Analisis Penyebab bottleneck pada Aliran Produksi briquette charcoal dengan Menggunakan Diagram fishbone di PT. Saraswati Coconut Product

Muhammad Irsyad Monoarfa, Yudi Hariyanto, Abdul Rasyid

Abstract


Saraswati Coconut Product (PT.SCP) ini merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi briket arang (charcoal). Kegiatan produksi briket arang berada di Briquettes Department Production. Produksi briket dilakukan secara Continue Process, digunakannya Continue Process karena proses produksi dilakukan tanpa henti (24 jam) dan sistem produksi yang diterapkan Briquettes Department di PT. SCP adalah Make To Order. Produksi briket tidak terlepas dari masalah yang berkaitan dengan tidak seimbangnya aliran produksi. Pada aliran produksi briket PT. Saraswati Coconut Product terdapat antrian material yang menghambat aliran produksi hingga terjadi bottleneck. Akibatnya proses produksi briket arang menjadi lebih lama dari waktu normal produksi. Untuk mengetahui penyebab permasalahan bottleneck  secara detail, maka perlu dilakukannya identifikasi penyebab masalah dari sistem produksi briket dengan menggunakan metode diagram  fishbone (tulang ikan). Diagram fishbone (Diagram Tulang Ikan) adalah diagram sebab akibat yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi potensi masalah kinerja. Diagram tulang ikan menyediakan struktur untuk diskusi kelompok sekitar potensi penyebab masalah tersebut.  Tujuan dari analisa ini mengetahui penyebab bottleneck dan tindakan perbaikannya. Hasil observasi lapangan dapat diketahui bahwa penumpukkan material (bottleneck) terjadi pada jalur aliran bahan stasiun pretel dan stasiun drying. Penumpukkan material terjadi karena hasil cetakan briket dari stasiun pretel harus menunggu terlebih dahulu sebelum melalui proses pengeringan pada oven. Adapun rata-rata waktu proses oven untuk mengeringkan briket dari tujuh (7) oven yang ada di stasiun drying adalah 66 jam. Waktu proses ini melebihi dari waktu proses stasiun kerja lain yang hanya membutuhkan waktu proses kurang dari 24 jam.

Kata Kunci : aliran produksi, bottleneck, diagram fishbone,


Full Text:

PDF

References


Irwan, S. (2008).“Analisis Pengendalian Kualitas Produk Cetak Buku Dengan Menggunakan Seven Tools Pada Pt. .Xyz” Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung Jl.Raya Kaligawe km.4 Semarang. Seminar on Application and Research in Industrial Technology, SMART Yogyakarta.

Murnawan, H. & Mustofa. (2014). “Perencanaan Produktivitas Kerja Dari Hasil Evaluasi Produktivitas Dengan Metode Fishbone Di Perusahaan Percetakan Kemasan Pt.X”. Prodi Teknik Industri FT Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Teknik Industri Heuristic Vol 11 No 1. Issn 1693-8232.

Mustika, S. (2018) “Analisis Keseimbangan Lintasan Produksi untuk Meminimumkan Bottleneck” Universitas Sumatera Utara.

Saputera, F., & Akuba, Z. (2017). “Pengendalian Kualitas Produk pada Proses Produksi DC (Desiccated Coconut) dengan Menggunakan Metode Diagram Fishbone”. Jurusan Teknik Industri,Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo.

Syarefudin, C. (2008). Analisa Pengendalian Kualitas Terjadinya Cacat Pada Produk Wafer Di PT. C N W. “Skripsi Program Studi Teknik Industri”

Yenny, (2004). “Upaya Meminimasi Bottleneck di Lini Produksi PT. Halimjaya Sakti Dengan Pendekatan Simulasi” UK PETRA




DOI: https://doi.org/10.37905/jirev.v1i1.8217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Industrial Review (JIRev)



Total pengunjung = Web Analytics View My Stats

 Creative Commons License

Jambura Industrial Review (ISSN Online: 2798-026X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.