FAKTOR PENGGUNAAN PAYMENT LATER E-COMMERCE PADA PENGGUNA PAYMENT LATER DI KOTA REMBANG

Herlina Dian Anjani, Ira Setiawati, Rita Meiriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Pengaruh Literasi Keuangan Dan Risiko Terhadap Penggunaan Payment Later E-Commerce Dengan Self Control Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Payment Later Di Kota Rembang). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data pada penelitian ini sebanyak 392 responden. Penentuan besarnya sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS versi 3. Teknik analisis data yang digunakan model persamaan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan variabel Literasi Keuangan berpengaruh positif terhadap Penggunaan Payment Later E-Commerce, Risiko tidak berpengaruh terhadap Penggunaan Payment Later E-Commerce, Literasi keuangan berpengaruh positif terhadap Self Control, Risiko berpengaruh positif terhadap Self Control, Self Control berpengaruh positif terhadap Penggunaan Payment Later E-Commerce, Self Control dapat memediasi Literasi keuangan berpengaruh positifuterhadap Penggunaan Payment Later E-Commerce Pada Pengguna Payment Later Di Kota Rembang, Self Control dapat memediasi Risiko berpengaruh positif terhadap Penggunaan Payment Later E-Commerce Pada Pengguna Payment Later Di Kota Rembang.

Keywords


Literasi Keuangan; Risiko; Penggunaan Pembayaran Nanti; Pengendalian diri

Full Text:

PDF

References


Akbar, R. (2023). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Resiko Dan Promosi, terhadapKeputusan Penggunaan Shopee Paylater Di Solo Raya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 279–289.

Bayu, N., & Sarah, S.A. (2020). Konsep Dan Perbandingan Buy Now, Pay Later Dengan Kredit Perbankan Di Indonesia: Sebuah Keniscayaan Di Era Pengaruh Pemahaman Literasi Keuangan, Manfaat, Dan Kualitas Layanan Bagi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Minat Untuk Menggunakan Paylater, Dian Rachmah, 2023 Page 51 Digital Dan Teknologi. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 9(2), 183.

Hutajulu, S. D., & Padjadjaran, U. (2024). Pengaruh Financial Literacy dan Self Control terhadap Financial Behavior Pengguna Aplikasi E-Wallet. Jurnal Manajemen Bisnis Era Digital, 1(3), 225–254.

Luis, L., & Nuryasman, M. N. (2020). Pengaruh Pengendalian Diri, Literasi Serta Perilaku Keuangan Terhadap Kesejahteraan Keuangan. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 994-1004.

Khedmatgozar, Hamid Reza, And Arezoo Shahnazi. 2018. “The Role Of Dimensions Of Perceived Risk In Adoption Of Corporate Internet Banking By Pelanggans In Iran.” Electronic Commerce Research 18, No. 2: 389–412.

Maghfiroh, E. L., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Life Style, Financial Attitude Dan Self-Control Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 7(1), 99–114. https://doi.org/10.25139/jiabi.v7i1.5812

Maulida, E. R., Munandar, E., & Nurochani, N. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sistem Pembayaran Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Kabupaten Ciamis Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(1), 399–410.

Ningsih, M. C., Woestho, C., & Kurniawan, D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Manfaat Paylater Dan Pendapatan Generasi Z Terhadap Minat Penggunaan Paylater Di Platfrom Shopee Pada Kecamatan Tambun Selatan. JURNAL ECONOMINA, 2(11), 3218–3231.

Pera Dwiwansi, Endah Dewi Purnamasari, & Shafiera Lazuarni. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Financial Experience Generasi Milenial Terhadap Penggunaan Paylater Pada E-Commerce. EKONOMIKA45 : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 10(2), 48–58. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i2.781

Prasetya, A. N. E. (2023). Analisis Adanya Pay Later Dalam Marketplace Terhadap Daya Beli Masyarakat. Jurnal Revenue, 3(2), 593–601.

Putri, N. M. E., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Self Control dan Financial Attitude terhadap Financial Management Behavior pengguna Layanan Buy Now Pay Later. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 21(1), 60. https://doi.org/10.19184/jeam.v21i1.30594

Restike, K. P., Presasti, D., Fitriani, D. I., & Ciptani, M. K. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Pembelian Impulsif, Dan Gaya Hidup Terhadap Penggunaan Shopee Paylater Gen Z. Jurnal Akuntansi Bisnis, 22(1), 100–113. https://doi.org/10.24167/jab.v22i1.11609

Risukmasari, R. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berbelanja Konsumen Pada Penggunaan Fitur Shopee Pay Later. Jurnal Sosial Teknologi, 4(2), 101–108. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i2.1150

Rochaniah, Y., & Sari, R. C. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Digital, Penghasilan Dan Gender Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ecommerce. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 9(6), 1–20.

Schiffman Dan Kanuk. (2016). Perilaku Konsumen. Pt. Indeks : Jakarta.

Shafitri, F. N., Syifa, N., Garneta, N. A., & Arief, M. I. (2023). Konsep Transaksi Paylater E-Commerce Dalam Hukum. Jurnal Religion, 1(4), 43–56.

Sholehah, S. E., & Amaniyah, E. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Risiko Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dengan Penggunaan Fintech Payment (Paylater) Pada Shopee Sebagai Variabel Intervening. Competence : Journal of Management Studies, 18(1), 79–97.

Stevan, M., Zidan, M., Alhaadiy Faneri, M., Maulana, A., & Ayu Nofirda, F. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Sistem Paylater pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1970–1974.

Wijayanti, M., Rohaeni, H., Mukarromah, A., & Yunita, T. (2022). The Influence Of Financial Literature, Benefits, Easy And Income On Interest In Using Shopee Paylater (Study On Milenial Generation, Bekasi Regency). International Journal Of Education, Information Technology, And Others, 5(2), 389-399.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v8i1.32020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo