Analisis Postur Kerja Pada Karyawan Menggunakan Metode RULA (Studi kasus Area Control Room, Joint Operating Body Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi)

Muh. Ridwan Malik, Moh. Alwi, Eduart Wolok, Abdul Rasyid

Abstract


Joint Operating Body (JOB) merupakan kegiatan operasional yang dilakukan oleh badan operasi bersama JOB Pertamina - Medco E&P Tomori Sulawesi adalah badan kerjasama operasi yang dibentuk berdasarkan Production Sharing Contract antara perusahaan PT. Pertamina Hulu Energi dengan PT. Medco E&P Tomori Sulawesi. Salah satu indikasi adanya gangguan keselamatan dan kesehatan pada pekerja adalah adanya kelelahan atau keluhan musculoskeletal atau sistem otot rangka seperti adanya rasa nyeri pada tubuh baik saat bekerja maupun setelah bekerja dan rasa tidak nyaman pada otot. Salah satu penyebab adanya gangguan pada otot rangka yang ditimbulkan dari pekerjaan yang dilakukan secara statis yaitu posisi dan postur tubuh kerja yang tidak sesuai, seperti yang dialami staff atau karyawan bagian Production di JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi, yang melakukan pekerjaan dengan posisi yang dilakukan secara statis dalam kurun waktu yang cukup lama yakni ± 12 jam sehari. Tujuannya yaitu untuk mengetahui level resiko pada posisi dan postur kerja karyawan Area Control Room di JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi. Hasil perhitungan dengan metode RULA didapatkan 6 operator berada pada level action 3 dan 3 operator berada pada level action 2. Analisis postur kerja Operator JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi dapat disimpulkan bahwa hasil analisis Rula 9 Operator yang merupakan karyawan JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi, 6 dari 9 Operator berapa pada level resiko “Sedang” dengan nilai skor akhir diperolah 5-6 artinya yang menunjukan pemeriksaan dan perubahan posisi duduk perlu segera dilakukan. dan 3 dari 9 Operator berada pada level resiko “Kecil/Rendah” dengan Nilai sekor akhir diperoleh 3-4 artinya menunjukan bahwa resiko rendah dan perubahan diperlukan.

Full Text:

PDF

References


Aghnia, Agin Darojatul. 2017. “Pemetaan Keluhan Musculoskeletal Disorders Berdasarkan Faktor Risiko Pekerjaan Pekerja Produksi Bakso CV Unique Mandiri Perkasa Bekasi”. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Briansah, Alen Okvan. 2018. “Analisa Postur Kerja Yang Terjadi Untuk Aktivitas Dalam Proyek Konstruksi Bangunan Dengan Metode RULA Di CV Basani”. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2007. Pedoman Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Di Rumah Sakit. Keputusan Menteri Kesehatan RI No.432/MENKES/SK/IV/2007.

Hariyati Maulina. 2011. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kelelahan Kerja Pada Pekerja Linting Manual Di PT Djitoe Indonesia Tobacco Surakarta. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

JOB Pertamina - Mdco E&P Tomori Sulawesi. 2013. Pedoman Operasi

Lahay, Idham Halid, Hasanuudin, dan Hendra Uloli. 2017. “Penilaian Postur Kerja Pada Pekerja Pembuat Batako Di Gorontalo”. Gorontalo.

Masitoh, D. (2016). Analisis Postur Tubuh dengan Metode Rula Pada Pekerja Welding di Area Sub Assy PT. Fuji Technica Indonesia Karawang. Tugas Akhir Universitas Sebelas Maret.

Pangaribuan, Dina Meliana. 2009. “Analisa Postur Kerja dengan Metode RULA Pada Pegawai Bagian Pelayanan Perpustakaan USU Medan”. Medan.

Taofiq, Iqbal Muharram dan Mauluddin, Yusuf (2015) “Evaluasi ergonomi menggunakan metode rula (rapid upper limb assessment) untuk mengidentifikasi Alat bantu pada mesin roasting kopi” Jurnal Kalibrasi Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Wati, Destiana Herdi. 2016. “Hubungan Postur Kerja Duduk Dengan Kelelahan Kerja Tenaga Kerja Batik Tulis Di Masaran Sragen”. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Wijaya, Irfan Syah Aji dan Ahmad Muhsin. 2018. “Analisa Postur Kerja Dengan Metode Rapid Upper Limb Assessment (Rula) Pada Oparator Mesin Extruder Di Stasiun Kerja Extruding Pada Pt Xyz”. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37905/jirev.1.1.22-29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Total pengunjung = Web Analytics View My Stats

 Creative Commons License

Jambura Industrial Review (ISSN Online: 2798-026X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.