PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT PADA KELURAHAN LEATO UTARA KOTA GORONTALO

Muhammad Jihad Firman, Junaedy Abdullah

Abstract


Abstrak: Pengaruh Knowledge Product Bank Syariah Indonesia (BSI) Terhadap Persepsi Masyarakat Kelurahan Leato Utara Kota Gorontalo. Memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh knowledge product bank syariah terhadap keputusan masyarakat Leato Utara dalam memilih produk di bank syariah. Selain itu, untuk mengetahui signifikansi pengaruh persepsi terhadap keputusan masyarakat Leato Utara dalam melilih produk bank syariah. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif, yang memberikan prioritas pada variabel sebagai objek penelitian dengan tujuan menggambarkan atau mengidentifikasi susunan operasional pada setiap variabel tersebut. Berdasarkan tabel 15, besarnya R Square adalah 0.049 artinya kemampuan variabel Knowledge Product Bank Syariah Indonesia dalam menjelaskan variabel Persepsi Masyarakat adalah sebesar 0.049 atau 4.9% sedangkan sisanya 95.1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh product knowledge/pengetahuan produk Bank Syariah Indonesia (BSI) terhadap persepsi masyarakat kelurahan Leato Utara maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pengetahuan produk Bank Syariah Indonesia (BSI) berpengaruh terhadap persepsi masyarakat kelurahan Leato Utara. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil persamaan regresi sederhana yang menghasilkan nilai Y = 1.853 + 0.173X sehingga pengaruh pengetahuan produk terhadap persepsi masyarakat menunjukkan nilai positif.


Keywords


Kata Kunci: Knowledge Product; Persepsi Mayarakat

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi, ‘Psikologi Umum’, in Psikologi Umum (Surabaya: Bina Ilmu, 1982), p. h. 43

Adiwarman, A. Karim, ‘Bank Islam Analisis Fiqh Dan Keuangan’, in Bank Islam Analisis Fiqh Dan Keuangan (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2010), p. 108

Afrian Rachmawati, Gusti Oka Widana, ‘Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image,Religiusitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah’, Jurnal Liquidity, Vol. 08 (2019), h. 114

———, ‘Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image,Religiusitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah’, Jurnal Liquidity, Vol. 08 (2019), 114

Agus Marimin, Dkk, ‘Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 01, N, h. 76-77

Agus Tri Basuki dan Nano Prawoto, ‘Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi Dan Bisnis’, in Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi Dan Bisnis (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2016), p. h.63

Alo Liliweri, ‘Persepsi Teoritis’, in Persepsi Teoritis (Bandung: Cipta Aditya Bakti, 1994), p. h. 173

Amstrong, Philiph Kotler dan Gary, ‘Principle Of Marketing’, in Principle Of Marketing (Jakarta: Erlangga, 2014), p. 2016

Andi Nurul, Dewi Fatmala, ‘Risiko Operasional Bank Dalam Pertumbuhan Pangsa Pasar Bank Syariah Indonesia (BSI) Di Era Pandemi Covid-19’, Jurnal Masharif Al-Syariah : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, Vol. 07, 300

Antonio, Muhammad Syafi’I, ‘Bank Syariah Dari Teori Dan Praktik’, in Bank Syariah Dari Teori Dan Praktik (Jakarta: Gema Insani, 2007), p. 148

———, ‘Bank Syariah Dari Teori Dan Praktik’, in Bank Syariah Dari Teori Dan Praktik (Jakarta: Gema Insani, 2007), p. 86

Apri Budianto, ‘Manajemen Pemasaran’, in Manajemen Pemasaran (Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2015), p. 179

Bimo, Walgito, ‘Psikologi Umum’, in Psikologi Umum (Yogyakarta: Andi Offset, 1993), p. 54

‘Bisnis Dan Manajemen’, Jurnal Bisnis Dan Manajemen

Budi Darma, ‘Statistika Penelitian Menggunakan SPSS’, in Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Jawa Barat: Guepedia, 2021), p. h.17

Budiarti Isniar, ‘Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Pada Dunia Perbankan’, Majalah Ilmiah UNIKOM, 2011, p. h.66

Burhan Bungin, ‘Metodologi Penelitian Kuantitatif’, in Metodologi Penelitian Kuantitatif (Jakarta: Kencana, 2011), p. h. 132

Dian Cita Sari, dkk, ‘Manajemen Pemasaran’, in Manajemen Pemasaran

Fajar Rezky, dkk, ‘Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Word of Mouth’, JIHBIZ:Global Journal of Islamic Banking and Finance 2, Vol.02 (2020), h.124-137

JavanLabs, ‘Al-Baqarah’, TafsirQ.Com, 2015, p. 2;275

Kartini Kartono, ‘Psikologi Sosial Untuk Manajemen, Perusahaan Dan Industri’, in Psikologi Sosial Untuk Manajemen, Perusahaan Dan Industri (Jakarta: Rajawali, 1991), p. h. 304

Kasmir, ‘Pemasaran Bank’, in Pemasaran Bank, Pert (Jakarta: Prenadamedia Group, 2004), p. h.78

Khoirotu Soviyana, Mila Kamila, Nanang Sugiyono, Hendri Hermawan Adinugrah, ‘Strategi Pemasaran UMKM Produksi Tahu Desa Batang Dalam Menghadapi Persaingan Antar Pengusaha’, Journal Of Social Work And Empowerment, Vol. 02 (2022), 14–15

———, ‘Strategi Pemasaran UMKM Produksi Tahu Desa Batang Dalam Menghadapi Persaingan Antar Pengusaha’, Journal Of Social Work And Empowerment, Vol. 02 (2022), 15

———, ‘Strategi Pemasaran UMKM Produksi Tahu Desa Batang Dalam Menghadapi Persaingan Antar Pengusaha’, Journal Of Social Work And Empowerment, Vol. 02 (2022), h. 16

M.Firmansyah, Agus Suman, dan Asfi Manzilati Susilo, ‘Rasionalitas Memilih Transaksi Dengan Bank Syariah (Perspektif Teori Bounded)’, Jurnal Ekonomi, 230

Meiryani, ‘Memahami Composite Reliability Dalam Penelitian Ilmiah’, 2021 [accessed 9 July 2023]

Muhammad, ‘Manajemen Dana Bank Syariah’, in Manajemen Dana Bank Syariah (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014), pp. 28–29

———, ‘Manajemen Dana Bank Syariah’, in Manajemen Dana Bank Syariah (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014), p. 35

———, ‘Tehnik Perhitungan Bagi Hasil Dan Profit Margin Pada Bank Syariah’, in Tehnik Perhitungan Bagi Hasil Dan Profit Margin Pada Bank Syariah (Yogyakarta: UII Press, 2004), pp. 18–19

Muhammad Yusuf dan Lukman Daris, ‘Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi Dalam Bidang Perikanan’, in Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi Dalam Bidang Perikanan (Bogor: PT Penerbit IPB Press, 2018), p. h.76

Nilda Miftahul Janna dan Herianto, ‘Konsep Uji Validitasdan Realibitas Dengan Menggunakan SPSS’, in Konsep Uji Validitasdan Realibitas Dengan Menggunakan SPSS, 2021

Notoatmodjo. S, ‘Metodologi Penelitian Kesehatan’, in Metodologi Penelitian Kesehatan, Revisi (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), p. h. 12

Otoritas Jasa Keuangan, ‘Statistik Perbankan Syariah’, 2020 [accessed 12 September 2023]

Ovan Dan Andika Saputra, ‘CAMI : Aplikasi Uji Validitas Dan Reabilitas Instrument Penelitian Berbasis’, Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2020, p. h.1

Philip Kotler, Kevin Lane Keller, ‘Resume Manajemen Pemasaran’, 13th edn

Philiph Kotler dan Gary Amstrong, ‘Principle Of Marketing’, in Principle Of Marketing, 2014, p. 301

Prof. Dr. Sugiyono, ‘Metode Penelitian Manajemen’, in Metode Penelitian Manajemen, ed. by M. Pd. Setiyawani, S.H., cet. 6 (Bandung: Alfabeta, CV, 2018), p. h. 148

R.Risaldi, ‘Pengaruh Diklat Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palopo Di Bank Syariah’, 2019, p. h.40 [accessed 9 July 2023]

Rahmat, Jalaludin, ‘Psikologi Komunikasi’, in Psikologi Komunikasi (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1996)

Resmawa, Ira Ningrum, ‘Pengaruh Brand Image Dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Dengan Green Price Sebagai Moderating Variable’, Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi, Dan Bisnis, Vol. 105-1 (2017)

Sahid Raharjo, ‘Uji Heterokedastisitas Dengan Grafik Scatterplot SPSS’, 2015 [accessed 10 July 2023]

Sarlito W. Sarwono, ‘Psikologi Lintas Budaya’, in Psikologi Lintas Budaya (Jakarta: Rajawali Pers, 2014), p. 24

Slamet Riyanto dan Aglis Andhita Hadmawan, ‘Metode Riset Penelitian Kuantitaif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen’, in Metode Riset Penelitian Kuantitaif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen, (Yogyakarta: Deepublish, 2020), p. h.64

Sofiyan Siregar, ‘Statistika Deskriptif Untuk Penelitian’, in Statistika Deskriptif Untuk Penelitian (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010), p. h.37

Sondang P. Siagian, ‘Teori Motivasi Dan Aplikasinya’, in Teori Motivasi Dan Aplikasinya (Jakarta: Rineka Cipta, 1995)

Sujarweni Wiratna, ‘Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi’, in Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi (Yogjakarta: Pustaka Baru Press, 2015), p. h.228

Suryani, ‘Taktik Suryani Perilaku Konsumen: Implikasi Padaa Strategi Pemasaran’, in Perilaku Konsumen: Implikasi Padaa Strategi Pemasaran, (Graha Ilmu, 2008), p. 97

Wibowo, ‘Perilaku Dalam Organisasi’, in Perilaku Dalam Organisasi, 01 edn (Jakarta: Rajawali Pers, 2013), p. h. 59

Wilson Eduan, ‘Influence Of Study Abroad Factors on International Research Collaboration Evidence from Higher Education Academics in Sub-Saharan Africa’, Studies In Higher Education, 44 (2019), h. 70-71

Zulkifli Nurul Haqq, dkk, ‘Pengertian, Peranan Dan Perkembangan Bank Syari’ah Di Indonesia’, Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 2005, p. h. 01-02




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo