PENGARUH SIKAP UMUM TERHADAP KECERDASAN BUATAN DAN NIAT PEGAWAI UNTUK TERUS MENGGUNAKANNYA

Bambang Leonardus Sirait, Yoke Pribadi Kornarius, Angela Caroline, Agus Gunawan, Triningtyas Elisabeth Putri Gusti

Abstract


Abstrak: Semua industri menghadapi banyak tantangan selama proses penerapan teknologi baru. Salah satu tantangannya adalah sikap individu yang dapat terbagi menjadi sikap positif dan sikap negatif terhadap AI. Sikap positif terhadap AI beberapa diantaranya adalah mempercepat proses pekerjaan, membuka peluang ekonomi baru, menghemat biaya, sedangkan sikap negatif AI dimana mendatangkan malapetaka bagi manusia karena ketakutan akan menggantikan peran manusia, dapat menghilangkan kemampuan berbahasa alami, ketergantungan pada teknologi, risiko kecurangan seperti plagiat, dan dapat menyalahgunakan data pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap umum terhadap AI dan niat kelanjutan menggunakan AI pada pegawai yang pernah menggunakannya di area Jakarta dan Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dimana teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen (GAAIS/Sikap Umum terhadap Skala Kecerdasan Buatan) memiliki pengaruh sebesar 44,6% terhadap variabel dependen (CI/Niat Kelanjutan) untuk kembali menggunakan Kecerdasan Buatan. Ini berarti bahwa hampir setengah dari variasi dalam niat seseorang untuk terus menggunakan AI dapat dijelaskan oleh variasi dalam sikapnya terhadap AI. Dengan kata lain, sikap positif dan negatif terhadap AI, dapat memprediksi kemungkinan seseorang untuk terus menggunakan teknologi ini. Selain itu juga bahwa penelitian ini menambah sudut pandang baru pada Theory of Planned Behaviour (TPB) yaitu teknologi AI di Indonesia.

Keywords


Kata Kunci: Kecerdasan Buatan; Niat Kelanjutan; Sikap

Full Text:

PDF

References


Abdulrahim El-Brassi M.A.M.; Alhabshi S.M.; Othman A.H.A.; Mokhtar A.M. (2022). Factors Determining Libyan Banking Employees’ Readiness to Support the Transformation to A Full-Fledged Islamic Banking System. International Journal of Business and Society. DOI:10.33736/IJBS.4833.2022

Astrid Schepman & Paul Rodway (2023). The General Attitudes towards Artificial Intelligence Scale (GAAIS): Confirmatory Validation and Associations with Personality, Corporate Distrust, and General Trust, International Journal of Human–Computer Interaction, 39:13, 2724-2741, DOI: 10.1080/10447318.2022.2085400

Astutik, E. P., Ayuni, N. A., & Putri, A. M. (2023). Artificial Intelligence: Dampak Pergeseran Pemanfaatan Kecerdasan Manusia Dengan Kecerdasan Buatan Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(10), 31-40. DOI: 10.9644/sindoro.v1i10.1219

Aw, E. C. X., Tan, G. W. H., Cham, T. H., Raman, R., & Ooi, K. B. (2022). Alexa, what's on my shopping list? Transforming customer experience with digital voice assistants. Technological Forecasting and Social Change, 180, 121711.

Bhattacherjee, A. (2001). An empirical analysis of the antecedents of electronic commerce service continuance. Decision support systems, 32(2), 201-214.

Caputo, F.; Cillo, V.; Candelo, E.; and Liu, Y. (2019). Innovating through digital revolution: The role of soft skills and Big Data in increasing firm performance. Management Decision, Vol. 57 No. 8, pp. 2032-2051. https://doi.org/10.1108/MD-07-2018-0833

Chin J.H.; Mansori S.; Rezaee Z.; Homayoun S. (2021). The Role of Religiosity, Ethnicity and Gender Identification in Individual's Moral Judgments; the Mediation Effect of Self-transcendence. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities. DOI:10.47836/pjssh.29.4.39

Du, YuPei; Li, ZhongWu. (2021). Employee characteristics, subjective norms and work performance: Integrating the achievement goal orientation theory and the theory of planned behavior. Humanities and Social Sciences Letters. https://doi.org/10.18488/journal.73.2021.92.196.208

Gholami R.; Singh N.; Agrawal P.; Espinosa K.; Bamufleh D. (2021). Information Technology/Systems Adoption in the Public Sector: Evidence from the Illinois Department of Transportation. Journal of Global Information Management. DOI: 10.4018/JGIM.20210701.oa8

Hung, S. W., Chang, C. W., & Ma, Y. C. (2021). A new reality: Exploring continuance intention to use mobile augmented reality for entertainment purposes. Technology in Society, 67, 101757.

Oppong C.; Salifu Atchulo A.; Akwaa-Sekyi E.K.; Grant D.D.; Kpegba S.A. (2023). Financial literacy, investment and personal financial management nexus: Empirical evidence on private sector employees. Cogent Business and Management. DOI:10.1080/23311975.2023.2229106

Pabubung, M. R. (2023). Era Kecerdasan Buatan dan Dampak terhadap Martabat Manusia dalam Kajian Etis. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(1), 66-74. DOI:10.23887/jfi.v6i1.49293

Putri, F. N. R., & Riyono, J. (2022). TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLEGENCE DALAM UPAYA PENCEGAHAN BUNUH DIRI. Metrik Serial Humaniora dan Sains, 3(1), 10-18.

Ramadhani A.; Ramli T.S.; Mayana R.F. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Pada Fitur PayLater Aplikasi Shopee Dalam Bidang E-Commerce Dikaitkan Dengan Data Pribadi Konsumen Berdasarkan Hukum Positif Indonesia. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i4.902

Sabri M.F.; Razak N.F.; Xi E.A.C.; Wijekoon R. (2022). Going Green in the Workplace: Through the Lens of the Extended Theory of Planned Behaviour. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities. https://doi.org/10.47836/pjssh.30.2.02

Smith MJ; Bean S. (2019) AI and Ethics in Medical Radiation Sciences. J Med Imaging Radiat Sci. 2019 Dec;50(4 Suppl 2):S24-S26. doi: 10.1016/j.jmir.2019.08.005. Epub 2019 Sep 25. PMID: 31563532.

Stanley Lemeshow, David W. Hosmer J, Janeile Klar dan Stephen K. Lwanga, 1997, Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Sudiana I.W.; Wiagustini N.L.P.; Sedana I.B.P.; Artini L.G.S. (2022). Reflection on Values of Financial Governance of Village Credit Institutions in Bali. Quality - Access to Success. DOI:10.47750/QAS/23.186.35

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248

Tandiyono, T. E. (2024). Serangan Masif Artificial Intelligence Pada Sumber Daya Manusia: Pengaruh Dan Dampak Psikologi Generasi Z (1997–2012): Studi Kasus Pada Subjek IN-01. Observasi: Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(1), 167-191. DOI: 10.61132/observasi.v2i1.203

Tércio Pereira, P. F. Limberger, S. M. Minasi & D. Buhalis. (2022). New Insights into Consumers’ Intention to Continue Using Chatbots in the Tourism Context, Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism, DOI: 10.1080/1528008X.2022.2136817

Vasiljeva T, Kreituss I, Lulle I. (2021). Artificial Intelligence: The Attitude of the Public and Representatives of Various Industries. Journal of Risk and Financial Management. 14(8):339. https://doi.org/10.3390/jrfm14080339




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor