MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DEMOKRASI MELALUI STRATEGI KLARIFIKASI NILAI DI KELAS VIII SMPN 06 GORONTALO

Revoltje O. W. Kaunang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep demokrasi melalui strategi klarifikasi nilai di SMPN 06 Kota Gorontalo. Manfaat penelitian adalah melalui penelitian tindakan kelas (PTK) ini guru dapat mengetahui strategi klarifikasi nilai untuk memperbaiki dan meningkatkan sistim pembelajaran, dan membantu memperbaiki pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah. Masalah penelitian yang diidentifikasi yakni siswa-siwa belum memahami konsep-konsep demokrasi, cara mengajar guru belum optimal, guru kurang memberikan motivasi dalam pembelajaran, guru lebih dominan aspek-aspek kognitif, sedang aspek afektif masih sangat kurang bahkan terabaikan. Subjek penelitian adalah siswa di kelas VIII SMPN 06 Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan strategi klarifikasi nilai para peserta didik dapat menikmati dan antusias dalam mengikuti pelajaran, lebih berani dalam megemukakaqn pendapat. Strategi Klarifikasi Nilai dapat memberikan penalaran nilai-nilai moral sehingga peserta didik mengetahui apa yang seharusnya dan apa yang tidak seharusnya dilakukan dalam interaksi dengan orang lain.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.