EFEK PENCAHAYAN TERHADAP PRESTASI DAN KELELAHAN KERJA PADA PEGAWAI PT. PERTAMINA (PERSERO)

Rahayu Fiqriyah Bina, Idham Halid Lahay, Buyung Rahmad Machmoed

Abstract


Pencahayaan diperlukan manusia untuk mengenal obyek secara visual dimana organ tubuh yang mempengaruhi penglihatan adalah mata, syaraf dan pusat syaraf  penglihatan di otak. Mata sebagai alat visual merupakan pintu gerbang utama masuknya gambaran dari dunia luar kita, dan menguasai sekitar 90% aktivitas kerja kita, terutama untuk pekerjaan yang membutuhkan ketajaman visual. Kemampuan mata untuk melihat objek dengan jelas, cepat dan tanpa kesalahan akan sangat dipengaruhi oleh pencahayaan yang ada di lingkungan kerja. Dari hasil uji korelasi yang telah dilakukan tidak ada pengaruh yang signifikan antara intensitas penerangan terhadap  kelelahan mata pada tenaga kerja di bagian kantor PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Fuel Terminal Gorontalo. Sifat korelasi terdapat pada nilai r hitung yang negatif, artinya bahwa        setiap penurunan intensitas penerangan diikuti peningkatan kelelahan mata atau sebaliknya. Nilai koefisien korelasinya tidak terdapat tanda (*), seperti pada nilai di atas dimana person correlation = -0,048, ini menunjukkan bahwa hasil pengujian tidak signifikan. Jadi hipotesa mengatakan bahwa tidak ada pengaruh intensitas penerangan terhadap kelelahan mata pada tenaga kerja bagian kantor di PT. Pertamina fuel terminal Gorontalo. Hasil penelitian membuktikan bahwa pencahayaan tidak ada pengaruh terhadap prestasi dan kelelahan kerja. Pencahayaan yang baik serta tepat memungkinkan tenaga kerja bekerja lebih aman dan nyaman.

 

Kata kunci: Kelelahan Kerja, Pencahayaan, Prestasi.


Full Text:

PDF

References


Agrippina Fleta. 2021. “Analisis Pencahayaan Alami Dan Buatan Pada Ruang Kantor Kenyamanan Visual Pengguna.” Jurnal Patra 3(1): 33–42.

Elisy, Cindy Putry, and Suryo Budi Pranoto. 2019. “Pengaruh Prestasi Kerja Dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT Telkom Akses).” SCIENTIA JOURNAL : Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2(1): 10.

Innah, Mutma, Muhammad Khidri Alwi, Fatmah Afrianty Gobel, and Hasriwiani Habo Abbas. 2021. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Penjahit Pasar Sentral Bulukumba.” Window of Public Health Journal 01(05): 471–81.

Ivanyshyn, Volodymyr, Viktor Buhay, and Mykola Korzachenko. 2021. “Інженерно-Геологічні Вишукування Під Будівництво Багатоповерхових Будинків 1, 2 На Вул. Жабинського, 2А В Місті Чернігові.” Technical Sciences and Technologies 9(2(24)): 235–43.

Mayuni Devi, Ida Ayu Komang Putri, and Trianasari Trianasari. 2021. “Analisis Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Bagian Laboratorium Di PT Tirta Investama Aqua Mambal (Sebuah Kajian Dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia).” Bisma: Jurnal Manajemen 7(2): 303.

Mindayani, Sri, Novia Zulfa Hanum, and Nurhayati Biabdihil Hamidah. 2022. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelehan Mata Pada Penjahit Di Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2021.” PubHealth Jurnal Kesehatan Masyarakat 1(1): 1–11.

Pramono, Tangguh, Abdul Malik Sayuti, Mohammad Rizal Gaffar, and Rheyna Ayu Puspitaningrum. 2022. “Penilaian Risiko Ergonomi Pada Lingkungan Kerja Perkantoran Menggunakan Metode Rapid Office Strain Assessment (ROSA).” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 10(3): 246–55.

Septiady, R. Kurniawan Dwi, Muhammad Zahrul Fahmi, and Fikri Riyanto. 2021. “Analisa Kebutuhan Pencahayaan Ruang Kuliah Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Dengan Menggunakan Software Calculux Indoor.” Jurnal Cahaya Bagaskara 6(2): 30–38.

Tianto, Arum Kurniawan Agnes, Isna Qadrijati, and Sri Haryati. 2023. “FaktorFaktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pekerja Kantor X Karanganyar.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 1(2): 58–66.

Tinggi, Sekolah et al. 2022. “YUME : Journal of Management Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Dimediasi Tingkat Kepuasan Konsumen Pada PT . Japfa Comfeed Indonesia , TBK Cabang Makassar.” 5(2): 385–405.




DOI: https://doi.org/10.37905/jirev.v3i1.23685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahayu Fiqriyah Bina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Total pengunjung = Web Analytics View My Stats

 Creative Commons License

Jambura Industrial Review (ISSN Online: 2798-026X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.