PSIKOLOGI DAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA
Abstract
Dalam mengembangkan teori pembelajaran bahasa, peserta didik
dan pendidik (guru/dosen) dapat mengembangkan perspektif pembelajaran
bahasa. Seorang guru bahasa harus memiliki sejumlah pengetahuan teori
psikologis pembelajaran bahasa, seperti pemahaman terhadap ragam teori
pembelajaran bahasa seperti teori behavioristik, teori mentalistik, teori
kognitif, teori humanistik, teori konstruktivisme dan teori hibernetik.
Berbagai metode pembelajaran dimaksud antara lain metode penerjemahan
tata bahasa (Grammar translation method) merupakan metode mengajar
bahasa yang berfokus pada penghafalan aturan, kosa kata dan kosa kata
diajarkan dengan dua bahasa, intensitas melakukan aktifitas menerjemahkan.
Metode langsung (direct method) memberikan fokus pada proses pembelajaran
bahasa asing sama dengan proses belajar bahasa pertama yakni
penggunaan langsung bahasa dalam komunikasi. Metode audiovisual, yakni
pembelajaran bahasa berdasarkan konteks sosial dan mengajar bahasa dengan
komunikasi lisan yang bermakna. Pembelajaran bahasa komunikatif (CLT -
Communicative Language Teaching) merupakan metode eklektik dari upaya
disumbangkan oleh metode-metode pembelajaran sebelumnya.
dan pendidik (guru/dosen) dapat mengembangkan perspektif pembelajaran
bahasa. Seorang guru bahasa harus memiliki sejumlah pengetahuan teori
psikologis pembelajaran bahasa, seperti pemahaman terhadap ragam teori
pembelajaran bahasa seperti teori behavioristik, teori mentalistik, teori
kognitif, teori humanistik, teori konstruktivisme dan teori hibernetik.
Berbagai metode pembelajaran dimaksud antara lain metode penerjemahan
tata bahasa (Grammar translation method) merupakan metode mengajar
bahasa yang berfokus pada penghafalan aturan, kosa kata dan kosa kata
diajarkan dengan dua bahasa, intensitas melakukan aktifitas menerjemahkan.
Metode langsung (direct method) memberikan fokus pada proses pembelajaran
bahasa asing sama dengan proses belajar bahasa pertama yakni
penggunaan langsung bahasa dalam komunikasi. Metode audiovisual, yakni
pembelajaran bahasa berdasarkan konteks sosial dan mengajar bahasa dengan
komunikasi lisan yang bermakna. Pembelajaran bahasa komunikatif (CLT -
Communicative Language Teaching) merupakan metode eklektik dari upaya
disumbangkan oleh metode-metode pembelajaran sebelumnya.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.