MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV SDN 5 BILUHU KABUPATEN GORONTALO
Abstract
RUSMIN HUSAIN
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Gorontalo
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui media gambar seri kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo dapat meningkat? Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan narasi melaui media gambar seri di kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 6 orang laki-lakidan 10 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo pada obsevasi awal hanya berjumlah 5 orang atau sebesar 31,25%, pada siklus I meningkat menjadi 10 orang atau 62,5% dan pada siklus II kemampuan meningkat lagi menjadi 15 orang atau kemampuan sebesar 93,75%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas IV SDN 5 Biluhu kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui media gambar seri.
Kata kunci: Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Media Gambar Seri
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Gorontalo
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui media gambar seri kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo dapat meningkat? Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan narasi melaui media gambar seri di kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 6 orang laki-lakidan 10 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo pada obsevasi awal hanya berjumlah 5 orang atau sebesar 31,25%, pada siklus I meningkat menjadi 10 orang atau 62,5% dan pada siklus II kemampuan meningkat lagi menjadi 15 orang atau kemampuan sebesar 93,75%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas IV SDN 5 Biluhu kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui media gambar seri.
Kata kunci: Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Media Gambar Seri
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.