PENGARUH PRODUCT MIX (BAURAN PRODUK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SMARTPHONE SAMSUNG

Siti Rahmawati Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Product Mix (Bauran Produk) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada pengguna Smartphone Samsung di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, adapula jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari penyebaran kuesioner penelitian. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa product mix atau bauran produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal itu dapat dilihat berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa product mix (bauran produk) smartphone Samsung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada uji koefisien determinasi, diketahui diperoleh nilai R square (R2) sebesar 0,219. Hal ini menjelaskan bahwa sebesar 21,9% dari variabel product mix (bauran produk) yang diterapkan oleh smartphone Samsung memberikan kontribusi untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Keywords


Bauran Produk; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Achmad Buchory, Herry dan Saladin, Djaslim. (2010). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Linda Karya.

Abdurahman, Nana Herdiana (2015).Manajemen Strategi Pemasran, Bandung, CV Pustaka Setia.

Bilson Simamora. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Bloom, Paul N dan Louise N. Boone.(2006). Strategi Pemasaran Produk. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Kotler Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks

Mulyadi Nitisusastro. 2012. Perilaku Konsumen. Alfabeta, Bandung.

Muh. Abdul Rokim, Nawazirul Lubis, dan Andi Wijayanto Universitas Diponegoro. 2013. Pengaruh Harga, Bauran Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Pasaraya Sri Ratu Semarang.

M. Junestrada Diem, Daisy Ade Riany Diem, Universitas Sriwijaya. Pengaruh Bauran Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, Purwakarta.

Mowen, J.C dan M.S. Minor.(2001). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga

Rangkuti, Freddy. (2011). Riset Pemasaran. Cetakan ke 10. Jakarta: Percetakan PT. Gramedia.

Sabda Ramadhan dan Harrie Lutfie Ir., M.M., Universitas Telkom.2016. Pengaruh Bauran Produk dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Chocodot, Bandung.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metode Penelitian.Yogyakarta: C.V Andi Offset

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar.(2007). Perilaku Konsumen.Prentice Hall, Inc.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Edisi Ke Dua Puluh Lima. Alfaberta CV, Bandung.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Sudaryono (2014).Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran, Jakarta, Lentera Ilmu Cendikia.

Sunyoto, Danang (2015). Perilaku Konsumen Dan Pemasaran, Yogyakarta, CAPS.

Wahdi, Mohammad (2011). Riset Pemasaran (Teori dan Aplikasi untuk Pengambilan Keputusan), Yogyakarta, CAPS.

Tjiptono, Fandy. 2003. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v3i2.7829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo