FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK KOSMETIK SOMETHINC DENGAN DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE

Utari Variska, Rita Meiriyanti, Noventia Karina Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar harga, desain produk dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) dalam mempengaruhi minat beli konsumen, dan bagaimana peran brand image dalam memediasi hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan populasi dalam penelitian merupakan konsumen kosmetik Somethinc di Kota Semarang dengan rentang usia 15-29 tahun yang mengetahui dan menggunakan produk kosmetik dari brand Somethinc. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 399 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling dan metode yang digunakan adalah Purposive Sampling. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS versi 3.0. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa harga, desain produk dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) masing- masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Kemudian brand image dan desain produk masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, akan tetapi harga dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap minat beli. Harga, desain produk dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan brand image sebagai variabel mediasi.

Keywords


Harga; Desain Produk; E-WOM; Minat Beli; Brand Image

Full Text:

PDF

References


Aqilah, A., Rivai, A. K., & Siregar, E. S. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi oleh Citra Merek: Studi Pada Konsumen Produk Fashion Di DKI Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Keuangan, 3(3), 723–737.

Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER/BRAND AMBASADOR, HARGA DAN DESAIN PRODUK YANG DIMEDIASI OLEH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ONLINE SHOP SHOPEE. Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 91–110.

Fellysia, & Simamora, B. (2023). The Mediating Effect of Brand Image on the Influence of Electronic Word of Mouth Towards Purchase Intention for Somethinc Products (Case Study on Followers of the @somethincofficial TikTok Account). Journal of International Conference Proceedings, 6(1), 60–71. https://doi.org/10.32535/jicp.v6i1.2249

Humris, M. U. A. F., & Sadat, A. M. (2022). Pengaruh Harga dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Dimediasi oleh Citra Merek Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Manajemen, Dan Keuangan, 3(2), 404–417.

Layli, A. N., Maidita, C., & Asilmi, C. B. (2022). Pengaruh Desain Kemasan Produk Kecantikan Terhadap Minat Beli Konsumen. Journal Beauty and Cosmetology, 4(1), 6–13.

Majid, A. A. Al, & Sumadi. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Image terhadap Sikap dan Minat Beli Konsumen Pakaian Pada E-Commerce di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(03), 24–38. https://journal.uii.ac.id/selma/index

Makaminang, F. M., Mananeke, L., & Tampenawas, J. (2021). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, DESAIN PRODUK, DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT BELI MAKE UP KOREA DI MANADO. Jurnal EMBA, 9(2), 400–409.

Muniarty, P., Saputri, D., Arisandi, D., Wahyu Ikasanti, P., & Wahyuni, T. (2021). PENGARUH HARGA & GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT. JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN BISNIS, 14(1), 91–102. http://journal.stekom.ac.id/index.php/E-Bisnispage91

Novianti, W., Hardilawati, W. L., & Hinggo, H. T. (2022). PERAN MEDIASI CITRA MEREK ANTARA ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN MINAT BELI KONSUMEN PRODUK KOSMETIK DI TOKOPEDIA. Jimek: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 05(02), 47–57. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek

Nurdin, S., & Wildiansyah, V. (2021). PERAN MEDIASI CITRA MEREK PADA HUBUNGAN ANTARA ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) OLEH BEAUTY VLOGGER DAN MINAT BELI PRODUK KOSMETIK. Jurnal Sain Manajemen, 3(1), 11–20. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Rahmawati, L. O., Hariyani, D. S., & Fatmala, I. A. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KESADARAN MEREK, DESAIN PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP CITRA MEREK PADA ERIGO DI INDONESIA. Jurnal Pro Bisnis, 15(2), 149–161.

Rahma, Y. P., & Setiawan, M. B. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SUNSCREEN AZARINE. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(4), 744–752.

Riandi, R. F., & Lukiarti, M. M. (2023). PENGARUH DESAIN PRODUK, DAYA TARIK IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI SEPEDA MOTOR YAMAHA N-MAX DI KECAMATAN REMBANG. Equivalent: Journal of Economic, Accounting and Management, 1(2), 123–132. http://jurnal.dokicti.org/index.php/equivalent/index

Sihombing, E., Suci, R. P., & Hastuti, T. (2023). ANALISIS PENGARUH HARGA TERHADAP MINAT BELI YANG MEDIASI OLEH CITRA MEREK (Studi pada konsumen Macaroni Mang Ade di Kota Malang). Inovasi Dan Kreativitas Dalam Ekonomi, 6(4), 185–195.

Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, L. R. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN IKLAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI DI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO). Jurnal EMBA, 9(4), 304–313.

Trisdiyana, M., & Handayani, L. S. (2023). Pengaruh Kualiatas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Skincare Jasper Di Cikarang Selatan. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1159–1169. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1260




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i3.30011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo