PENGARUH PEMASARAN ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK PADA PELANGGAN SASHOP GORONTALO (STUDI KASUS PADA TOKO SASHOP GORONTALO)

Irmawaty R. Djuba, Raflin Hinelo, Djoko Lesmanan Radji

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh Pemasaran Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik pada Pelanggan Sashop Gorontalo (Studi Kasus pada Toko Sashop Gorontalo). Teknik pengambilan sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan Probability Sampling Methods, jumlah sampel yang diambil dalam penelitian menggunakan rumus chocran yaitu sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi yakni pelanggan yang melakukan pembelian di Toko Sashop Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu regresi linier sederhana. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS 26. Berdasarkan penelitian hasil uji analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa variabel Pemasaran Online berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 70,6%, artinya semakin baik pemasaran online maka akan meningkatkan keputusan pembelian.


Keywords


Pemasaran Online; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alhamid, F. R., Halawiyah, M., Cholimah, A. N., & Hanifah, N. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mixue di Kota Jayapura. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 153–163. https://doi.org/10.55606/jebaku.v3i3.2865

Azizah, F., Samhudi, A., & Wicaksono, T. (2021). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Y.O.U di Toko Nurul Martapura. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 05(3), 1–14.

Bordens, & Abbott. (2009). Research Design and Methods. In Listening in the Language Classroom. https://doi.org/10.1017/cbo9780511575945.009

Fahmeyzan, Soraya, & Etmy. (2018). Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi Dengan Menggunakan Skewness Dan Kurtosis. 2(1).

Faozi, I., & Handayani, S. (2019). Analisa Keputusan Pembelian Yang Dipengaruhi Harga Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pada Pt Bina Pertiwi Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 47, 44–52. https://ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/JEMA/article/view/354

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911

Mardiatmoko. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda ( Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda [ Canarium Indicum L .]) The Importance of the Classical Assumption Test in Multiple Linear Regression Analysis ( A Case Study of. 14(3), 333–342.

Munandar. (2020). Metodologi Penelitian (Issue 1).

Nugraha, J., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Fathihani, Johannes, R., Kristia, Batin, M., Jati Lestari, W., & Khatimah, HusnilFatima Beribe, M. (2021). Perilaku Perilaku Konsumen Teori.

Nurani, & Briliani, W. (2020). Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmetik Area DC Kediri. Jurnal Benefit, 7(1), 14–31.

Rahmi, A., & Yogia, M. A. (2019). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dikalangan Mahasiswa ( Study Kasus Mahasiswa Fisipol Universitas Islam Riau ). Jurnal Valuta, 1(1), 149–172.

Saputra, S. (2021). Pengaruh Pemasaran online terhadap Keputusan Pembelian dalam Peningkatan Penjualan Mobil Bekas pada Showroom Auto Class Prasada Kota Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/

Sekaran. (2018). Research Methods For Business. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1).

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi Metode R&D (A. Nuryanto (ed.); Edisi 3, C). Bandung : Alfabeta, 2009.

Surya, O. (2020). Pengaruh Product dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Kukki Deli Dengan Pemasaran Online Sebagai Variabel Mediasi. Management and Sustainable Development Journal, 2(2), 87–98. https://doi.org/10.46229/msdj.v2i2.189

Wahyudi, R. (2022). Pengaruh Iklan Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Padagames Online Mobile Legends. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 563–578. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.64

Wandayana, A. B. (2019). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. CCIT Journal, 5(2), 174–185. https://doi.org/10.33050/ccit.v5i2.149




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v8i1.31760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo