PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA RUMAH SAKIT TANI DAN NELAYAN KABUPATEN BOALEMO

Abd. Rahman Pakaya, Agus Hakri Bokingo, Nur Fadila A. Yusuf

Abstract


Populasi dalam penelitian ini adalah Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo berjumlah 500 Responden dan jumlah sampel 88 Pasien Rawat Inap. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling, yaitu semua elemen dalam populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Sedangkan metode pengambilan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling yang merupakan metode pengambilan sampel yang dipilih secara acak dengan memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan dan analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil uji analisis regresi yang menunjukan bahwa nilai signifikan t hitung lebih keci dari alpha dan nilai uji t hitung lebih besar dari t tabel sehingganya H0 ditolak dan H1 diterima atau Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Untuk pengaruh kualitas pelayanan (X) adalah sebesar 0,000 < 0.05 dan t Hitung 7,659 > t tabel 1,664, .Dengan demikian hipotesis uji t  untuk Ha (variabel kualitas pelayanan) berpengaruh. Dengan demikian hipotesis pertama (Ha) dapat dibuktikan atau diterima.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Darmawan Deni dan Kunkun Nur Fauzi. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Cetakan keempat. Bandung: Rosda

Donnni Priansa. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung. Alfabeta

J.supranto. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pasar. Cet.2. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kasmir, (2017). Kewirausahaan. Cetakan kedua belas. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kotler, Philip & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. (Bob sabran. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Nasution, M. Nur. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pohan, S. Imbolo. (2002). Jaminan Mutu Palayanan Kesehatan. Jakarta: Kesaint Blanc

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Manajemen. Cetakan kelima. Bandung. Alfabeta

Tjiptono Fandy dan Diana Anastasia. (2003). Total Quality Management. Edisi revisi. Yogyakarta. Penerbit Andi




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v1i3.7030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo