PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA IKAN SAGELA OLAMITA DI IKM KREATIF GORONTALO

Sri Indrawaty Nune, Yulinda L. Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan; 1) untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap minat beli konsumen pada Ikan Sagela Olamita di IKM Kreatif Gorontalo. 2) untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen pada Ikan Sagela Olamita di IKM Kreatif Gorontalo. 3) untuk mengetahui pengaruh atribut produk dan daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen pada Ikan Sagela Olamita di IKM Kreatif Gorontalo. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa yang pernah membeli Ikan Sagela Olamita. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling, dan menggunakan metode jenis Accidental sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Variabel daya tarik iklan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara simultan menunjukkan bahwa variabel atribut produk dan variabel daya tarik iklan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Nilai regresi linier berganda menghasilkan : Y = 9,589 + 0,380 + 0,129, artinya bahwa semua variabel independen yaitu atribut produk dan daya tarik iklan mempunyai pengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu minat beli. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variable dependen adalah variabel atribut produk (0,380), kemudian variabel daya tarik iklan (0,129). Semua variabel memiliki nilai signifikansi <0,05 , yang artinya bahwa semua variable independen signifikan terhadap variabel dependen. Dan nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,574. Hal ini berarti 57,4 % minat beli dipengaruhi oleh variabel atribut produk dan daya tarik iklan. Sedangkan 42,6 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti seperti Harga, kepercayaan, Citra Merek dan lain-lain.

Keywords


Atribut Produk; Daya Tarik Iklan; Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Assael, Henry. 2001. “Consumer Behavior and Marketing Action”. Malang: Boston Thomson & Learning.

Baack, D.W., dan Till D.B. 2005. “Recall and Persuasion: Does Creative Advertising Matter?” Journal of Marketing. Vol. 34, No. 3,

Durianto, Darmadi, Cicilia Liana. 2004. “Analisis Efektifitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan menggunakan Consumer Decision Model”. Vol.11, No. 1, Maret.

Fandos, Carmina & Flavia’n, Carlos. 2006. “Intrinsic and Extrinsic Quality Attributes, Loyalty and Buying intention: an Analysis for a PDO Product”. Journal of British Food, Journal.

Ferdinand, Augusty. 2006. “Metode Penelitian Manajemen”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hlm 32

Fitragusi, Vina prasa. 2014. “Analisis Deskriptif Perilaku Kewirausahaan Pada Pengusaha Industri Mochi Di Kota Suka Bumi”. Jurnal Penelitian. Universitas Pendidikan Indonesia.

Indriarto, Fidels. 2006. “Studi mengenai Faktor Kekhawatiran dalam Proses penyampaian Pesan Iklan”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 5, No. 3, pp. 248-268.

Jin, Hyun Seung. 2003. “Compounding Consumer Interest Effect Of Advertising Capaign Publicity On The Ability To Recall Subsequent Advertisement”. Journal Of Advertising. Vol. 32, No. 3 Fall.

Keller, Kevin Lane, Susan E, Heckler & Michel J. Houston. 1998. “The Effects Of Brand Name Suggestiveness On Advertising Recall”. Journal Of Marketing Vol. 62 (January 1998).

Kotler, P. 2001. “Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian”. Jakarta:

Salemba Empat.

Kotler, Philip Dan Keller K. L. 2003. “Marketing Management”. PT Indeks. Jakarta: 2003.

Kotler, Philip Dan Keller L Kelvin. 2007. “Manajemen Pemasaran Edisi Ke 12”. Jilid 1 Terjemahan: Benyamin Malon Pt Indeks Kelompok. Jakarta: Gramedia.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2008. “Manajemen Pemasaran”. Edisi ketiga belas. Jakarta: Airlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. “Manajemen Pemasaran”. Edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lamb, Charles W, Joseph F Hair, Carl Mc Daniel. 2001. “Pemasaran”. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Nela K. & Nanang W. 2012. “Pengaruh Persepsi Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Mobil Merek Isuzu Elf Studi Pada PT. Karya Zirang Utama Isuzu semarang”. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, Vol 3 Nomor 1, STIE Totalwin Semarang.

Novian Yuga Pamujo. 2011. “Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran

Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise”. Skripsi. Universitas Diponegoro: Semarang.

Rao, Purba. 1996. “Measuring Consumer Perceptions Throigh Factor Analysis”, The Asian Manager (February-March).

Shimp, A. Terence. 2000. Promosi dan Periklanan. Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Simamora, Bilson. 2002. “Aura merek: 7 langkah membangun merek yang kuat”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum

Situmeang, Ilona V. Oisina. 2013. “Pengaruh Daya Tarik Iklan Televisi Toko Bagus Terhadap Minat Beli (Survey Pada Warga Kompleks Citra Gran Cluster Central Garden, Cibubur)”. Jurnal Komunikologi Volume 10 Nomor 1, Maret 2013

Swasta, Basu dan Irawan. 1990. “Manajemen Pemasaran Modern”. Yogyakarta.: Liberty

Thamrin. 2003. “Riset Pemasaran”. Jakarta: Erlangga

Tjiptono, Fandi. 2008. “Strategi Pemasaran”. Yogyakarta.: Andi.

Triastuti, Rj., dkk. 2012. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen”. Diponegoro Journal Of Management.

Wang, X., and Zhilin, Y. 2008. Does Country-Of-Origin Matter In The

Relationship Between Brand Personality And Purchase Intention In

Emerging Economies?: Evidence From China's Auto Industry. Journal Faculty of Management and Administration, Macau University of Science and Technology, Taipa, Macau, China, 25(4) : 458-474

Wuryanti, Lestari. 2014. “Pengaruh Iklan (Televisi dan Radio) terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Sepeda Motor Merek Honda Di Wilayah Kecamatan Bandar Sribhawono ”. Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, Vol. 3, No. 2, Desember 2014.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v1i2.7020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo

slot online slot gacor slot