PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PRODUK PEMBALUT WANITA MEREK SOFTEX (STUDI KASUS PADA KALANGAN MAHASISWI JURUSAN MANAJEMEN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)

Sri Indriyani Lahay, Tineke Wolok

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Pembalut Wanita Merek Softex Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo. Data dalam penelitian ini yakni data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner penelitian kepada para mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian melalui pengujian dengan uji t diperoleh nilai signifikan Tvalue (0.000) < alpha (0.05) dan nilai uji Thitung (12,080) >  Ttabel  (1,9893).  Hal tersebut juga didukung oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,800 atau lebih besar dari skala 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Pembalut Softex di kalangan Mahasiswi Jurusan Manajemen UNG. Selain itu, berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai (R²) sebesar 0,640. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 64% dari variabel bebas (Citra Merek) memiliki kontribusi untuk mempengaruhi Minat Beli Produk Pembalut Softex di kalangan Mahasiswi Jurusan Manajemen UNG. Sedangkan sisanya sebesar 0,36 atau 36% dipengaruhi oleh variabel lain seperti kualitas produk, harga, promosi, dan lain-lain yang tidak dijelaskan dan diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil uji regresi menunjukan bahwa variabel Citra Merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli Produk Pembalut Softex dengan melihat hasil koefisien regresi dimana Thitung lebih besar dari Ttabel, serta besarnya kontribusi variabel Citra Merek dalam mempengaruhi variabel Minat Beli.

Keywords


Citra Merek; Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Ali Hasan. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS. Yogyakarta.

Kotler, P dan Keller L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke-13 Alih Bahasa Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Keller L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid II Edisi ke-13 Alih Bahasa Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Keller L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wolok, Tineke. Green Marketing; Pemasaran & Pembelian. 2019. Gorontalo: Athra Samudera.

Jurnal :

Hakim, Arif Rachman.2017.Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Bimbel Tridaya Bandung.Jurnal Manajemen Universitas Telkom Bandung.Vol.3, No. 2..

Maha. Idris. 2017. Pengaruh Citra Merek Motor Matic Yamaha Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Hasjrat Abadi Motor Divisi Yamaha Cabang Telaga. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Pujadi, Bambang. 2010. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Terhadap Merek (Studi Kasus Merek Pasta Gigi Ciptadent di Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.

Randi. 2016. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Makanan Fast Food Ayam Goreng (Studi Pada Konsumen Texas Chicken Pekanbaru). JOM FISIP, Vol. 3, No. 2.

Seran, Yohanes Petrus. 2016. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Mie Instan “ POP MIE “. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sihombing, Veronica. 2016. Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Steak Ranjang Bandung. Bandung: Universitas Telkom.

Sindapati, Sinatrya. 2015. Pengaruh Iklan dan Brand Image Teh

Botol Sosro Terhadap Minat Beli (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang. Palembang: Universitas Bina Dharma.

Sudrajad, Gilang. 2014. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada Book Store di Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v3i2.7828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo