PENGARUH KUALITAS PRODUK LISTRIK PRABAYAR DAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT PLN (PERSERO) AREA GORONTALO RAYON TELAGA

Endi Rahman

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini adalah  untuk melihat  apakah  PT PLN (persero) Area Gorontalo Rayon Telaga memperhatikan kualitas produk listrik prabayar dan kinerja karyawan secara bersama-sama memberikan kepuasan kepada pelanggannya.  Sinergi antara produk dan kinerja karyawan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang bersifat kausal, yaitu penelitian yang mengungkapkan permasalahan dan meneliti hubungan atau pengaruh dua variable atau lebih. Sementara penelitian kausal adalah penelitian yang hubungannya bersifat mempengaruhi antara dua variable atau lebih. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta uji regresi berganda, uji korelasi berganda, uji hipotesis dan uji determinasi berganda. Dari hasil analisis melalui penyebaran angket yang diolah menggunakan aplikasi SPSS dapat disimpulkan bahwa kualitas produk listrik prabayar dan kinerja karyawan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang telah dilakukan bahwa kualitas produk listrik prabayar dan kinerja karyawan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT PLN (persero) Area  Gorontalo Rayon Telaga.

Keywords


Kualitas Produk Listrik Prabayar; Kinerja Karyawan; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Hani Handoko. 2002. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusis. Yogyakarta: BPFE

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran-Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Erlangga, Jakarta.

Kotler, philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium 1. Jakarta Prenhailindo.

Kotler, philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium 2. Jakarta Prehailindo.

Kotler, Philip,2005. Manajemen Pemasaran, Jilid I dan Jilid 2, Penerbit PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kwh meter prabayar http://osmondconsulting.wordpress.com/tag/kwh-meter-prabayar/ april 2008.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2, penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Rangkuti, freddy, 2005, Marketing Analysis Made Easy Teknik Analisis Pemasaran Dan Analysis Kasus Menggunakan Excel Dan SPSS, Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama,Jakarta

Riduan,Drs,M.BA, 2008. Metode dan Teknik Menyusun tesis, Alfabeta: Bandung

Umar, Husein, Studi Kelayakan Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.

Zeithhaml, A. Valerie, and Bitner.M.J. 2003.Service Marketing Kentucky : Mc Grawhill.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v1i2.7024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo