ANALISIS SENTIMEN TIKTOK TERHADAP COFFEE SHOP X DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DIGITAL

Rafa Rizqullah Datau, Dhani Ichsanuddin Nur, Ferdiansyah Juliputra, Albertus Eka Putra Haryanto, Indra Nur Fauzi

Abstract


Studi ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pengaruh eksposur digital terhadap persepsi konsumen dan performa bisnis di sektor F&B lokal, yang responsif terhadap dinamika media sosial. Penelitian ini menganalisis sentimen publik terhadap Coffee shop X di platform TikTok, sehingga diperoleh gambaran hal positif dan negatif di Coffee shop X pada periode Januari–Maret 2025. Data komentar pada TikTok terhadap Coffee shop X dikumpulkan melalui web scraping dan tren pencarian diperoleh dari Google Trends. Analisis sentimen dilakukan menggunakan model IndoBERT, yang mengklasifikasikan komentar ke dalam kategori positif, netral, dan negatif, dengan validasi melalui 5-Fold Cross Validation. Hasil menunjukkan dominasi sentimen positif sebesar 48,5%, diikuti negatif 36,03%, dan netral 15,44%, dengan akurasi model tertinggi 85,71%. Terdapat fluktuasi pada pencarian melalui Google Trends, di mana terdapat kecenderungan peningkatan pencarian pada bulan Februari menuju bulan Maret 2025. Sentimen positif didominasi oleh kepuasan terhadap rasa minuman (63%). Sentimen negatif didominaasi dengan kritikan harga yang tinggi (72%). Sehingga diharapkan pada Coffee shop X dapat memperhatikan dan meninjau ulang harga yang ditawarkan untuk mengatasi sentimen negatif, Coffee shop X dapat menerapkan promosi diskon atau paket hemat serta meningkatkan konsistensi kualitas produk dan layanan. Temuan ini memberikan wawasan untuk pemasaran digital yang terarah guna memperkuat citra merek dan kepuasan pelanggan di sektor F&B lokal.

Keywords


Analisis Sentimen; Google Trends; Pemasaran Digital; K-Fold Cross Validation

Full Text:

PDF

References


Abdussalam, F., Fitriadi, W, B., Arif, A. (2024). Pengaruh Desain Interior Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen Coffee Shop Loger). JURNAL EMBA, 1 (2).Arafat, M. D., Kusumadewi, S., & Ratnasari, C. I. (2025). Pengolahan Bahasa Alami Untuk Anamnesis Penyakit Pada Anak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3263–3271. Https://Jurnalunived.Com/Index.Php/EMBA/Article/View/545

Central University Accra, Ghana, Amoako, G. K., Okpattah, B. K., Lancaster University Ghana Campus, Ghana, Arthur, E., & Central University Accra, Ghana. (2019). The Impact Of Social Media Marketing On Brand Equity—A Perspective Of The Telecommunication Industry In Ghana. Journal Of Business & Retail Management Research, 13(03). Https://Doi.Org/10.24052/JBRMR/V13IS03/ART-11

Chandel, S. S., & Kamble, G. (2025). INVESTIGATING THE RELATIONSHIP BETWEEN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PRACTICES AND HOTEL PERFORMANCE IN MUMBAI REGION.

Choi, H., & Varian, H. (2012). Predicting The Present With Google Trends. Economic Record, 88(S1), 2–9. Https://Doi.Org/10.1111/J.1475-4932.2012.00809.X

Dewa, R. P., & Tranggono, D. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pit-Stop Kopi KIG Gresik Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Nomosleca, 8(1), 30–45.

Fatio D Situmorang, Reyka Triana Yohana Sidabutar, & Tasya Novi Ardana. (2025). Analisi Pengaruh Aplikasi Tiktok (Tiktok Shop) Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Online Melalui Promosi Influencer. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 67–75. Https://Doi.Org/10.47861/Sammajiva.V3i1.1659

Gombar, M., & Cvitković, M. K. (2025). Cognitive Resonance Theory In Strategic Communication: Understanding Personalization, Emotional Resonance, And Echo Chambers. Oalib, 12(04), 1–24. Https://Doi.Org/10.4236/Oalib.1113171

Koto, F., Rahimi, A., Lau, J. H., & Baldwin, T. (2020). Indolem And Indobert: A Benchmark Dataset And Pre-Trained Language Model For Indonesian NLP (Version 1). Arxiv. Https://Doi.Org/10.48550/ARXIV.2011.00677

Liu, B. (2012). Sentiment Analysis And Opinion Mining. Morgan & Claypool Publishers, 168. Https://Doi.Org/10.2200/S00416ED1V01Y201204HLT016

Rizky, F., Sudiarti, S., & Atika. (2023). Strategi Costumer Relationship Management Dalam Mempertahankan Pelanggan Pada Coffee Shop Grama Sphere. Eco-Fin, 5(3), 247–259. Https://Doi.Org/10.32877/Ef.V5i3.951

Sinaga, S. M (2024). Pengaruh Sentimen Analisis Video Ulasan Komentar, Like, Save, Dan Reply Terhadap Minat Beli Produk Collagen Drink Noera Beauty [Tugas Akhir, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. In Program Studi Sistem Informasi. Http://Hdl.Handle.Net

Xiong, Z., Cui, Y., Liu, Z., Zhao, Y., Hu, M., & Hu, J. (2020). Evaluating Explorative Prediction Power Of Machine Learning Algorithms For Materials Discovery Using K -Fold Forward Cross-Validation. Computational Materials Science, 171, 109203. Https://Doi.Org/10.1016/J.Commatsci.2019.109203

Zannettou, S., Nemes-Nemeth, O., Ayalon, O., Goetzen, A., Gummadi, K. P., Redmiles, E. M., & Roesner, F. (2024). Analyzing User Engagement With Tiktok’s Short Format Video Recommendations Using Data Donations. Proceedings Of The CHI Conference On Human Factors In Computing Systems, 1–16. Https://Doi.Org/10.1145/3613904.3642433




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v8i1.33057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo