ANALISIS PENYEBAB TRIP GAS TURBINE GENERATOR MENGGUNAKAN METODE FTA DI PT. PERTAMINA EP DOGGI MATINDOK

Siti Fauziah

Abstract


PT. Pertamina EP Donggi Matindok adalah merupakan perusahaan mengolah serta mengeksplorasi minyak dan gas bumi. PT. Pertamina CPP Matindok ini memproduksikan gas dan kondensat dari 2 struktur aktif yaitu Donggi dan Matindok. Terdapat 4 Gas Turbin Generator di PT. Pertamina dengan masing-masing kapasitas yaitu 4,8 MW, tetapi 2 dari ke empat mesin Gas Turbin Generator tersebut tidak dapat beroperasi yaitu dikarenakan 1 dalam keadaan overhoul dan 1 dalam ke adaan trip. Maka dari itu diperlukan analisis untuk mengetahui akar penyebab dari tripnya mesin GTG tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya trip pada mesin GTG di PT. Pertamina EP Donggi Matindok. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dalam pengambilan data serta menggunakan pendekatan metode Fault tree analysis untuk menganalisis penyebab trip dari GTG. Setelah melakukan wawancara terdapat 2 penyebab utama dari tripnya GTG yaitu kurang maksimalnya kinerja Inlet Guide Vane dan Unreadable pada filter gas. Kemudian setelah dibuatkan masing-masing FTA dari kedua penyebab utama di dapatkan minimal cut set, yaitu kurangnya perhatian terhadap jadwal preventive maintenance, terdapat hewan-hewan kecil yang menempel pada filter, terdapat benda-benda asing yang terikut saat udara terhisap, banyak partikel yang menyumbat serta masuknya benda asing kedalam turbin gas.

 

Kata kunci: Fault tree analysis, Generator Turbin Gas, Penyebab trip, Preventive Maintenance


Full Text:

PDF

References


E. Tanoga and P. A. Wicaksono, “Analisis Tingkat Kebisingan di Unit Utilities Pt Pertamina Ru Vi Balongan,” Ind. Eng., P. 2, 2019.

A. Linda, Satriyo and D. Puspitasari, “Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Fault tree analysis Untuk Meminimumkan Cacat Pada Crank Bed di Lini Painting Pt Sarandi Karya Nugraha,” Ind. Eng. Online J., Vol. 6, No. 1, Pp. 4–12, 2017.

F. Situmorang, “Analisa Penerapan K3 Dengan Pendekatan Fault tree analysis Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja di Pt. Xyz,” Vol. 1, Pp. 1–79, 2019.

H. Bakhtiar, A., Sembiring, J. I., & Suliantoro, “Analisis Penyebab Kecacatan Dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (Fmea) Dan Metode Fault tree analysis (Fta) Di Pt. Alam Daya Sakti Semarang,” J. Ilm. Tek. Ind., Vol. 6, No. 2, Pp. 95–170, 2018.

H. Muchtar and Z. Prasetyo, “Analisa Trip Gas Turbin Dari Proteksi Flame Off di Pltgu Muara Tawar,” Tek. Elektro, No. Mmi, Pp. 33–37, 2017.

H. Silaban and A. Ghofur, “Analısa Performa Turbın Gas Tıpe Cw251 B11 Pada System Pembangkıtan Lıstrık Tenaga Gas Sektor Pembangkıtan Balı,” Vol. 2, No. 2, Pp. 161–170, 2020.

N. Djamal and R. Azizi, “Identifikasi Dan Rencana Perbaikan Penyebab Delay Produksi Melting Proses Dengan Konsep Fault tree analysis (Fta) Di Pt. Xyz,” J. Intech Tek. Ind., Vol. 1, No. 1, Pp. 34–45, 2015.

R. Firmansyah, “Deskrıpsı Proses Cpp Matındok Dan Sıstem Kerja Hıgh Pressure Separator 320-D-1001 Dı Pt.Pertamına Ep Asset 4 Donggı-Matındok Fıeld,” 2019.

S. Dhea and R. Wulan, “Analisis Defect Produk Dengan Menggunakan Metode Fmea Dan Fta Untuk Mengurangi Defect Produk (Studi Kasus: Garment 2 Dan Garment 3 Pt Sri Rejeki Isman Tbk),” Pp. 1–10, 2022.

T. Ferdiana and I. Priadythama, “Analisis Defect Menggunakan Metode Fault tree analysis (Fta) Berdasarkan Data Ground Finding Sheet (Gfs) Pt. Gmf Aeroasıa,” Pros. Semin. Nas. Ind. Eng. Conf. 2016, 2016.

W. Y. Kartika, A. Harsono, And G. Permata, “Usulan Perbaikan Produk Cacat Menggunakan Metode Fault Mode and Effect Analysis Dan Fault tree analysis Pada Pt. Sygma Examedia Arkanleema,” J. Online Inst. Teknol. Nas., Vol. 4, No. 1, Pp. 345–356, 2017.




DOI: https://doi.org/10.37905/jirev.v3i2.23098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Fauziah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Total pengunjung = Web Analytics View My Stats

 Creative Commons License

Jambura Industrial Review (ISSN Online: 2798-026X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.