PENGARUH SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY PADA TRANKSAKSI SHOPEE INDONESIA

Nico Dwi Junior, Nurul Sriminarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh online customer review, online customer rating, dan potongan harga terhadap minat beli konsumen melalui sistem pembayaran Cash on Delivery (COD) pada platform Shopee di Indonesia. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, melibatkan 160 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen, yaitu online customer review, online customer rating, dan potongan harga, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Online customer review berperan penting dalam membangun kepercayaan konsumen, sementara online customer rating memberikan gambaran kualitas produk yang mempengaruhi keputusan pembelian. Potongan harga terbukti menjadi daya tarik tambahan yang mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi strategi digital marketing yang berfokus pada ulasan pelanggan, sistem rating, dan promosi harga untuk meningkatkan daya saing di pasar e-commerce.

Keywords


Online customer review; Online customer rating; Potongan harga; Minat beli; Cash on Delivery (COD)

Full Text:

PDF

References


Aini, N., Ningsih, L. S. R., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee di PPP Al – Istiqomah Cukir). BIMA : Journal of Business and Innovation Management. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:268337479

Aji, M., Nurlenawati, N., Triadinda, D., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Buana Perjuangan Karawang, U. (2023). The Influence Of Online Customer Review And Customer Rating On Interest In Buying Fashion Products On The Shopee Platform (Study On Management Students At University Buana Perjuangan Karawang) Pengaruh Online Customer Review Dan Customer Rating Terhadap M. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 9373–9392. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Alvi Herzegovino Sianipar, F., & Dra Hj Yoestini, E. (2021). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI ONLINE MARKETPLACE (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Ardianti, A. N., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee.(Studi pada mahasiswa aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 55–66.

Atrizka, D., & Pratama, I. (2022). The Influence of Organizational Leadership and Coaches on Indonesian Athletes’ Adversity Quotient (Intelligence). In Revista de Psicologia del Deporte (Vol. 31, Issue 1, pp. 88–97).

Brilianita, S., & Sulistyowati, R. (2023). Affiliate Marketing terhadap Minat Beli Mahasiswa di TikTok Shop. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.26740/jpeka.v7n2.p157-167

Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2), A614–A619.

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.21-26.

Gabriela, Yoshua, & Mulyandi, M. R. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Pelanggan E-Commerce. Jurnal Jempper : Jurnal Ekonomi, Manajemen Parawisata Dan Perhotelan, 1(1), 121–125.

Hasan, A., & Reza, T. S. (2021). Analisis Penerapan Sistem Pembayaran Cash on Delivery (Cod) Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Aplikasi Marketplace Toko Deals of the Day. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 114–118. http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI

Hasim, M., & Lestari, R. B. (2022). Pengaruh Potongan Harga, Motivasi Belanja Hedonis, E-WOM Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Impulse Buying Di Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 12(1), 59–69.

Hermansyah, T., & Qolbi, N. (2023). Pengaruh Pembayaran Cod ( Cash on Delivery ) Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce Shopee. Al-Amal, 2(1), 35–42.

Ichsan, M., Jumhur, H. M., & Dharmoputra, S. (2018). Effect of Consumer Online Rating and Review To Buying Interest on Tokopedia Marketplace Region Dki Jakarta. E-Proceeding of Management, 5(2), 1828–1835.

Infante, A., & Mardikaningsih, R. (2022). The Potential of Social Media as a Means of Online Business Promotion. Journal of Social Science Studies (JOS3), 2(2), 45–49. https://doi.org/10.56348/jos3.v2i2.26

Jackson, Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan,Potongan Harga Terhadap Minat Beli dan Keputusan Penggunaan Aplikasi Belanja Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA, 9(3), 1402–1412.

Komariyah, D. I. (2022). Pengaruh Online Customer Riview dan Rating Terhadap Minat Pembelian Online Shopee (Studi Kasus Pada Santri Putri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang). BIMA: Journal of Business and Innovation Management, 4(2), 343–358.

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh online costumer review dan customer rating terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 5(3), 139–154.

Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Area, U. M. (2022). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis ( JIMBI ) Pengaruh Digital Marketing Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Program Studi Manajamen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Di Platform Belanja Shopee The Influence of Digital Mark. 3(2), 130–135. https://doi.org/10.31289/jimbi.v3i2.1278

Mawa, S. F., & Cahyadi, I. F. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli di Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2017). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(2), 253. https://doi.org/10.21043/bisnis.v9i2.11901

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9, 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Mulyono, H. (2021). Online Customer Review and Online Customer Rating on Purchase Intention in Online Shop. 8(January), 169–174.

Munte, N., Girsang, R., & S. A. (2020). Munte, N., Girsang, R., & Safitri, A.(2020). Pengaruh Online Consumer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Marketplace Shopee. Jurnal Education and Development, 8(3), 187–192.

Nandy. (2023). Pendiri Shopee dan Kisah Perjalanan Karirnya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/pendiri-shopee/

Palullungan, F., Soegoto, A. S., & Rogi, M. H. R. (2023). Pengaruh Content Marketing, Sistem Cash on Delivery (Cod) Dan Online Costumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Tiktok Shop Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 1169–1178. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.52320

Priangga, I. M. G., & Munawar, F. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE LAZADA (STUDI PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG). Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:269440369

Puspita, I. R., Fadillah, A., & Taqyudin, Y. (2022). Tinjauan Atas Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 2(1), 67–74. https://doi.org/10.37641/jabkes.v2i1.1358

Rahmawati, I., Sa’adah, L., & Amalia, N. (2020). Faktor Diskon, Bonus Pack dan In Store Display serta Pengaruhnya terhadap Pembelan Impulsif. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Riyanjaya, N. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Produk Wardah Di Situs Belanja Online Shopee. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 927–944. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i5.1179

Shahnaz, N. B. F., & Wahyono, W. (2016). Faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen di toko online. Management Analysis Journal, 5(4).

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Sutanto, I. L., & Nirawati, L. (2023). Pengaruh Media Sosial Dan Potongan Harga (Diskon) Terhadap Minat Beli Produk Roughneck Di Shopee. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(1), 49–58. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i1.2031

Themba, O. S., & Romadhoni, B. (2023). Strategi Meningkatkan Minat Beli Konsumen Melalui Social Marketing, Endorserment Selebgram dan Potongan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 653–662. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3305




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v8i1.32021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo