PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI DEMAJOR CAFE KOTA GORONTALO

Nur Ain S. Usman, Andi Yusniar Mendo, Zulfia Abdussamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Di Demajor Cafe Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner pada responden dan dianalisis secara statistik. Pemilihan responden melibatkan pengunjung dari Demajor Cafe Kota Gorontalo yang diketahui sebanyak 96 orang. Hasil penelitian ini memperoleh persamaan regresi yakni Ý=9,364+0,907, yang menjelaskan bahwa jika diferensiasi produk yang ditawarkan di Demajor Cafe Gorontalo mengalami kenaikan 1 point/satuan maka hal tersebut akan meningkatkan nilai kepuasan pelanggan sebesar 0,907 point. Disamping itu nilai R2 sebesar 0,828 menjelaskan bahwa sebesar 82,8% dari diferensiasi produk yang ada di Demajor Cafe Gorontalo mempengaruhi kepuasan pelanggan. Adapun sisanya sebesar 17,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini seperti harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, dan lain sebagainya.

Keywords


Diferensiasi Produk; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri. 2006. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep Dan Strategi. Jakarta: PT.Grafindopersada.

Ashari, Anwar. 2009. Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Motor Honda. Universitas Negeri Semarang.

Covey. 2009. The Four Roles of Leadership. Jakarta: Binarupa Aksara.

Cooper dan Emory. 1996. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Dhamayanti, Shelyani. 2002. Pengaruh diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen Distro pocket twentytwo: Tasikmalaya.

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Griffin. 2003. Customer Loyalty : Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta: Airlangga.

Ghozali. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2009.Marketing. Jakarta: Media Presindo.

Indriantoro dan Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Kedua. Yogyakara: Penerbit BFEE UGM.

Kotler dan Keller. 2009. Marketing Management. Penerjemah Bob

Sabran, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Kotler dan Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler. 2009.Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Terjemahan: Alma. Cetakan kedelapan,Bandung: Alfabeta.

Krama, Novid Wijaya. 2013. Pengaruh strategi diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen hotel Rindu. Sempadan.

Lupiyoadi, Hamadani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Porter, Michael E. 1998. Strategi Bersaing Alih bahasa Sigit Suriyanto . Jakarta : Karisma Publishing Group.

Raharjo. 2007. Cooperative Learning. Jakarta : Bumi Aksara.

Sumarwan,Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Samuel, Adewuyi. 2014. Customer Satisfaction in Fast Food Restaurants in Ibadan Metropolis:Ibadan

Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Kedua.Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi ke dua. Yogyakarta: Andi.

Utami,Karina dkk. 2014. Pengaruh diferensiasi produk terhadap kepuasan pelanggan pengguna Iphone. Universitas Brawijaya Malang.

Walker, et al 2001. Marketing. Edisi ke-12.New York,USA: McGraw-Hill Irwin.

Widiyanto. 2008. Metodologi Penelitian. Semarang: BP Undip

Yudhiarina, Bobby. 2009. Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk, Merk dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen pada Perusahaan Rokok PT. HM. Sampoerna. Jurnal Ichsan Gorontalo. Volume.4.No.2 Edisi Mei- Juli 2009.

Zhao Yang and Harbin, P.R.China. 2015. Analysis on Product Differentiation Strategy and Product Innovation of Travel Agency in China: china


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo