TRANSFORMASI DIGITAL DI INDUSTRI KECANTIKAN: DAMPAK FITUR DAN LAYANAN APLIKASI KECANTIKAN TERHADAP E-SATISFACTION

Fahmi Assidiq, Hanifah Rizka Nur Haliza

Abstract


Di era globalisasi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak signifikan terhadap industri Perdagangan digital, termasuk sektor perawatan kulit dan produk kecantikan. Aplikasi SOCO by Sociolla muncul sebagai platform berdagang produk kecantikan terkemuka di Indonesia, yang menawarkan berbagai layanan mulai dari belanja produk hingga ulasan mengenai produk yang dipilih pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fitur dan kualitas layanan yang ditawarkan oleh aplikasi SOCO by Sociolla terhadap kepuasan pengguna .Di industri perdagangan digital kecantikan yang terus berkembang pesat, kualitas fitur dan layanan sebuah aplikasi menjadi faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Berbagai studi menunjukkan bahwa pengalaman pengguna dalam mengakses aplikasi, kemudahan transaksi, keamanan, dan kecepatan respon sangat menentukan loyalitas pengguna pada platform digital. Namun, pada sisi lain, tantangan yang sering dihadapi oleh aplikasi sejenis adalah terkait masalah teknis yang dapat mengganggu pengalaman berbelanja, seperti kecepatan loading, stabilitas aplikasi, serta keakuratan informasi produk. Analisis ini diharapkan dapat membantu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan dan loyalitas pengguna serta memberikan rekomendasi bagi pengembangan strategi bisnis Aplikasi berdagang kecantikan di masa mendatang.


Keywords


Perdagangan digital produk kecantikan; SOCO by Sociolla; kepuasan pengguna; kualitas layanan

Full Text:

PDF

References


Abrilia, N. D., & Tri, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.

Anderson, R. E., & Srinivasan, S. S. (2003). E-Satisfaction and E-Loyalty: A Contingency Framework. Psychology and Marketing, 20(2), 123–138. https://doi.org/10.1002/mar.10063

Asyifah, A., Syafi’i, A., Hanipah, H., & Ispiyani, S. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Commerce Untuk Peningkatan Penjualan Online. Action Research Literate, 7(10), 70–75. https://doi.org/10.46799/arl.v7i10.188

Chaniago, H., Muharam, H., & Efawati, Y. (2023). Metode Riset Bisnis Dan Permodelan (Vol. 1). https://digilib.polban.ac.id/files/disk1/311/jbptppolban-gdl-harmonchan-15510-1-metoder-n.pdf

Cheung, C. M. K., & Thadani, D. R. (2012). The impact of electronic word-of-mouth communication: A literature analysis and integrative model. Decision Support Systems, 54(1), 461–470. https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.06.008

Danish, Hassan, S. T., Baloch, M. A., Mahmood, N., & Zhang, J. (2019). Linking economic growth and ecological footprint through human capital and biocapacity. Sustainable Cities and Society, 47, 101516. https://doi.org/10.1016/j.scs.2019.101516

Dennisa, E. A., Santoso, S. B., & Manajemen, J. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Dewi, N. K., Irawan, B. H., Fitry, E., & Putra, A. S. (2021). Konsep Aplikasi E-Dakwah Untuk Generasi Milenial Jakarta. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 5(2), 26–33.

Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., & Danks, N. P., & Ray, S. (2021). (2021). Review of Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. In Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal (Vol. 30, Issue 1). https://doi.org/10.1080/10705511.2022.2108813

Hardiyanto, M. R. P., Pahlevi, G., & Nugroho, M. F. (2023). Pengaruh Fitur-Fitur Aplikasi Duolingo Terhadap Popularitasnya. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 3(1), 23–28. https://doi.org/10.20885/snati.v3i1.28

Huang, Z., & Benyoucef, M. (2013). From e-commerce to social commerce: A close look at design features. Electronic Commerce Research and Applications, 12(4), 246–259. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2012.12.003

Ighomereho, S. O., Ojo, A. A., Omoyele, S. O., & Olabode, S. O. (2022). From Service Quality to E-Service Quality: Measurement, Dimensions and Model. December. https://doi.org/10.48550/arXiv.2205.00055

Kartika, N. E. (2020). Fitur Aplikasi Gojek Favorit Konsumen Pada Saat Pandemi COVID-19 Di Kota Bandung. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1680–1695. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2922

Khotijah, S. N., Mawardi, M. C., & Hidayati, I. (2023). Pengaruh Keamanan, Kenyamanan, Kualitas Layanan Dan Fitur Aplikasi Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah. El-Aswaq, 4(02), 541–551. https://doi.org/10.31106/laswq.v4i02.25795

Khusna, K. M., & Khoiriawati, N. (2023). Pengaruh Fitur Layanan, Kemudahan dan Efisiensi terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Muamalat DIN. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2749–2766. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.3625

Ladhari, R., Souiden, N., & Dufour, B. (2017). The role of emotions in utilitarian service settings: The effects of emotional satisfaction on product perception and behavioral intentions. Journal of Retailing and Consumer Services, 34, 10–18. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.09.005

McCole, P. (2004). Refocusing marketing to reflect practice. Marketing Intelligence & Planning, 22(5), 531–539. https://doi.org/10.1108/02634500410551914

Nurvitasari, E., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Grab (Studi Pada Pengguna Aplikasi Grab Fitur Grabfood). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1472–1481. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1472-1481

Patmalasari, D., & Indriyanti, A. D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi MyTelkomsel dengan Menggunakan Model UTAUT. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 02(02), 37–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/39559/34526

Priandika, A. T., & Setiawansyah. (2023). Digitalisasi Aplikasi Keuangan Untuk Koperasi pada Dinas UMKM Provinsi Lampung. Jurnal Abdimas Teknologi Informasi Dan Digitalisasi (JATI-DIG), 1(1), 17–23.

Putri, F. A. P., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik di Aplikasi Soco. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 449–460. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i2.329

Rahman, D. (2024). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E- SATISFACTION (STUDI PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI BANDUNG).

Rozi, F. F., Rachma, N., & Mustapita, A. F. (2023). Pengaruh Price, Online Customer Review, Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Beauty E-commerce SOCO by Sociolla (Studi Kasus Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan 2019). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(01), 1361–1373.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2002). Service quality delivery through web sites: A critical review of extant knowledge. Journal of the Academy of Marketing Science, 30(4), 362–375. https://doi.org/10.1177/009207002236911




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v8i1.32002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo