Pemberian Edukasi dengan Leaflet Penggunaan Obat Tetes Telinga

Fika Nuzul Ramadhani, Nur Rasdianah

Abstract


Pemberian edukasi mengenai cara penggunaan obat sediaan khusus seperti tetes telinga sangat penting karena terdapat titik kritis pada sediaan tetes telinga terutama pada cara penetesan. Pemberian informasi yang kurang lengkap dan jelas mengenai cara penggunaan obat akan mengakibatkan terapi kurang maksimal sehingga obat tidak akan mencapai efek terapi yang dinginkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan agar dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai cara penggunaan obat tetes telinga yang benar. Pengabdian ini dilakukan dengan cara memberikan informasi melalui pemberian leaflet dan menjelaskan langsung pada masyarakat. Pemberian edukasi cara pemberian obat sediaan tetes telinga pada masyarakat mendapatkan respon yang baik karena sebagian besar masyarakat kurang mengetahui tentang cara penggunaan yang benar. Pengabdian ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa agar mendapatkan efek terapi obat yang maksimal dengan cara penggunaan sediaan yang benar.


Keywords


edukasi, leaflet, tetes telinga

Full Text:

PDF

References


Ade, MU., Jefri, K., Chusairil, P., Penyuluhan Tentang Dagusibu “Obat Tetes Telinga” Di Posyandu Lansia Puskesmas Gadingrejo Pringsewu. Jurnal Pengabdian Farmasi Malahayati Vol. 2 No. 1, April 2019

Depkes RI, 2006, Pedoman Penggunaan Obat Bebas dan Bebas Terbatas, Direktorat Bina Farmasi Komunitas Dan Klinik Ditjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan : Jakarta.

Depkes RI, 2008, Informasi Obat Nasional Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia : Jakarta.

Handayani, D.R., Satibi, Andayani, M.T., 2004, Evaluasi Pelayanan Informasi Obat di Apotek-Apotek Besar di Kota Yogyakarta, Seminar Ilmiah Nasional Hasil Penelitian Farmasi, 54-63, Universitas Sanata Dharma, Y ogyakarta.

Kurnniasari, L., 2010, Evaluasi Ketersediaan Dan Perilaku Penggunaan Tetes Telinga Pada Pengunjung Apotek Pelengkap Kimia Farma Rsup Dr. Sardjito Yogyakarta

Periode Juni-Juli 2010, Skripsi, Faculty Of Pharmacy Sanata Dharma University Yogyakarta

Maesadji, 2007, Farmakologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas gadjah Mada, Informasi Obat, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta.

Raimundus, C., Tahir, A., (2020). Pelatihan Penggunaan Obat Yang Tepat Pada Masyarakat Di Wilayah Puskesmas Dahlia Kota Makassar . Jurnal Pengabdian Kefarmasian Volume I, No.2 4. DOI: https://doi.org/10.32382/jpk.v1i2.1892.




DOI: https://doi.org/10.37905/phar.soc.v1i1.13959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi : Pharmacare Society is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

VISITOR