (2011). Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, sanusi anwar. (2011). Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.Jakarta. 6–19.

Shabrina, S. A., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Holland Bakery Pandanaran Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 475–481. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28771

Stacia, Supand, & Mirah. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Strategi Harga Terhadap Minta Beli Konsumen di PT. Deho Canning Company Bitung. Jurnal Borneo Cendekia, 3(2), 40–46.

Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 304–313. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36229

Sundalangi, M., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Potongan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 313–324.

Susanto, Y., & Realize, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Ndexindo Mandiri Indonesia. ECo-Buss, 5(2), 508–518. https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.459

Sutrisno, N., & Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169

Tiara Ghassani, M., & Sri Suryoko, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Bandeng Juwana Vaccum Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan Pt. Bandeng Juwana Elrina Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCE Tahun, 1–8. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/

Yelvita, F. S. (2022). THE EFFECT OF PROMOTION, PRICE, AND BRAND IMAGE ON PURCHASE DECISIONS ON E-COMMERCE SHOPEE IN PANGKALPINANG CITY. Internasional Jounal of Economics, Businessand Acounting Research (IJEBAR), 2022(8.5.2017), 2003–2005.

Zainuddin, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Minat Beli Motor Matik. Sosio E-Kons, 10(3), 220. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i3.2902




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo