PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA ANGKATAN 2022 JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa angkatan 2022 Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kolerasional dengan jumlah sampel 102 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi sederhana. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa angkatan 2022 Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Nilai koefisien determinasi dari model regresi yang telah diperoleh sebelumnya menunjukkan bahwa ada pengaruh Pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa angkatan 2022 Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo sebesar 0,220 atau 22% dan sisanya sebesar 78% ditentukan oleh faktor lain di luar model yang tidak diteliti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Q., & Oktafani, F. (2020). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa fakultas komunikasi dan bisnis telkom university. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 151-159.
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50 (2), 179-211.
Blegur, A., & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, efikasi diri dan locus of control terhadap intensi berwirausaha. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(1), 51-61.
Busro, M. (2017). Strategy Increasing Entrepreneurship Interest. International Research Journal of Business Studies, 10(3), 147–158. https://doi.org//doi.org/10.21632/irjbs
Isma, A. (2020). Pengaruh entreprenurial self-efficacy, subjective norm, dan locus of control terhadap entrepreneurial intention melalui entrepreneurial attitude pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhaap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Penelitian pendidikan Islam, 7(1), 113
Nursita, L. (2021). Dampak Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 83-88.
Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan: Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Oemar Hamalik.
Suryamannim, M. (2006). Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan. Teknik Elektro. Skripsi. FT-UNS.
Susilawaty, E. A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausahaan Mahasiswa. Journal of Business Administration, 2(1), 1-15.
Taufik, A., Azhad, M. N., & Hafidzi, A. H. (2018). Faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Penelitian IPTEKS, 3(1), 86-99.
Wicaksono, B. H. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Kreativitas Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK PGRI 1 Jakarta. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.28002
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.