PENGARUH CELEBRITY ENDORSE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE SEDAAP (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PRODUK MIE SEDAAP DI KOTA GORONTALO)

Nurain S. Umar, Tineke Wolok, Djoko Lesmana Radji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh celebrity endorse dan brand image terhadap keputusan pembelian produk mie Sedaap di kota Gorontalo. Teknik pengambilan sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui angket kepada konsumen produk mie Sedaap di kota Gorontalo. Pengujian analisis menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, celebrity endorse tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mie Sedaap, yang menunjukkan bahwa meskipun selebriti dapat menarik perhatian konsumen, Brand image memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, mengindikasikan bahwa citra merek yang positif, yang terbentuk dari kualitas produk dan memainkan peran yang lebih besar dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli produk Mie Sedaap. Sedangkan secara simultan, baik celebrity endorse maupun brand image berpengaruh. Gabungan antara citra merek yang positif dan pengaruh selebriti dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Gabungan antara citra merek yang positif dan pengaruh selebriti dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Dengan koefisien determinasi sebesar 0,097 %. Atau 9,7%. Sedangkan sebesar 0,903 atau 90,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.


Keywords


Dukungan Selebriti; Citra Merek; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agrawal, J., & Kamakura, W. A. (2014). he Match-Up Hypothesis Revisited: The Role of Celebrity-Endorsement Match in Consumer Perceptions. Journal of Advertising.

Anizir, A., & Wahyuni, R. (2017). Pengaruh social media marketing terhadap brand image perguruan tinggi swasta di Kota Serang. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 3(2).

Asir, M., Puspitasari, D., Wahab, A., Anwar, M. A., & Mere, K. (2023). Purchasing Decisions : Literature Review Efektivitas Penggunaan Celebrity Endorse Terhadap Perilaku Konsumen Dan Keputuan Pembelian Produk : Literature Review. 4(2), 1790–1801.

Educatibility, M. M. (n.d.). Jampel, Nyoman. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Singaraja: Undiksha. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajement. Bandung: Alfabeta. Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Undiksha.

EduNitas Being Successful is Easy. (2023). https://edunitas.com/

Ermawati. (2022). Pengaruh duta merek nct dream dan brand image terhadap niat pembelian produk mie instan berposisi sehat lemonilo.

Ghozali, I. (2016). Desain penelitian kuantitatif dan kualitatif: untuk akuntansi, bisnis, dan ilmu sosial lainnya.

Hartanto, E. (2023). PENGARUH BRAND TRUST DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU ULTRA MILK DAERAH. April.

Hidayati, F. A. (2022). Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Konsumen Kopi Kekinian Terhadap Minat Beli Kopi Kekinian Yang Telah Memiliki Sertifikasi Halal At-Taradhi : Jurnal Studi Ekonomi Volume XII Nomor 1 , Juni 2021 Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Konsumen Kopi Kekinian Terhadap Minat Beli Kopi Kekinian Yang Telah Memiliki Sertifikasi Halal Prayudi Setiawan Prabowo

Hudani, A. (2015). Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi Pengaruh faktor budaya , faktor sosial , dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian. 1(2), 99–107.

Indrijani Naksir, Wolok, T. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian DKI Martabak Mini Kota Gorontalo. Jurnal ilmiah manajemen dan bisnis, jambura: Vol 5. No 1.

Iskandar, I. (2023). THE INFLUENCE OF THE ASEAN ECONOMIC COMMUNITY PERCEPTION ON THE EXPORT INTENTIONS OF MICRO , SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES. 11(2), 1–20. https://doi.org/10.37335/ijek.v11i2.193

Juli, N., Pada, S., Prodi, M., Angkatan, M., Bhayangkara, U., & Estiawan, B. Y. (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth , Saluran Distribusi , Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Pada Produk Mie Sedaap. 2(7), 820–829.

Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. (2019). Pengaruh Celebrity Endorse Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. 8(1), 44–54.

Karamoy, T. S. (2022). Pengaruh celebrity endorse dan brand image terhadap keputusan pembelian kosmetik maybelline di kota manado. 2(1), 44–55.

Keller, K. L. (2016). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th ed.). Pearson.

Kolinug, M. S., Mananeke, L., Tampenawas, J. L. A., Brand, P., Dan, A., Image, B., & Keputusan, T. (n.d.). PEMBELIAN KOSMETIK REVLON ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAM RATULANGI ) THE EFFECT OF AMBASSADOR BRAND AND BRAND IMAGE ON REVLON COSMETIC PURCHASE DECISION ( CASE STUDY ON SAM RATULANGI UNIVERSITY STUDENTS ) Jurnal EMBA Vol . 10 No . 3 Hal . 101 - 111. 10(3), 101–111.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran New Jersey: Pearson Pretice Hall. Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, New Jersey: Pearson Pretice Hall. Inc.

Lee, M., & Choi, J. (2018). Celebrity Endorsement and Consumer Behavior: The Role of Match-Up. Journal of Business Research.

Liyono, A. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE , ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( E- WOM ) DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM GALON CRYSTALLINE PADA PT . PANCARAN KASIH ABADI. 3(1), 73–91.

Park, C. W., Jaworski, B. J., & MacInnis, D. J. (2013). Strategic Brand Concept-Image Management. Journal of Marketing, 50(4), 135-145.

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE. 11(1), 32–46.

Regista Fabunga Ahmad dan Nurul Azizah. (2021). PERAN SIKAP PADA IKLAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI PRODUK MIE SEDAAP GORENG KOREAN SPICY CHICKEN. 2(2), 300–315.

Rosita, D. (2021). Pengaruh Celebrity Endorse dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. 04(September), 494–505.

Roy, S. & Khusro, S. (2018). The Influence of Celebrity Endorsements on Consumer Perceptions: A Focus on Belief Theory.

Ruslin Karim, Wolok, T. (2020). Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online di kalangan mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri gorontalo. Jurnal ilmiah manajemen dan bisnis , jambura: Vol 3. No 2.

Sahli, A. R. (2019). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas yang dimediasi kepuasan pelanggan goride jakarta. 6–21.

Santi, R., Hutagaol, R., Safrin, F. A., Utara, U. S., Utara, S., & Image, B. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SCARLETT. 1(7), 761–772.

Setiawan1, C. F., , Dr. Sri Aliami, M. M. ., & , Poniran Yudho Leksono, M. . (2021). Implementasi tactic pada produk bolu kering mak plengeh : kajian submodel triangle. 1632–1638.

Sintiana, Rasyid, A., & Uloli, H. (2023). Pengendalian persediaan di pt. Awet sarana sukses menggunakan metode abc dan eoq. 3(2), 18–25.

Siswanto, A., Ahwan, Z., & Pasuruan, U. Y. (2024). Politik Hiburan Dalam Pemilu : Perolehan Suara Komeng Pada Pemilu. 9(1).

Situmorang, F. (2019). Pengaruh Brand image Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Handbody Shinzui (Studi Kasus Pada Mahasiswi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi. 1–36.

Srinivasan, R. & Rani, M. (2020). Celebrity Endorsement and Its Impact on Consumers’ Buying Behavior in an Emerging Economy.

Sugiyono, P. (2017). Metode Penelitian.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode Peneliian. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. survei awal di PT. AWET SARANA SUKSES. (n.d.).

Suryani, A. (2016). PENGARUH CELEBRITY ENDORSE , BRAND IMAGE DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PEMBERSIH WAJAH MEN ’ S BIORE Kadek Ayu Dwi Sudias Kumala Sukma 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia

Susanto, A. (n.d.). THE TEACHING OF VOCABULARY : A PERSPECTIVE. 182–191.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif.

Trisakti. (2024). PENGARUH STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP BRAND. 4(2), 1–12.

Tumbel, A. ., Nggilu, M., & Djemly, W. . (2019). PENGARUH VIRAL MARKETING , CELEBRITY ENDORSE , DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GEPREK BENSU MANADO THE INFLUENCE OF VIRAL MARKETING , CELEBRITY ENDORSE , AND BRAND AWARENESS. 7(3), 2691–2700.

Wahyu Nurbayzura, U. S. (2024). Pengaruh Promosi dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Susu UHT Indomilk (Studi pada Konsumen Susu UHT Indomilk di Surabaya). 6, 4030–4039. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4151

Wijayanti, R. F., E, T. Y., Budiarti, L., & Pribadi, J. D. (2023). J-MACC PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN SEBAGAI PENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE J-MACC. 6(2).




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v8i1.31885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo