KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN KETRAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN NO. 64 KOTA TIMUR KOTA GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan
guru menerapkan keterampilan bertanya dalam pembelajaran matematika di
kelas IV SDN No. 64 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo guna
tercapainya tujuan pembelajaran yang baik dan efektif. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah
guru yang mengajar di kelas IV SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo.
Data dikumpul dengan cara observasi langsung dan wawancara serta data
dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada mata
pelajaran Matematika di kelas IV SDN No. 64 Kecamatan Kota Timur Kota
Gorontalo sudah dilaksanakan akan tetapi masih ada komponen-komponen
yang belum dilaksanakan antara lain penyebaran, pemberian tuntunan dan
penggunaan pertanyaan pelacak dengan berbagai teknik. Untuk keberhasilan
dalam proses belajar mengajar disarankan agar guru seharusnya dapat
memahami komponen-komponen yang ada dalam keterampilan bertanya,
sehingga dengan demikian tujuan pembelajaran dapat tercapai.
guru menerapkan keterampilan bertanya dalam pembelajaran matematika di
kelas IV SDN No. 64 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo guna
tercapainya tujuan pembelajaran yang baik dan efektif. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah
guru yang mengajar di kelas IV SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo.
Data dikumpul dengan cara observasi langsung dan wawancara serta data
dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada mata
pelajaran Matematika di kelas IV SDN No. 64 Kecamatan Kota Timur Kota
Gorontalo sudah dilaksanakan akan tetapi masih ada komponen-komponen
yang belum dilaksanakan antara lain penyebaran, pemberian tuntunan dan
penggunaan pertanyaan pelacak dengan berbagai teknik. Untuk keberhasilan
dalam proses belajar mengajar disarankan agar guru seharusnya dapat
memahami komponen-komponen yang ada dalam keterampilan bertanya,
sehingga dengan demikian tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.