Efisiensi Biaya Persediaan Bahan Baku Kedelai Pada Home Industry Tahu Menggunakan Metode Dinamis

Sudjarwo Sukoco, Eduart Wolok, Idham Halid Lahay

Abstract


Ketersediaan tanaman kedelai yang sangat rendah, sangat diwaibkan setiap yang mempunyai usaha untuk menggunakan bahan...kedelai untuk melakukan pengaturan..persediaan dengan baik supaya proses. produksi..tidak terhalang yang menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan pelanggan. Persediaan bahan baku yang melebihi kebutuhan akan  dapat menimbulkan biaya yang ekstra atau  tinggi. Sedangkan jumlah persediaan yang terlalu sedikit malah akan menimbulkan biaya kerugian yaitu akan  terganggunya proses produksi dan juga berakibat hilangnya kesempatan untuk memperoleh keuntungan apabila ternyata permintaan pada kondisi yang sebenarnya melebihi permintaan yang diperkirakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi biaya persediaan bahan baku kedelai seminimal mungkin dengan membandingkan  metode heuristic silver meal, Least Unit Cost, Least Total Cost dengan kondisi persediaan bahan baku kedelai yang ada di Home Industry Tahu. Hasil dari penelitian ini didapatkan dari pengolahan data jumlah total biaya persediaan bahan  baku kedelai dengan metode yang tepat untuk meminimalkan biaya persediaan bahan  baku  kedelai pada tiga Home Industry Tahu yaitu Home Industry Tahu Putri Lhiana menggunakan metode Heuristic Silver Meal dengan nilai efisiensi sebesar 49.80%, Home Industry Tahu Rina menggunakan metodeLeast Total Cost dengan nilai efisiensi sebesar 52.45% dan Home Industry Tahu Sumarni menggunakan metode Least Total Cost dengan niai efisiensi sebesar 47.69 %


Full Text:

PDF

References


D. Novaini et al., Pengukuran Kinerja Supplier Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process ( AHP ) di PT . HGI. 2020.

E. P. Lahu et al., Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Guna Meminimalkan Biaya Persediaan Pada Dunkin Donuts Manado Analysis of Raw Material Inventory Control To Minimize Inventory Cost on, vol. 5, no. 3. 2017.

S. Junus and I. H. Lahay, Perencanaan Kebutuhan Hasil Perikanan Tangkap dan Komoditi Laut Lainnya Melalui Pendekatan Metode Material Requipment Planning (MRP) Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Nelayan Gorontalo. 2016.

Zinatul Mahbuah, Optimasi Persediaan Bahan Baku Kedelai Menggunakan Metode Silver Meal Heuristic dan Least Unit Cost (Studi Kasus di UKM Tahu ADMA Malang)”. 2015.

N. Taryana, Baku Pada Produk Sepatu Dengan Pendekatan Teknık Lot Sızıng Dalam Mendukung Sıstem MRP ( Studi Kasus di PT . Sepatu Mas Idaman , Bogor ). 2008.

E. Gusdian, A. Muis, and A. Lamusa, Peramalan Permintaan Produk Roti Pada Industri “ Tiara Rizki ” Di Kelurahan Boyaoge Kecamatan Kecamatan Tatanga Kota Palu, vol. 4, no. 1. 2016.

A. Hijriani, K. Muludi, and E. A. Andini, Implementasi Metode Regresi Linier Sederhana Pada Penyajian Hasil Prediksi Pemakaian Air Bersih Pdam Way Rilau Kota Bandar Lampung Dengan Sistem Informasi Geofrafis, vol. 11, no. 2. 2016.

I. Falani, Penentuan Nilai Parameter Metode Exponential Smoothing Dengan Algoritma Genetik Dalam Meningkatkan Akurasi Forecasting, vol. 3, no. 1. 2018.

R. Ramadania, Peramalan Harga Beras Bulanan di Tingkat Penggilingan dengan Metode Weighted Moving Average, vol. 7, no. 4. 2018.

F. A. Hary, Perencanaan Persedıaan Bahan Baku Kayu Gelondongan Dengan Metode Sılver Meal (Studi kasus PT. Katingan Timber Celebes Makassar). 2011.

K. Imam, Manajemen Produksi. 2005.

Anas Firman Adi, Penerapan Metode Heuristic Silver Meal Dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku Yang Ekonomis Pada CV. Lintas Alam Mahameru. 2018.

E. Purnomo, Persediaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Heuristic Silver Meal Pada PT. Mabar Feed Indonesia Perencanaan Persediaan Bahan Baku Tual Sagu Dengan Metode Persediaan Heuristic Silver Meal (Studi Kasus Pabrik Kilang Sagu HMM), vol. Persediaan. 2013.




DOI: https://doi.org/10.37905/jirev.v1i2.11750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Industrial Review (JIREV)



Total pengunjung = Web Analytics View My Stats

 Creative Commons License

Jambura Industrial Review (ISSN Online: 2798-026X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.