MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Syamsudin Hunowu

Abstract


SYAMSUDIN HUNOU
SMA Negeri 4 Gorontalo


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 4 Gorontalo. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA.1 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Gorontalo yang berjumlah 30 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Dengan adanya jumlah peserta didik yang besar tersebut dapat memberikan kemampuan bervariasi tentang hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Kimia. Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri apakah anak sudah meningkat hasil belajarnya. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah peserta didik yang memperlihatkan peningkatan hasil belajar yang diharapkan, seperti yang nampak pada pada siklus I 73,33% peserta didik yang memperoleh nilai di atas 75, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 90,00%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal 85% atau 25 orang dari 30 anak sudah memperoleh nilai di atas 75. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni "jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, maka hasil belajar siswa akan meningkat" diterima.

Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.