PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PRATAMA MENTARI

Geifira Nur Fatimah

Abstract


Abstrak: Klinik adalah suatu fasilitas kesehatan publik kecil yang didirikan untuk memberikan perawatan kepada pasien. Berdasarkan data kunjungan pasien di Klinik Pratama Mentari pada tahun 2019-2023, terjadi penurunan jumlah kunjungan, kecuali pada tahun 2020 yang mengalami kenaikan karena adanya wabah COVID-19 yang menyebabkan banyak orang pergi ke pelayanan kesehatan. Maka dari itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Pratama Mentari”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan fasilitas mempengaruhi kepuasan pasien di Klinik Pratama Mentari berdasarkan harapan dan layanan yang diterima. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 115 orang yang ditentukan secara accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup aspek-aspek kualitas pelayanan dan fasilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan fasilitas di Klinik Pratama Mentari secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Artinya, semakin baik kualitas pelayanan dan fasilitas yang disediakan oleh klinik, semakin tinggi pula tingkat kepuasan pasien. Oleh karena itu, pihak klinik diharapkan dapat lebih responsif terhadap kebutuhan pasien yang memerlukan bantuan. Selain itu, memperluas area parkir agar pengunjung dapat dengan leluasa menyimpan kendaraannya juga menjadi rekomendasi penting. Peningkatan kualitas pelayanan dan fasilitas, seperti kenyamanan ruang tunggu, serta keramahan staf medis, diharapkan dapat membuat pasien merasa lebih puas saat berobat di Klinik Pratama Mentari. Dengan demikian, peningkatan ini diharapkan mampu menarik kembali minat masyarakat untuk menggunakan layanan kesehatan di klinik ini. Penelitian ini menyarankan agar manajemen klinik terus berinovasi dan melakukan evaluasi berkala terhadap pelayanan dan fasilitas yang diberikan.

 


Keywords


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Fasilitas; Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Birahmani, Nur (2016). Metode Penelitian Ekonomi, Medan: Febi Uin Su Press

Ghozali, Imam (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 28, Cetakan ke-8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gunawan. (2020). Mahir Menguasai SPSS. Sleman: Deepublish

Imbalo, Pohan (2013) Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Gorontalo: ECG

Jasfar, Farida. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offest

Kottler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Manurung, Adler. (2007). Panduan Lengkap Reksa Dana Investasiku. Jakarta: Kompas

Nirwana (1994). Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Unit Pelayanan Statistik FMIPA Universitas Padjadjaran

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor441/MENKES/PER/III/2010 tentang laboraturium klinik.

Resito, Herman. (1991). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ridwan. (2008). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi

Riyanto, Slamet (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Sleman: Deepublish

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukino, Sudono. (2005). Teori Pengantar Mikro Ekonomi, Edisi 3. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sutrisno, Hadi. (2000). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2006). Pemasaran Jasa, Edisi 1, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Indrayani, Triana (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu, Sikap Ibu dan Media Informasi Dalam Pemberian Imunisasi Hepatitis B 0-7 Hari Pada Bayi Baru Lahir di BPM HJ. Darmis Syaiful Jakarta Timur. Vol 9 No 1 Juli 2018.

Maharjana, Ida (2020). Analisis Strategi Pemasaran Baby Care di RSU Bhakti Rahayu Denpasar Tahun 2020. Vol. 7 No.2 p-ISSN : 2406-9108

Raharjani, Jeni (2005). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbalanja. Volume 2 (Nomor 1). Pp. 1-5. ISSN 1693-8283

Syahril, Erlin. (2022). Frekuensi Pemeriksaan Ultrsonografi (USG) Pada Pasien Antenatal Care (ANC). Vol. 1 No.3 (2021).

Puskesmas Banjar 1. (2019). Pengertian Poli Kesehatan Ibu dan Anak. https://puskesmasbanjarsatu.bulelengkab.go.id/pelayanan/kia-kb/. Diakses pada 10 Mei 2019.

RSUP Wahidin. (2020). Pengertian Instalasi Gawat Darurat. https://www.rsupwahidin.com/rujukan/rujukan.php?i=22. Diakses pada 20 Februari 2020.

Umayya, Ika .(2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Klinik Dokter Gigi Eka Adhayani Aksara Medan. http://repository.uinsu.ac.id/3189/1/SKRIPSI.pdf. Diakses pada 12 Juli 2017




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor