EFEKTIFITAS MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MELAKUKAN KERJA KAYU DENGAN ALAT TANGAN DAN LISTRIK
Abstract
MASRA HASIRU
SMK Negeri 3 Gorontalo
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar melalui pemanfaatan Media Gambar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Melakukan Kerja Kayu dengan Mesin Tetap (Statis) di SMK Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan/rancangan, kegiatan dan pengamatan. Dari hasil analisa diperoleh bahwa Daya serap siswa pada siklus I sebesar 75,80% pada siklus II menjadi 83,25 %, meningkat sebesar 7,35%, Siswa yang memperoleh nilai minimal 7,5 pada siklus I sebesar 60 % pada siklus II menjadi 90 %. Terjadi peningkatan sebesar 35 % , Kualifikasi pemelajaran dengan kriteria sangat baik dan baik pada siklus I sebesar 63,34 %, meningkat menjadi 71,66 % Partisipasi siswa dalam proses pemelajaran pada siklus I yang sangat aktif dan aktif adalah 55 % pada siklus II meningkat menjadi 80 %, telah terjadi peningkatan 25%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media gambar dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Gorontalo serta media gambar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Kompetensi Dasar mendeskripsikan peralatan mesin tetap ringan (Statis).
Keywords: Writing, Descriptive Texts, Pakem Approach, Active, Creative, Effective,
and Happy
SMK Negeri 3 Gorontalo
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar melalui pemanfaatan Media Gambar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Melakukan Kerja Kayu dengan Mesin Tetap (Statis) di SMK Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan/rancangan, kegiatan dan pengamatan. Dari hasil analisa diperoleh bahwa Daya serap siswa pada siklus I sebesar 75,80% pada siklus II menjadi 83,25 %, meningkat sebesar 7,35%, Siswa yang memperoleh nilai minimal 7,5 pada siklus I sebesar 60 % pada siklus II menjadi 90 %. Terjadi peningkatan sebesar 35 % , Kualifikasi pemelajaran dengan kriteria sangat baik dan baik pada siklus I sebesar 63,34 %, meningkat menjadi 71,66 % Partisipasi siswa dalam proses pemelajaran pada siklus I yang sangat aktif dan aktif adalah 55 % pada siklus II meningkat menjadi 80 %, telah terjadi peningkatan 25%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media gambar dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Gorontalo serta media gambar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Kompetensi Dasar mendeskripsikan peralatan mesin tetap ringan (Statis).
Keywords: Writing, Descriptive Texts, Pakem Approach, Active, Creative, Effective,
and Happy
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.