PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (SEPEDA MOTOR) PADA KANTOR SAMSAT KOTA GORONTALO

Nasvikran Lukman Rivai, Arifin Tahir, Melan Angriani Asnawi

Abstract


Desain penelitian ini berupa desain penelitian kuantitatif. populasi adalah seluruh pelanggan (masyarakat pengguna jasa layanan) pada kantor Samsat Kota Gorontalo yang terdiridari 48.339 pelanggan. Jumlah sampel 100 orang Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan accidental sampling. Metode penganalisis data menggunakan perhitungan statistic dan program SPSS 16 untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan apakah dapat diterima atau ditolak Berdasarkan kajian teoritik dan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat atau wajib pajak kendaraan di SAMSAT Kota Gorontalo. Hasil koefisien regresi menunjukkan bahwa hipotesis penelitian terbukti dan diterima (H0 ditolak dan Ha diterima), dengan kontribusi variabel kualitas pelayanan untuk mempengaruhi kepuasan masyarakat atau wajib pajak sebesar 63,7%, dan sisanya sebesar 36,3% memungkinkan untuk dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Full Text:

PDF

References


Endarwita. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Tabungan Bank BRI Cabang Simpang Empat. jurnal apresiasi ekonomi volime 1 nomor 3

Fahmi dan Yuniati. 2013. Pengaruh Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Honda Terhadap Citra Perusahaan PT AHM. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 2 No. 12

Haryanto. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Utara. Persepektif, Vol. X. NO 2

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 edisi 12 Jakarta , Salemba Empat

Maulana. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal ekonomi Vol 7, No 2

Panjaitan dan Yuliati. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Jurnal Manajemen. Vol, 11. No 2

Rangkuti. 2015. Riset Pemasaran. Cetakan 12, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Penerbit Alfabeta Bandung

Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Tjiptono. 2008. Manajemen Jasa. Yogyakarta Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v1i1.6999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo