ANALISIS STRUKTUR MODAL BERDASARKAN PERSPEKTIF PECKING ORDER THEORY

Ariani S. Ahmad, Yayu Isyana D. Pongoliu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal secara parsial dan simultan apabila dianalisis dari perspektif pecking order theory pada perusahaan LQ 45 Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jumlah sampel 90 perusahaan selama 3 tahun (2015- 2017). Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil dalam penelitian ini dari variabel profitabilitas, defisit pendanaan, pertumbuhan perusahaan terhadap variabel struktur modal menunjukan 0,069% atau 69%. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap struktur modal yaitu sebesar 31%. Besarnya pengaruh dari kedua variabel bebas profitabilitas (ROE) dan variabel defisit pendanaan (DEF) berpengaruh positif terhadap variabel terikat, struktur model (DER) sedangkan untuk variabel pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif signifikan. Profitabilitas dengan tingkat laba yang tinggi maka struktur modal (DER) jauh lebih kecil dibutuhkan sehingga profitabilitas signifikan tidak berpengaruh terhadap struktur modal tetapi mendukung pecking order theory. Defisit pendanaan dengan tingkat defisit yang tinggi maka struktur modal (DER) jauh lebih besar dibutuhkan sehingga defisit pendanaan signifikan berpengaruh terhadap struktur modal dan mendukung pecking order theory. Pertumbuhan perusahaan dengan tingkat pertumbuhan yang rendah maka struktur modal (DER) jauh lebih besar dibutuhkan sehingga pertumbuhan signifikan berpengaruh terhadap struktur modal dan mendukung pecking order theory karena pertumbuhan perusahaan dengan laba yang kecil dan penggunaan hutang lebih besar.

Keywords


Struktur modal; Profitabilitas; Defisit Pendanaan; Pertumbuhan Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Amalia, Fina Nur. 2015. “Analisis Faktor-FaktorYang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan LQ 45 Yang TerdaftarDi Bursa Efek Indonesia”. Jurnal. Manajemen. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arief, Bramantyo. 2011. Analisis Pengujian Teori Pecking Order Theory Melalui Keterikatan Profitabilitas, Struktur Aset, Ukuran Perusahaan, dan Kesempatan Bertumbuh Terhadap Financial Leverage Periode 2006-2009 (Studi Kasus pada Emiten Syariah di JJ). Skripsi. Universitas Diponegoro.

Dewi, Putu Sri Mae Yanti, dan Dewa Gede Wirama. 2017. “Pecking Order Theory: Pengaruh Profitabilitas dan Pertumbuhan Perusahaan pada Keputusan Pendanaan Perusahaan”. E-jurnal Akuntansi.

Fahmi, Irham. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media

Hanafi, Mamduh H. 2015. ManajemenKeuangan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Harahap, Sofyan Syafri. 2002. “Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Harjito, Agus, danMartono. 2014. ManajemenKeuangan. Yogyakarta: EKONISIA. Harjito, D. Agus. 2011. “Teori Pecking Order dan Trade-Off dalam Analisis Struktur Modal di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Siasat Bisnis.

Lestari, Sigita. 2015. “Determinan Struktur Modal dalam Prespektif Pecking Order Theory dan Agency Theory”. Jurnal WRA.

Mahardika, Bhagas Pratyaksa. 2013. “Pengujian Pecking Order Theory dan Trade Off Theory pada Struktur Modal Perusahaan”. EKOBIS.

Makalunsenge, Sri Mustika. 2017. Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Assets Turnover, dan Return On Assets terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Komunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Mutamimmah. 2009. “Keputusan Pendanaan: Pendekatan Trade-Off Theory dan Pecking Order Theory”. Ekobis.

Noor, Tajudin, Bonar Sinaga, dan TB Nur Achmad Maulana. 2015. “Testing on Pecking Order Theory and Analysis of Company’s Charasteristic Effect on Emiten’s Capital Structure”. Indonesia Journal of Business and Enterpreneurship.

Nuswandari. Cahyani. 2013.“Determinan Struktur Modal dalam Prespektif Pecking Order Theory dan Agency Theory”. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan.

Radjamin, Iryuvita Juanuarizka Putri. 2014. “Penerapan Pecking Order Theory dan Kaitannya dengan Pemilihan Struktur Modal Perusahaan pada Sektor Manufaktur di Negara Indonesia dan Negara Australia”. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia.

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2017. MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. 2013. ManajemenKeuangan. Yogyakarta: EKONISIA.

Wardianto, K. Bagus. 2012. “Pengujian Teori Struktur Modal pada Perusahaan 50 Biggest Market Capitalization di Bursa Efek Indonesia”. Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Wiagustini, Ni Luh Putu, & Kawan-Kawan. 2017. “Indonesia’s Capital Structure: Pecking Order Theory or Trade-Off Theory”. International Journal of Applied Business and Economic Research.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo