PENGARUH SUASANA TOKO (STORE ATMOSPHERE) DAN PENGALAMAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DISTRO UNGU KOTA TIMUR KOTA GORONTALO

Rahmawati Muharam, Tineke Wolok

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji apakah suasana toko (Store Atmosphere) dan pengalaman pelanggan terhadap keputusan pembelian pada Distro Ungu kota timur. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner pada responden dan dianalisis secara statistik. Pemilihan responden melibatkan konsumen yang sedang berbelanja di Distro Ungu Kota Timur yang diketahui sebanyak 60 oranng Responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) nilai thitung untuk variabel suasana toko sebesar 6,193 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Selanjutnya nilai ttabel sebesar 1,672 jika dibandingkan maka nilai thitung > nilai t tabel . yang artinya secara parsial variabel suasana toko memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Distro Ungu. (2) nilai thitung untuk variabel pengalaman pelanggan sebesar 1,266 dengan nilai signifikansi sebesar 0,211. Selanjutnya nilai ttabel sebesar 1,672 jika dibandingkan maka nilai thitung < nilai t tabel . yang artinya pengalaman pelanggan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Distro Ungu kota timur.

Keywords


Suasana Toko; Pengalaman Pelanggan; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ma’ruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Nofiawaty, Beli Yuliandi (2014) pengaruh suasana toko (Store Atmosphere) terhadap keputusan pembelian konsumen pada outlet Nyenyes Palembang. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya Vol. 12 No.1 Maret 2014.

Recsi Fierdiansya (2016) Pengaruh Experiantial Marketing terhadap keputusan pembelian GO-JEK (Studi Pada Masyarakat Bandung. Jurnal Procededing off applied science Vol.2 No. 3 Desember 2016

Sekaran, Uma. (2000). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tjiptono. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Penerbit Andi Ofset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Ofset.

Vita An’nisa (2016) Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen café little wings Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) Vol.2 No.2 Agustus 2016.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v1i2.7007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo