LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN DAMPAKNYA PADA SEMANGAT KERJA PEGAWAI

Robiyati Podungge

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris apakah terdapat pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap semangat kerja pegawai. Penelitian mengambil fokus di Dinas Sosial Provinsi Gorontalo. Penelitian ini melibatkan responden sebanyak 54 orang pegawai. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan dan analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil uji analisis regresi yang menunjukkan bahwa nilai signifikan t hitung lebih kecil dari alpha dan nilai uji t hitung lebih besar dari t tabel sehingganya H0 ditolak dan H1 diterima atau Lingkungan Kerja Fisik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja. Pengaruh lingkungan kerja fisik (X) adalah sebesar 0,000 < 0.05 dan t Hitung 7,339 > t tabel 1,675.  Variabel independen (lingkungan kerja fisik) memberikan kontribusi untuk mempengaruhi variabel dependen (semangat kerja). Adapun sisanya sebesar 0,491 atau sebesar 49,1% berupa faktor lain yang tidak diteliti yang kemungkinan dipengaruhi oleh variabel lain.

Keywords


Lingkungan Kerja Fisik; Semangat Kerja

Full Text:

PDF

References


Alex S. Nitisemito, 2002. Manajemen Personalia, Edisi Ketiga. Jakarta: Ghalia Indonesia

Alex, S Nitisemito, 2008, Manajemen Personalia, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ardana, I Komang, Mujiati, Ni Wayan dan Utama, I Wayan Mudiartha. (2012).

Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Aurella Potu, 2013.Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Lingkungan kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo dan Maluku Utara di Manado. Vol. 1 No 4.

Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru

Diana Khairani, 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kerja Pegawai BAPPEDA. Vol. 2 No.1

Hasibuan, Malayu, SP. 2014. Organisasidan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendri Wijaya, 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin. Vol. 2 No1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo