Analisis Metode NEH Untuk Meminimalkan Makespan Pada Penjadwalan Produksi di Rumah Industri Wahyu

Diki Arifandi, Trifandi Lasalewo, Hasanuddin Hasanuddin

Abstract


Pemenuhan kebutuhan dari permintaan konsumen dengan waktu yang telah di tetapkan akan berdampak pada kepuasan konsumen terhadap suatu produk sehingga akan meningkatkan jumlah permintaan suatu produk. Pemenuhan kebutuhan permintaan produk yang tepat waktu didasari pada penjadwalan produksi yang baik. Penjadwalan produksi yang baik bisa kurangi waktu menganggur dalam produksi serta meminimalkan waktu proses produksi khususnya di Rumah Industri Wahyu serta ukuran keberhasilan penjadwalan adalah waktu penyelesaian (makespan) menjadi lebih minimum. UMKM Rumah Industri Wahyu bergerak pada bidang produksi keripik dan sale pisang. UMKM ini terletak di Kelurahan Hanga-hanga Kecamatan Luwuk Selatan. Penjadwalan yang diterapkan di Rumah Industri Wahyu pada saat ini berdasarkan First Come First Serve (FCFS). Dengan menggunakan FCFS sehingga masih adanya kerterlambatan penyelesaian produk yang dipesan oleh konsumen sehingga perlu adanya sistem penjadwalan yang baik dengan harapan dapat memenuhi permintaan konsumen yang diselesaikan tepat waktu. Maka dari itu, akan dilakukan penelitian penjadwalan produksi menggunakan metode NEH (Nawaz Enscore Ham). Hasil dari penelitian ini yaitu nilai makespan menggunakan metode NEH dengan nilai sebesar 3.44 jam serta urutan job yakni J2-J1-J3. Makespan yang dihasilkan dari panjadwalan di rumah industri wahyu yaitu sebesar 9,39 jam dengan urutan J1-J2-J3. Metode Nawaz Enscor Ham (NEH) menghasilkan nilai yang paling minimum, sehingga lebih efisien untuk diterapkan di rumah industri wahyu.


Full Text:

PDF

References


A. Nur Amalia dan H. Sofyan, “Penjadwalan Produksi Dengan Improve Algoritma Hodgson,” J. Teknosains Kodepena, vol. 02, no. 02, hal. 1–7, 2022.

A. R. Soleha, “Kondisi UMKM Masa Pandemi Covid-19 Pada Pertumbuhan Ekonomi Krisis Serta Program Pemulihan Ekonomi Nasional,” J. Ekombis, vol. 6, no. 2, hal. 165–178, 2020.

D. C. Dewi, C. Handayani, dan I. H. Prasetyo, “Perancangan Alat Spinner Ergonomis (Study Kasus PT. Baasithu, Floating Storage and Offloading Petrostar),” J. Inov., vol. 2, no. 1, hal. 11–15, 2019.

D. Noviani, T. Lasalewo, dan I. H. Lahay, “Pengukuran Kinerja Supplier Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) di PT. Harvest Gorontalo Indonesia,” Jambura Ind. Rev., vol. 1, no. 2, hal. 83–93, 2021.

D. T. Pratama, “Analisis Beban Kerja Dan Pengalokasian Jumlah Tenaga Kerja Pada PT Tsamarot Indonesia,” Sci. J. Ind. Eng., vol. 1, no. 2, hal. 12–17, 2020.

E. Febianti, A. I. Saeful M, dan J. Fitra, “Usulan Penjadwalan Produksi Baja Profil Menggunakan Metode Nawaz Enscore and Ham dan Algoritma Simulated Annealing,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 2019, hal. 1–9.

E. Krisnaningsih, S. Dwiyatno, dan R. Sasongko, “Usulan Penentuan Waktu Baku Pada Operator Packing Folding Kain Tetoron Rayon Dengan Metode Stopwacth,” J. InTent, vol. 3, no. 2, hal. 67–81, 2020.

M. A. D. Matiro, R. S. Mau, A. Rasyid, dan F. A. Rauf, “Pengukuran Beban Kerja Menggunakan Metode Full Time Equivalent (FTE) Pada Divisi Proses PT. Delta Subur Permai,” Jambura Ind. Rev., vol. 1, no. 1, hal. 30–39, 2021.

M. F. Ismail, S. Rahayuningsih, dan A. Komari, “Penentuan Waktu Standar Dan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Pada Bagian Winding Primercurrent Transformer (Travo Arus),” JURMATIS J. Ilm. Mhs. Tek. Ind., vol. 2, no. 1, hal. 1–10, 2020.

M. Rahayu dan S. Juhara, “Pengukuran Waktu Baku Perakitan Pena Dengan Menggunakan Waktu Jam Henti Saat Praktikum Analisa Perancangan Kerja,” J. Pendidik. dan Apl. Ind., vol. 7, no. 2, hal. 93–97, 2020.

Muhammad, Y. Ismarfiana, dan D. Sukrianto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Produksi Dan Pembayaran Iklan Pada Radio RBT90FM,” J. Intra Tech, vol. 5, no. 1, hal. 33–44, 2021.

N. Yudisha, “Perhitungan Waktu Baku Menggunakan Metode Jam Henti Pada Proses Bottling,” J. Vor., vol. 2, no. 2, hal. 85–90, 2021.

R. Moonti, H. Uloli, dan A. Rasyid, “Analisis Keseimbangan Lintasan Lini Produksi Tepung Kelapa Dengan Metode Ranked Positional Weight Dan Region Approach,” Jambura Ind. Rev., vol. 2, no. 1, hal. 1–10, 2022.

S. D. Annisya dan J. A. Saifudin, “Analisis Penjadwalan Produksi Batu Tahan Api Dengan Menggunakan Metode Campbell Dudek Smith (CDS), Nawaz Enscore Ham (NEH), Dan Palmer Untuk Mengurangi Makespan Di PT. X,” J. Manaj. Ind. dan Teknol., vol. 1, no. 3, hal. 165–176, 2020.

S. D. Wahyuningsih dan C. S. Pramudyo, “Penjadwalan Produksi Flow Shop untuk meminimalkan Makespan dengan Metode Campbell, Dudek, Smith (CDS), Dannenbring, dan Nawaz, Enscore, Ham (NEH) pada Produk CV. Mega Logam,”

Conf. Ind. Eng. Halal Ind., vol. 1, no. 1, hal. 139–147, 2019.

S. F. Syabani dan W. Setiafindari, “Optimasi Penjadwalan Produksi Menggunakan Metode Nawaz Enscore Ham Pada PT XYZ,” JUMANTARA, vol. 1, no. 1, hal. 1–8, 2022.

Y. Muharni, Kulsum, dan D. A. Utami, “Usulan Penjadwalan Produksi Pipa Erw Menggunakan Metode Nawaz Enscore Ham Dan Genetic Algorithm,” FLYWHEEL J. Tek. Mesin Untirta, vol. 5, no. 2, hal. 29–38, 2019.

Z. Abidin, Kulsum, dan A. Gunawan, “Usulan Penjadwalan Produksi di PD Salando Menggunakan Algoritma Campbell, Dudek, Smith (CDS) dan Nawaz, Enscore, Ham (NEH) untuk Meminimasi Makespan,” J. Tek. Ind., vol. 5, no. 3, hal. 295–301, 2017.




DOI: https://doi.org/10.37905/jirev.v2i2.15861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jambura Industrial Review (JIREV)



Total pengunjung = Web Analytics View My Stats

 Creative Commons License

Jambura Industrial Review (ISSN Online: 2798-026X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.