PENERAPAN TEKNIK PENAMPINGAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU KIMIA DALAM PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA

Iskandar Hasan

Abstract


ISKANDAR HASAN
Pengawas Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kota Gorontalo


Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan Teknik Pendampingan melalui Supervisi Akadmik yang diawali dengan pemantauan, pembinaan dan penilaian. Untuk melihat efektifitas tindakan maka dilakukan observasi terhadap rancangan dan pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar dengan indikator keberhasilan guru memiliki administrasi penilaian hasil belajar sesuai ketentuan yang berlaku dalam Permendiknas No. 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian dan memperoleh nilai minimal baik.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru dalam penilaian hasil belajar yaitu secara kuantitas pada siklus I rata-rata guru menyususn administrasi penilaian 82 %, pada siklus 2 menjadi 100%. Kualitas pelaksanaan penilaian hasil belajar pada siklus 1 rata-rata 76,50 menjadi 84,25 pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kegiatan Pendampingan melalui Supervisi Akademik dapat meningkatkan kompetensi Guru KIMIA di SMA Kota Gorontalo dalam Penilaian Hasil Belajar.

Kata Kunci: Pendampingan, Supervisi Akademik, Kompetensi Guru,
Penilaian Hasil Belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.