ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE ANALITIC HIERARKY PROCESS (AHP) DI PT. PUNCAK EMAS TANI SEJAHTERA (PETS)

Fauzan Ramadhan Ngiu, Abdul Rasyid, Buyung Rahmad Machmoed

Abstract


PT. Puncak Emas Tani Sejahtera merupakan anak perusahaan PT. Merdeka Copper Gold Tbk yang bergerak di bidang eksplorasi tambang emas. Proses pemilihan supplier sederhana apabila hanya ada satu kriteria yang dipertimbangkan di dalam proses pengambilan keputusan. Meskipun dalam beberapa situasi, bagian purchasing harus membuat rangking atas kriteria yang dipertimbangkan. Secara umum perusahaan akan menggunakan pemilihan  multiple criteria supplier dalam pengambilan keputusannya. Kriteria kriteria didalam pemilihan  supplier  membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi supplier yang mampu menyediakan kualitas produk yang sempurna, cost rendah, ketersediaan, dan pengantaran yang konsisten. Berdasarkan hasil dan pembahasan terkait analisis pemilihan supplier di PT. Puncak Emas Tani Sejahtera dapat disimpulkan berdasarkan perhitungan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) didapatkan: Metode Analytical Hierarchy Process dapat membantu perusahaan khususnya untuk menentukan pemilihan Supplier.Hasil analisis dari perhitungan Analytical Hierarchy Process menyatakan bahwa alternatif yang terpilih dan paling sesuai dengan kriteria adalah CV. Nafiza. Dengan perhitungan AHP yang diperoleh nilai akhir bahwa supplier A unggul dengan 63% berbanding supplier B 25% dan supplier C 12%. Faktor utama yang paling di prioritaskan dalam pemilihan supplier adalah Kualitas dengan nilai bobot 0.728 atau 73%. Dan Supplier yang paling diprioritaskan adalah supplier A. dengan nilai bobot 63%.

 

Kata kunci:  Analitic Hierarky Process (AHP), Puncak Emas Tani Sejahtera, Supplier


Full Text:

PDF

References


Alamsyah, M. B., Misbah, A., & Mas' ud, M. I. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Manajemen Terhadap Kinerja Rantai Pasok Kasur Velboa Di Ud Raja Karpet. JKIE (Journal Knowledge Industrial Engineering), 7(3), 129-137.

Chamid, Ahmad Abdul, and Alif Catur Murti. "Kombinasi metode AHP dan Topsis pada sistem pendukung keputusan." Prosiding SNATIF (2017): 115-119.

Khusairi, Achmad, and Misbach Munir. "Analisa Kriteria Terhadap Pemilihan Supplier Bahan Baku Dengan Pendekatan Analytical Hierarchy Process (Ahp)(Studi Kasus: Pt Xx Pandaan Pasuruan)." SKETSA BISNIS 2.1 (2015): 38-53.

Ngatawi, Ngatawi, and Ira Setyaningsih. "Analisis Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP)." Jurnal Ilmiah Teknik Industri 10.1 (2011): 7-13.

Rahmayanti, Reny. "Analisis pemilihan supplier menggunakan metode analytical hierarchy process (ahp)(studi kasus pada PT Cazikhal)." (2010).

Rianika, Heski. Pengukuran Kinerja Supply Chain Management (Scm) Menggunakan Metode Supply Chain Operation Reference (Scor) Dan Analytical Hierarchy Process (Ahp)(Studi Kasus: Pt. Tarindo). Diss. Universitas Sultan Agung, 2021.

Sasongko, Aji, Indah Fitri Astuti, and Septya Maharani. "Pemilihan karyawan baru dengan metode AHP (Analytic Hierarchy Process)." (2017).

Satriardi, S., & Jodika Siadari, R. (2023). Analisis Keputusan Pemilihan Supplier di PT Lutvindo Wijaya Perkasa Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Surya Teknika, 10(1). https://doi.org/10.37859/jst.v10i1.4951.

Simanjuntak, R. B., Uker, D., & Zuki, M. (2019). Penilaian Kinerja Operator Pabrik Cpo Di Pt . Daria Dharma Pratama ( Ddp ) Lubuk Bento Dengan Metode Ahp Dan Rating Scale Operator. Jurnal Agroindustri, 8(2), 159–166.

Sutoni, Akhmad, et al. "Analisis rantai pasokan dalam pengelolaan komoditas beras (Studi Kasus di PB Jembar Ati, Kabupaten Cianjur)." IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains dan Teknologi 5.2 (2021): 72-80.

Syahadatina, E., Hoerudin, C. W., & Anwar, H. S. (2022). Pengukuran Kinerja Pegawai Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Pemberian Tunjangan Pegawai Di Desa Ciherang Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(12), 3971–3984.




DOI: https://doi.org/10.37905/jirev.v3i1.23674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fauzan Ramadhan Ngiu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Total pengunjung = Web Analytics View My Stats

 Creative Commons License

Jambura Industrial Review (ISSN Online: 2798-026X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.