PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KONVEKSI ARIA KAOS KOTA GORONTALO

Fitriyanti Umar, Zainal Abidin Umar, Andi Juanna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhdap kepuasan pelanggan di Konveksi Aria Kaos Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Pendekatan dalam penelitian ini yakni kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 100 orang. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Konveksi Aria Kaos Kota Gorontalo dengan koefisien determinasi parsial sebesar 32,00%. Makna dari koefisien positif menunjukan bahwa kualitas produk yang sesuai ekspektasi dari pelanggan akan memberikan dampak yang baik dalam peningkatan kepuasan pelanggan Konveksi Aria Kaos Kota Gorontalo. (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Konveksi Aria Kaos Kota Gorontalo dengan koefisien determinasi parsial sebesar 48,30%. Makna dari koefisien positif menunjukan bahwa semakin berkualitas pelayanan yang diberikan oleh penjahit dan pemiliknya maka akan semakin tinggi pula kepuasan pelanggan dari Konveksi Aria Kaos Kota Gorontalo. (3) kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Konveksi Aria Kaos Kota Gorontalo dengan koefisien determinasi sebesar 80,30%. Sedangkan sisanya sebesar 19,70% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti persepsi dan psikologi pelanggan, kesesuaian promosi, harga jual produk dan persepsi (pujian) orang lain atas produk yang digunakan pelanggan. Sehingga dapat dikatakan bahwa pelanggan pada Konveksi Aria Kaos Kota Gorontalo akan semakin puas dengan adanya optimalisasi pada produk yang berkualitas dan pelayanan berkualitas.

Keywords


Kepuasan; Pelanggan; Kualitas; Produk; Pelayanan

Full Text:

PDF

References


B. Regidor, L., E. Gador, M., J. Beneson, J., & Jane V. Burlas, N. (2023). Influence of Service Quality To Customer Satisfaction Among Catering Services in Tagum City. International Journal of Research Publications, 117(1), 246–259. https://doi.org/10.47119/ijrp1001171120234429

Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7

Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226–233. https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4531

Carvalho, H. D. F., Saldanha, E. D. S., & Amaral, A. M. (2020). The Mediation Effects of Customer Satisfaction on the Relations Between Product Price, Service Quality and Purchasing Decision. Timor Leste Journal of Business and Management, 2(1), 14–26. https://doi.org/10.51703/bm.v2i2.18

Gontur, S., Gadi, P. D., & Bagobiri, E. (2022). Service Quality and Customer Loyalty. International Journal of Marketing & Human Resource Research, 3(1), 38–51. https://doi.org/10.47747/ijmhrr.v3i1.474

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Ilmiyah, F. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada Bagian Produksi PR Trubus Alami Malang. 42–61. http://etheses.uin-malang.ac.id/835/7/11510096 Bab 3.pdf

Intan Rurieta Anggarawati. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PDAM Tirta Marta Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1), 40–49. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i1.146

Juana, A., Kango, U., Singh, S. K., Abdussamad, Z. K., & Ismail, Y. L. (2023). Trends of Research Keywords Related to the Network and Negotiating Skills in Digital Era: A Bibliometric Review. International Journal of Professional Business Review, 8(6), e01027. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i6.1027

Juanna, A., & Hakri Bokingo, A. (2020). Does Internal Marketing Contribute To Customer Satisfaction? Jurnal Aplikasi Manajemen, 18(4), 783–796. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2020.018.04.16

Juanna, A., Kango, U., Wolok, T., Yantu, I., & Winerungan, R. R. (2021). Analysis of The Effect of Customer Experience, with Customer Satisfaction as A Mediation Variable. International Journal on Economics, Finance and Sustainable Development. https://media.neliti.com/media/publications/407879-analysis-of-the-effect-of-customer-exper-675989f5.PDF

Kukuh Familiar, I. M. (2015). Management Analysis Journal Pelanggan, Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan. Management Analysis Journal, 4(4), 348–354.

Laksana, A. I. P., & Hirawati, H. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Larissa Aesthetic Cabang Magelang. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 509–522. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.243

Mardiatmoko, G.-. (2020). Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

Nida Salma Fahriani, & Intan Rike Febriyanti. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan di Apotek Bunda Cikembar. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 1–11. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i3.431

Nuraeni, R., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 487. https://doi.org/10.32832/manager.v2i4.3795

Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226

Rahmola. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Konveksi Aria Kaos Kota Gorontalo. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, 5(10), e02690. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690

Rostiani, A., Lestari, R., & Nurwulandari, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Pelayanan dan Pemasaran Digital Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan di Apartemen Kemang Grup PT Pudjiadi Prestige Tbk Jakarta. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 1086–1100.

Samara, A., & Metta, S. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Pengguna Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) di Kalangan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma. Jura : Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 249–260. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JURA/article/download/700/659

Taan, H. (2019). PT . JNE Branch Gorontalo Gambar 1 . Conceptual Framework. 4(1).

Taan, H. (2020). The Service Quality of Population Document to Improve Community Satisfaction Index. Asia Pacific Journal of Management and Education, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.32535/apjme.v3i2.847

Zilfia, Y. E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Butik Meliaraa Di Bandar Lampung. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i3.29923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo