THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE AND PRICE ON PATIENTS' DECISIONS TO USE OUTPATIENT SERVICES AT GREEN HOSPITAL X

Melissa Santoso, Maria Widyarini, Kevin Grahadian

Abstract


Keputusan pasien dalam menerima perawatan di rumah sakit umumnya dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti citra rumah sakit, harga, dan pemberian layanan. Green Hospital X di Propinsi Jawa Tengah, sebagai salah satu rumah sakit swasta yang berkomitmen memberikan pelayanan maksimal bagi pasien rawat jalan dan rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lebih jauh pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pasien menggunakan layanan rawat jalan di Green Hospital X. Seratus dua puluh empat sampel pasien rawat jalan menyatakan citra merek Green Hospital X tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pasien dalam menggunakan layanan rawat jalan di Green Hospital X. Citra merek dan harga rumah sakit berpengaruh signifikan terhadap keputusan pasien menggunakan layanan rawat jalan di rumah sakit tersebut. Hasil penelitian juga mendapatkan temuan citra merek dan harga layanan secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pasien dalam menggunakan layanan rawat jalan di Green Hospital X. Sebagai salah satu green hospital di Indonesia, rumah sakit X selalu berusaha memberikan layanan terbaik lewat peningkatan kualitas layanan secara terus menerus. Penelitian ini direncakaan akan dilakukan secara terencana dan terjadwal, untuk dapat memberikan masukan perbaikan secara berkala yang menuju pada perbaikan kualitas (continuous improvement).

Keywords


Citra Merek; Harga; Rumah Sakit; Keputusan Pasien

Full Text:

PDF

References


Amirrudin, M., Nasution, K., & Supahar, S. (2021). Effect of variability on Cronbach alpha reliability in research practice. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 17(2), 223-230.

Berenson, M., Levine, D., Szabat, K. A., & Krehbiel, T. C. (2020). Basic business statistics: Concepts and applications.

Bonett, D. G., & Wright, T. A. (2015). Cronbach's alpha reliability: Interval estimation, hypothesis testing, and sample size planning. Journal of organizational behavior, 36(1), 3-15.

Daoud, J. I. (2017, December). Multicollinearity and regression analysis. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 949, No. 1, p. 012009). IOP Publishing.

Gau, W. B. (2019). A reflection on marketing 4.0 from the perspective of senior citizens' communities of practice. SageOpen, 9(3), 2158244019867859

Karmita, Arman, & Alwi, Muh Khidri. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap untuk Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan di RS DR. Tadjuddin Chalid Makassar Tahun 2021. Journal of Muslim Community Health, 2(2), 40 – 57.

Kotler, Philip. (2017). Marketing 4.0. New Jersey: Joh Wiley & Sons, Inc

Kotler, Philip. (2022). Marketing Management. Sixteenth Edition. London: Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip. (2008). Strategic Marketing for Health Care Organizations. New Jersey: Joh Wiley & Sons, Inc.

Leonida, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Rumah Sakit dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Jasa Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie di Kota Pontianak. Bisma, 5(6), 1293 – 1303.

Maulana, A., & Ayuningtyas, D. (2023). The Influence of Hospital Brand Image on Patient's Decision to Choose Hospital: Literature Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 9(3), 80 – 85.

Nurliyah, Rahmadani, Suci, & Rosmanely. (2023). Hubungan Brand Image dengan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Kesehatan Unit Rawat Inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 96 – 104.

Özdemir, H. F., Toraman, Ç., & Kutlu, Ö. (2019). The use of polychoric and Pearson correlation matrices in the determination of construct validity of Likert type scales. Turkish Journal of Education, 8(3), 180-195.

Pradhini, Aryuningtyas Jiwa, Widiyanti, Marlina, Shihab, Muchsin Saggaff, & Rosa, Aslamia. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan pasien pada Rumah Sakit Hermina Palembang. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1676 – 1682.

Schmidt, A. F., & Finan, C. (2018). Linear regression and the normality assumption. Journal of clinical epidemiology, 98, 146-151.

Sitorus, Sunday Ade Sitorus. (2020). Brand Marketing: The Art of Branding. Bandung: Media Sains Indonesia.

Windereis, C. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pasien Berobat pada Rumah Sakit Bina Kasih Pekanbaru. Journal in Management and Entrepreneurship, 1(1), 36 – 44.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i3.30023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo